24 April 2018

Apartemen Tipe Single & Studio, Apa Sih Bedanya?



Apartemen menjadi pilihan ideal bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang banyak beraktivitas di kawasan strategis dan pusat bisnis. Apartemen bisa memberi kenyamanan sekaligus kemudahan dalam menjangkau berbagai tempat tanpa banyak membuang waktu.

Apartemen menawarkan banyak pilihan tipe, diantaranya tipe single dan tipe studio. Berikut ini perbedaan dari kedua tipe tersebut:


Apartemen tipe single

Apartemen tipe single cocok untuk lajang maupun pasangan yang baru menikah. Pembagian ruang di tipe unit ini seperti layaknya rumah tapak. Biasanya di beberapa apartemen, ruang tamu, ruang makan, serta dapur berada di satu ruangan, tapi ada juga yang terbagi dalam ruang terpisah. Biasanya di tipe single, luas ruang minimal 25 meter persegi.

Itu artinya, ketika kamu memutuskan untuk melakukan sewa apartemen tipe single, berarti kamar tidur kamu bakalan terpisah dari ruang tamu. Kamu bisa menerima tamu tapi tetap punya ruang pribadi di balik pintu. Tamu tidak perlu duduk di atas tempat tidurmu, dan bila kamar tidak dirapikan dengan pakaian berserakan di lantai, kamu tak perlu khawatir tamu akan melihatnya. Solusinya cukup dengan menutup pintu kamar.

Mungkin akan terasa membosankan bila kamu menjalani aktivitas di satu ruangan saja, terutama bila kamu bekerja dari apartemen. Dengan memilih unit single, kamu bisa punya area tidur yang terpisah, hingga kamu merasa lebih nyaman menempatinya.



Positifnya, dengan menyewa apartemen tipe single, kamu bisa mendapatkan hunian di mana setiap ruang dan sudutnya bisa termanfaatkan secara maksimal. Efektif, efisien, dan tentunya terasa nyaman. Lagi pula, daripada menghabiskan uang untuk menyewa ruang yang tidak kamu gunakan setiap waktu, mubazir kan? Mending dana yang ada digunakan untuk tujuan yang lebih penting. Ya gak?

Apartemen tipe studio

Apartemen tipe studio bisa jadi pilihan paling cocok untuk mahasiswa, eksekutif muda, para lajang, atau pasangan yang belum memiliki anak. Studio artinya unit yang hanya  memiliki satu ruang. Apartemen tipe studio terdiri dari satu ruang dan kamar mandi.

Meski begitu, ruangan ini bisa diperuntukkan untuk banyak fungsi mulai dari kamar tidur, ruang tamu, hingga dapur. Untuk menyiasati keterbatasan ruang, penghuni bisa menggunakan sofabed. Sofabed adalah sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur.

Memang, dari segi harga, apartemen tipe studio lebih terjangkau. Dengan ukuran luas sekitar 20 sampai 35 meter persegi, tipe apartemen ini biasanya banyak ditemukan di dekat kampus dan perkantoran, yang dekat dengan akses transportasi umum.

Karena area tinggal lebih kecil, mendekorasi dan mendesain apartemen studio menjadi pekerjaan yang  tidak sulit. Kamu tak perlu membeli banyak furniture, tentu saja  karena space yang terbatas. 

Cukup gunakan beberapa furniture yang bisa menghemat pengeluaran. Selain itu, bila kamu perlu menggunakan karpet, palingan juga nggak begitu banyak, karena area lantai yang lebih terbatas. Pastinya lebih menghemat biaya.

Selain itu, urusan beres-beres dan bersih-bersih, mulai dari cuci piring, menyapu, vakum, dan bahkan mencuci baju pastinya akan lebih ringan, karena kamu tinggal di ruangan yang lebih kecil dan lebih sedikit tempat untuk menyimpan barang. Dengan tinggal di satu ruangan, aktivitas seperti mencuci piring, makan, atau menonton TV, semua bisa dilakukan tanpa perlu berpindah ruangan.

Kamu tertarik untuk tinggal di apartemen tipe single atau studio? Kenapa nggak nyewa apartemen Central Park aja! 

Apartemen Central Park berada di lokasi yang strategis, karena berdekatan dengan Mall Taman Anggrek dan NEO SOHO yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Tidak jauh dari apartemen ini, kamu dapat menuju ke beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Harapan Kita, RS Kanker Dharmais, bahkan universitas TRISAKTI, UNTAR, dan sekolah-sekolah internasional lainnya.

Di Apartemen Central Park, kamu bisa memilih antara tipe studio atau tipe single. Kedua jenis apartemen ini sangat populer di kalangan mahasiswa maupun profesional yang masih lajang dan tiap unit punya kelebihan tersendiri.

Apartemen tipe single di Central Park cocok bagi penyewa yang menginginkan ruang tinggal yang lebih luas dan lebih banyak ruang di apartemen. Memiliki kamar tidur terpisah bagus untuk penyewa yang ingin lebih leluasa beraktivitas, karena tempat tidur tidak terlihat langsung. Atau bila ada tamu yang datang menginap, mereka bisa tidur dengan privasi lebih di sofa di ruangan lain. Selain itu, bila kamu bekerja dari rumah, tentu kamu akan lebih memilih menghabiskan waktu bekerja di ruangan berbeda daripada di satu ruang tempat Anda tidur tiap malam.

Perbedaan besar antara apartemen single dan studio di Central Park adalah apartemen tipe single memiliki kamar tidur terpisah, area living room, dan area dapur. Sedangkan apartemen studio memiliki hanya satu ruang dengan banyak fungsi sebagai kamar tidur, dapur, serta living room. 

Kesamaanantara keduanya adalah sama-sama memiliki kamar mandi terpisah. Karena apartemen single biasanya lebih besar dibanding apartemen studio, biaya sewanya lebih tinggi dibanding apartemen studio, tapi ini akan sebanding dengan kenyamanan yang kamu peroleh.

18 komentar:

  1. Sepertinya apartemen studio lebih bagus ya, wkwk. Tapi harganya mayan juga :D.

    BalasHapus
  2. Aparteman type single lebih cocok buat keluarga kecil ya mbak, karena ruang-ruangnya terpisah. Beda dengan type studio yang hanya 1 ruang saja. Tetapi tergantung kepentingan juga sih, menyesuaikan budget juga ya.. :).

    BalasHapus
  3. sepertinya saya dan suami lebih cocok tinggal di apartemen tipe single deh Mba, soalnya kami orangnya malas bersih-bersih kamar jadi kalo ada tamu datang mereka gak perlu melihat kamar kami yang berantakan, hehehe

    BalasHapus
  4. Type single cocok bngat buat lajang dan baru menikah emank kak

    BalasHapus
  5. Pengen deh tinggal di apartemen gitu di lantai atas.
    Jadi tiap pagi bisa liat momen sunrise dari ketinggian.
    Pasti keren banget tuh.
    Kalo saya kayaknya cocok juga tuh pake yang type single, biar punya ruang privat dan gak keliatan berantakan kalo ada tamu.

    BalasHapus
  6. Mbak, tetangga sebelahku anaknya sudah pada kuliah, jadilah rumahnya dijual terus berdua suami beli/tinggal di apartemen single. Alasannya, sudah pada tua capek ngurus rumah berdua. Apartemen lebih simpel dan dekat banget ke kantor. Nti pensiun baru tinggal di kampung. Dan apartemen ini unyu banget pas aku main ke situ. Sama mereka di sekat sendiri sehingga bisa jadi du kamar tidur-meski kecil. Nah, lihat begini aku jadi mupeng sendiri, nti sama suami sambil nunggu pensiun juga tinggal di apartemen saja...praktis :)

    BalasHapus
  7. aku gak begitu paham sama aparetemen
    taunya cuma ya berlantai-lantai gitu mbak hehe
    yang pasti jomblo kayak saya
    mending coba model apartemen studio deh
    eh...

    BalasHapus
  8. Kalau apartemen studio, misal lagi masak, aromanya langsung menguar ke situ2 aja, haha... Cuma kalau memang masih sampai di keluarga kecil dengan 1 balita, kayaknya apartemen studio pun nggak masalah. Kalau saya prefer yang single tetap sih.

    BalasHapus
  9. Oo... Ternyata pemahamanku selama ini ttg apartemen single n studio itu salah. Terimakasih pencerahannya��

    BalasHapus
  10. Wah klo trisakti sama untar si aku dulu bolak balik liwat mb sulis wkwkw secara klo pas liputan arah ngebuswaynya kalideres monas yg ngliwatin grogol. Nah grogol tu deket situ
    Emang banyak sih apartemennya daerah situ.
    Cuma kadang aku nda kpikiran invest di sana. Mikirku nda bakal punya sertifikat tanah yg bisa dipijak, andae bangunane dah abis masa harus berdirinya, ntar diambrolin tinggale ngawang hoho #mikirku kejauhan ahha
    Tapi sempet dulu pas isih single alias blom mnikah, pengen punya yg fully furnished...itu loh yg miirip2diiklanke nyonya feni rose wkwk

    BalasHapus
  11. Kalo aku masih memilih kamar kos,, karena kalo mau keluar nggak perlu pake lift :D

    BalasHapus
  12. Aku kirain tipe single tuh ya studio itu. Ternyata beda yah

    Ada kawan suami, masih single. Dia beli apartemen. Ternyata lumayan juga abisnya buat isi apartemen studio nya. Hampir 40 jutaan nek gak salah. Entah alasan apa, akhirnya dijual. Terus pindah rumah tapak. Padahal lokasi apartemennya strategis loh

    BalasHapus
  13. Dulu sebelum nikah sempet sih saya dapet tawaran apartemen tipe studio di Surabaya. Berarti sebenarnya cocok ya buat pasangan suami istri muda yg baru nikah. Rasanya kaya bayangin pasangan-pasangan di luar negeri gitu klo tinggal di apartemen tipe studio hehe

    BalasHapus
  14. Tipe studio lbh mirip kayak tempat kos ku dulu berarti ya. Masak, tidur, main dll dlm satu ruangan

    BalasHapus
  15. apalah daya kami kak yang tinggal dirumah kontrakan :D
    pasti asik banget kak kalo bisa tinggal di apartemen.

    BalasHapus
  16. Yang tipe studio biasanya banyak dipakai kos2an mahasiswa

    BalasHapus
  17. Apartemen semakin banyak sekarang, bahkan sudah sampai ke bogor pula,tipe studio lebih kecil kan ya ukurannya

    BalasHapus
  18. Kalau aku kayaknya lebih cocok apartemen yang tipe single. Butuh dapur, hihi...

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin