Ini Lho Enaknya Belanja Online.. Masih Yakin Nggak Tergoda?

10 komentar
kelebihan belanja sistem online

Digitalisasi di hampir semua aspek kehidupan, sadar atau nggak telah mengubah juga sebagian prilaku masyarakat, termasuk dalam hal cara/bagaimana berbelanja dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Yup! pergeseran prilaku kita, termasuk saya😀

Dulu, saya termasuk penganut gaya belanja offline garis keras. Belanja apapun, berasa lebih mantap kalo datang ke tokonya, langsung lihat barang, bayar pakai uang tunai, dan nggak merasa direpotkan meski harus membawa hasil belanjaan, yang kadang sebenarnya klo dirasa-rasain...bikin repot juga. 

Tapi makin ke sini, terlebih setelah interaksi saya dengan dunia maya semakin sering, ada kecenderungan saya lebih menikmati sistem yang dimiliki oleh toko-toko online. Praktis! Ya..meskipun belanja online juga tetep kudu pilah-pilih dan nggak boleh asal, misalnya dengan melihat kredibilitas toko, termasuk membaca testimoni dan review konsumen sebelumnya juga. Meskipun begitu, kalau saya bandingkan, tetep point plus nya masih banyakan sistem online, diantaranya:

1. Santai
Belanja offline pun sebenarnya bisa dibikin santai, tapi memang lebih nyantai yang versi online. Ibaratnya, kita bisa belanja sesuatu kapanpun, dimanapun, sambil ngapain aja. Contoh mudahnya, kita bisa melihat dan belanja tanpa perlu nunggu toko buka. Dalam versi online, kitapun bisa sambil leyeh-leyeh, bahkan bisa sambil mengerjakan beberapa "pekerjaan" sekaligus, misalnya dengerin music-nyemil pisang goreng-mata dan jempol bertualang ke dunia maya, window shopping dari marketplace satu ke marketplace yang lain.

2. Cepat dan Mudah
Menjadi cepat karena belanja online itu nggak perlu lagi ngecek aplikasi map apakah berwarna merah atau hijau, alias bebas macet. Yang kita butuhkan cuma gadget yang terkoneksi internet. Selain itu, proses belanjanya juga mudah. Nggak ada lagi kata umpek-umpekan saat memilih barang yang kita inginkan, atau mesti menunggu antrian panjang di kasir. Barang idaman, bisa kita dapatkan dengan beragam cara pembayaran, misalnya COD, melalui CreditCard atau transfer via e-banking, dan bisa juga bayar tunai melalui pos atau toko berjaringan yang banyak tersebar di pelosok daerah.

3. Irit
Pernah nggak, dari rumah niatnya belanja barang A, tapi karena bawa anak-anak yang susah direm kemauannya, akhirnya yang dibawa pulang A+B+C? Saya sering begitu. Memang sih, dengan belanja online, kita terkena biaya tambahan berupa ongkos kirim, tapi kan sebenarnya itu juga sama saja dengan uang transport kita saat belanja offlne.  Dengan sistem online, yang pasti lebih aman/lebih terkontrol terkait benda apa yang mesti kita beli.

4. Privacy Terjaga
Klo pas belanja di toko offline, kita mungkin akan risih atau nggak nyaman saat ketahuan memilih barang berdasarkan urutan harga. Nah, kalau di versi online, kita bisa dengan mudah dan leluasa memilih barang berdasarkan kemampuan keuangan. Mau difilter berdasarkan harga termurah ke termahal, atau berdasarkan popularitas, terserah kita, dan cuma kita yang tahu.

5. Bisa Kredit!
Siapa bilang hanya toko offline yang  melayani pembayaran secara kredit. 

"Kalau nggak kredit...nggak tahu kapan bisa punya. Dengan sistem kredit, berarti ada semacam paksaan untuk menabung. Anggep saja nabung, tapi barang diambil diawal."

Bisa jadi pemikiran seperti itu yang mendasari semakin banyak masyarakat yang melakukan transaksi pembelian secara kredit. Untungnya, sekarang ada aplikasi yang pasti berguna banget buat kamu yang seneng berbelanja dengan sistem pembayaran kredit, tapi tanpa kartu kredit!

Namanya Akulaku. Aplikasinya, bisa dengan mudah kamu dapat dan install di app store maupun di playstore.


Nah, mulai  tanggal 20 Agustus  kemaren hingga 11 September nanti,  ada Harpitnas di Akulaku. Hari belanja diantara  hari kejepit atau dua hari libur gitu? Bukan...😀 Harpitnas yang ini, merupakan akronim dari Hari Kredit Nasional.

Apa istimewanya...? Begini..

Selama periode tersebut, konsumen akan dimanjakan dengan berbagai pilihan produk idaman yang bisa diraih dengan uang sebesar Rp1.000 saja tiap harinya! Banyak banget lho barang yang bisa dibeli di Akulaku..

Per tanggal 20 Agustus pula, Akulaku akan menjadi aplikasi virtual kredit pertama yang berani memberikan kompensasi jika pengajuan kredit limit teman-teman ditolak. Kompensasinya berupa uang cash dengan total hingga Rp888.000!




Sama seperti belanja di marketplace yang lain, belanja  di Akulaku juga gampang. Pertama, tentunya adalah install aplikasi di smartphone. Setelah beres, pilih saja barang yang kamu butuhkan. Langkah berikutnya yaitu pilih jangka waktu kredit sesuai kemampuan finansial kamu. Nah, di bagian ini kamu harus mengisi data diri, dan juga foto kartu tanda pengenal plus slip gaji. Baru deh...kamu transfer DP+milih metode pembayaran pelunasan. Ada banyak pilihan kok, bisa via Credit Card, bank transfer, atau pembayaran lewat toko berjaringan. Mudah banget kan?

Download Akulaku untuk perangkatmu!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Belanja di akulaku mudah banget yah, ikut keseruan harpitnasnya ah~

    BalasHapus
  2. Jarang2 nih ada e-commerce yang kasih kompensasi berupa cash money saat pengajuan kredit ditolak, keren nih aplikasi ��

    BalasHapus
  3. Satu lagi kemudahan kalau kita belanja online, bisa mbandingin harga dari satu produk yang sama dari satu penjual ke penjual lain hanya dengan sentuhan jari. Makin gampang lah...
    beneran itu mbak, 1000 sehari? Enteng banget

    BalasHapus
  4. Wah akulaku aku pengin dapet promo 1000 itu loh :)

    BalasHapus
  5. Tergoda,siih ..., makanya kadang aku tergoda beli suatu barang setelahnya malah ngga kepakai, cuma seneng ngoleksinya aja 😁.

    Menurut cerita dari beberapa temenku, aplikasi ini membatasi batasan usia calon yang akan mengkredit suatu produk.
    Benarkah seperti itu, kak ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Minimal 18 dan maks 50 tahun mas...

      Hapus
  6. Harpitnas ya Mbak, Bukan Harditnas? Kalau Harpitnas sih, selama ini saya tahunya hari kejepit nasional, ternyata ada singkatan lain yaitu hari kredit nasional ya ... hehe ....

    Mupeng sama akulaku, btw belanja onlen selama ini lumayan jadi pilihan saya juga :).

    BalasHapus
  7. kesukaan bangeyt nihh mbak, kalo belanja online, memang lebih hemat waktu banget
    bisa dilakukan dengan santai, tinggal nunggu barang datang hehee
    Coba ahh belanja di AkuLaku hehee

    BalasHapus
  8. Barusan aku nyobain Akulaku, Kak, dan malah belanja jaket juga. Eh trus beli paket data 30Gb dapat harga 1000 nih. Mayan banget. Persediaan kuota jadi aman

    BalasHapus
  9. seru banget ya bisa belanja online dengan sistem kredit. Apalagi ada promo menggiurkan kaya gini. Duh, takut khilaf.

    BalasHapus

Posting Komentar