Suka Bergaya? Jogja punya 6 Tempat Wisata dengan Panorama yang Mempesona

12 komentar
wisata jogja instagramable

"Hanya Jogja yang bisa membuatku ingin pulang. Ayem, tentrem, dan semuanya ada..." 

Pernah suatu hari seorang teman, berkomentar seperti itu tentang  Jogja. Memang, tuntutan pekerjaan, membuat hidup teman saya tadi nomaden. Lebih banyak di Jakarta sebenarnya. Kadang di ibukota untuk satu bulan, sebentar kemudian di kota B...lantas ke negara C..atau entah negera  mana lagi. 

Sebenarnya kalau mau, bisa saja ia memboyong keluarga dan anak- anaknya ke ibukota, lebih mendekat ke kantor induk. Tapi ternyata tidak, ia lebih senang untuk tetap pulang ke Jogja, karena baginya Jogja itu istimewa.

Tapi, memang banyak kok ya yang ngasih testimoni, Jogja itu asyik dan keren. Satu, belum terlalu macet...dua, living costnya masih lumayan bisa diajak berhemat, tiga...soal tempat wisata, di Jogja semuanya ada. 

Sepertinya banyak yang bakal setuju, kalau saya  bilang Jogja termasuk surganya wisata.  Mulai dari wisata budaya, belanja, kuliner hingga alam, Jogja punya. Bahkan, seiring perkembangan zaman, beberapa destinasi liburan di Jogja juga punya spot foto menarik. Tentu saja, ini amat sangat berguna bagi yang seneng ber Instagram ria.

Nah, berikut ini ada beberapa lokasi wisata di Jogja yang saya rekomendasikan buat kamu. Di sini, kamu nggak hanya ndapetin view atau panorama alam cantik yang memanjakan indera penglihatanmu saja, tetapi  saat kamu hunting foto di sini, dijamin hasilnya akan terlihat keren. Yuk, intip!

1. Bunker Kaliadem Merapi

Bunker-Merapi
instagram.com/rikidwi_k
Status Merapi yang berada di level waspada beberapa bulan lalu, memang sempat membuat tempat ini sepi pengunjung. Tapi, belakangan kondisinya sudah mulai normal kok. Bahkan, sudah ada muda-mudi yang hunting foto di area wisata ini.

Bunker Kaliadem Merapi sendiri terletak di Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Lokasinya terletak di sisi selatan Lereng Gunung Merapi dan nggak jauh dari rumah sang mantan juru kunci, Mbah Maridjan. Dengan posisi yang berada di ketinggian mencapai 2.963 meter di atas permukaan laut, maka bisa ditebak,  hawa di tempat ini sejuk banget. Seger!


Bunker-Kaliadem-Merapi
instagram.com/masmeya

Untuk bisa sampai ke sini, di samping menggunakan menyewa jasa jeep Lava Tour Merapi,  kamu  bisa juga  menggunakan kendaraan pribadi, mulai motor atau mobil. Yang penting, pastikan kondisi mesinnya sehat, soalnya nanti bakalan ketemu medan berkelok dan beberapa tanjakan terjal. Yups, buat kamu yang seneng menikmati jalan-jalan pagi, obyek ini buka mulai dari pukul 07.00 WIB ini. Dijamin nggak akan menyesal berkunjung ke sini, apalagi harga tiket masuknya hanya sebesar sepuluh ribu rupiah saja. Tapi tetap hati-hati saat berkunjung, ya!

2. Taman Sungai Mudal


Wisata-Baru-Kulonprogo
instagram.com/sheto_chenko
Taman Sungai Mudal terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Sesuai dengan namanya, daya tarik objek wisata ini ada pada sungai. 
Selain berwisata air, misalnya mandi...berenang, ataupun sekedar basah-basahan, kamu bisa menikmati pula kealamian alam yang disajikan Taman Sungai Mudal. Banyaknya tumbuhan hijau yang ada di sekitar, yakin akan membuat kamu terpesona. Jangan lupa, di sini kamu juga bisa hunting foto.

Wisata-alam-kulonprogo
instagram.com/tifanimaulidza

Untuk bisa menikmati kecantikan Taman Sungai Mudal, cukup sediakan budget sekitar empat ribu rupiah saja, dan kamu sudah bisa menikmati objek wisata yang buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB ini kok. 
Sangat terjangkau, kan? Cocok banget untuk liburan hemat. Jogja gitu lho😉

3. Tebing Breksi



Wisata-Batu-Kapur-Jogja
instagram.com/fikry_ahmeed

Tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi pilihanmu saat liburan tiba adalah Tebing Breksi.  Sebenarnya, tempat ini dulu merupakan bekas tambang batu kapur. Tapi, karena  kemudian "diolah" oleh masyarakat setempat, Tebing Breksi kini populer, terlebih untuk hunting foto. Lokasinya gampang kok dicari, pas nya ada di wilayaj Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Apa to istimewanya Tebing Breksi? Yes!  Yang pasti, karena Breksi nggak cuma sekedar mantan bukit kapur. Ada banyak sentuhan ukiran artistik di sana, mulai dari wayang hingga naga pun ada di Tebing Breksi. Nah, di sinilah lokasi favorit wisatawan untuk hunting foto. Selain itu, ada juga anak tangga yang mengantarkan kamu ke tempat yang lebih tinggi, hingga kamu bisa melihat sunrise ataupun sunset.

Spot-Foto-Tebing-Breksi

instagram.com/fauziahwea_12

Menariknya lagi, kamu hanya perlu menyediakan dana sukarela untuk bisa berkunjung ke sini. Tarif parkir kendaraan bermotor pun sangat terjangkau, yakni mulai dari dua ribu rupiah (motor), lima ribu rupiah (mobil) serta sepuluh ribu rupiah (bus). Sangat terjangkau, kan? Jam berapa wisata Tebing Breksi buka? Kamu bisa berkunjung di sini, dari pukul 05.00 sampai 18.00 WIB.


4. Pinus Pengger Dlingo



Spot-Foto-Pinus-Pengger
instagram.com/yayaclaraa

Namanya hutan pinus, pasti daya tarik utama adalah jajaran pohon pinus, yang tegak berdiri plus udara dan  aroma alam khas hutan. Tapi, di Pinus Pengger ini, kamu pun akan mendapatkan banyak bonus, berupa buanyak spot foto yang bisa kamu gunakan untuk berfoto ria. 

Berlokasi di Terong, Dlingo, Bantul, hutan pinus Pengger juga dilengkapi gardu padang yang membantu pengunjung untuk menikmati panorama alam dari atas. Selain itu, hutan pinus Pengger juga dilengkapi beberapa fasilitas umum, seperti warung, toilet, mushola hingga wifi.


Spot-foto-pinus-Pengger
instagram.com/prasojobyrani

Biaya masuknya, mahal? Murah, pake banget!  kamu hanya perlu merogoh kocek dua ribu rupiah per orang untuk bisa masuk ke objek wisata yang buka setiap hari pukul 06.30 sampai 23.00 WIB ini. Selain itu, ada pula biaya parkir sebesar dua ribu rupiah. Sangat terjangkau, kan? Cocok banget untuk liburan hemat nih.

5. Kalibiru


Spot-Foto-kalibiru
instagram.com/pujar_tree

Secara lokasi, Kalibiru terletak di Perbukitan Manoreh, Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Selain menawarkan panorama alam, di area yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini kamu bisa mendapatkan spot foto berupa panggung. Tarifnya pun beragam, yakni mulai dari sepuluh ribu rupiah hingga tiga puluh lima ribu rupiah. Sangat terjangkau, kan?


Lokasi-Foto-Kalibiru
instagram.com/evonne_waaiteeng

Dari kota Jogja, Kalibiru berjarak sekitar 39 kilometer, atau sekitar 1,5 jam berkendara. Rute yang bisa kamu pilih dari Kota Jogja, kamu bisa menuju Wates dan dilanjutkan dengan Waduk Sermo. Kalau ragu, maksimalkan saja aplikasi peta di smartphone-mu.


6. Embung Nglanggeran


Wisata-alam-Gunung-Kidul
instagram.com/adi_mrizal
Daya tarik utama, tentu saja   danau buatan dengan luas 3.600 meter persegi yang terletak di  Nglanggeran Wetan, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Bukan hanya genangan air, panorama alam di sekitarnya pun menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini. Saat beruntung, kamu bisa menemukan pemandangan lembah berkabut pun yang bisa kamu nikmati dari sini. Jadi spot foto yang menarik kan?

spot-foto-embung-nglanggeran
instagram.com/wh_u32juana

Untuk tiket masuk, kamu cukup menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah per orang, dan kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di area seputaran embung. Sebagai tambahan, di Embung Nglanggeran, kamu juga perlu menyediakan biaya untuk parkir sebesar dua ribu rupiah (motor) serta lima ribu rupiah (mobil). Sangat terjangkau, kan? Apalagi, menurut informasi, jam kunjung di sini nggak dibatasi alias 24 jam. Puas-puasin deh mengeksplore keindahan Embung Nglanggeran ini.

Nah, itu tadi 6 tempat wisata di Jogja yang nggak hanya menarik dari sononya, tapi juga  punya banyak spot foto cantik. Asyiknya, harga tiket masuknya juga ramah dikantong alias sangat murah. Jadi, kapan nih liburan ke Jogja?
Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Tapi lokasinya tidak tepat berada di jogjanya sih itu, mungkin karena dekat jadi wisatanya masuk daerah jogja.. agar lebih mudah disampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Propinsi DIY semua kok itu...tapi di wilayah Kabupaten yang berbeda2..misal, Kaliadem+Breksi wilayah kabupaten Sleman, Kalibiru+Sungai Mudal masuk Kulon Progo, Nglanggeran masuk Gunung Kidul, Hutan Pinus masuk wilayah Kabupaten Bantul

      Hapus
  2. aku dari jaman Merpai belum erupsi sampe erupsi lagi sampe berubah jadi awas waspada siaga pengen banget ke bunkernya itu
    belum kesampaian
    cuma pernah ke Kalibiru tapi ramenya masa alah
    gak ada habisnya memang Jogja

    BalasHapus
  3. Wah, bagus-bagus banget ya mbak, aku belum pernah sih ke tempat-tempat yang dibahas di atas hehe. :D Tapi dari gambarnya saja, udah kelihatan banget kalau tempatnya asik dan tentunya intagramable banget. :)

    BalasHapus
  4. Emang keren banget sih kota Jogja, selain makanannya yang enak-enak, tempat pariwisatanya juga ok punya. :D

    BalasHapus
  5. Aduuuuuh, jadi langsung ngiler nih pengen ke Jogja. :D

    BalasHapus
  6. Suasana alamnya itu loh, bener-bener bikin langsung pengen beli tiket buat ke Jogja. Pas banget sih untuk merefresh otak. :D

    BalasHapus
  7. Setuju sih. Dibanding Jakarta, hidup di Jogja itu lebih menenangkan. Adem... Dari 6 list, yang pernah tak datengi baru Kalibiru. Hutan pinus di daerah Nglinggo juga pernah, ding. Tapi kayaknya beda lokasi sama yang ditulis disini.

    BalasHapus
  8. dari sekian banyak..saya baru berkunjung ke hutan pinus dan tebing breksi saja bunda

    BalasHapus
  9. Kalibiru dan embungnya memang juara dah, klo tebing beraksi kurang begitu tertarik, hehe

    BalasHapus
  10. semua wisatanya murah meriah ya mbak, dijamin ga bikin kantong jebooll... eh itu spot pinusnya ditengahnya bolong gitu, cakep banget kalo ambil foto disana

    BalasHapus
  11. wih...keren keren fotonya.
    Jadi pingin…..hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar