Cara Mengubah http ke https pada Blog berplatform Blogspot

11 komentar
cara mengubah http ke https

Cara Mengubah http ke https pada Blog berplatform Blogspot. Buat yang sering berselancar di dunia maya, pastinya nggak asing lagi dengan tulisan http, yang panjangnya hypertext  transfer protocol. 

Defenisinya? Googling aja, trus pilih mana penjelasan yang paling gampang diterima. Soalnya saya udah beberapa kali nyari definisi yang paling gampang dicerna, tetep aja susah klo diminta nulis atau njelasin ulang. 

Harap maklum, ilmu  saya tentang  hal-hal yang bersifat teknis amat sangat minimalis. Cethek.😂

Hingga kemudian, muncul https. Cuma beda satu huruf, dan ternyata satu huruf itu signifikan, karena "s" di sini merupakan kependekan dari kata secure alias aman. 

Mungkin ada teman-teman yang pernah nemu atau pas buka web, trus ada tulisan yang menyatakan bahwa web nggak aman alias not secure. Rata-rata langsung pada ditutup lagi kan. 

Lah..kan sayang, kalau itu terjadi ke blog kita. Nggak jadi naik dong page view blognya. Dan katanya, blog dengan https akan lebih bagus rank maupun SEOnya di mata google.  Makanya rata-rata para teman-teman blogger belakangan pada ngubah protokol dari http ke https. 

Susah nggak? Awalnya saya kira bakal susah dan rawan error. Tapi berbekal panduan mba meirida, si pemilik blog www.meirida.my.id, ternyata gampang. Makasih banyak ya mba..☺🙏

Dua blog www.coretanbunda.my.id dan www.dolanjajan.com, udah pake https semua sekarang.  Karena kedua blog berplatform blogspot, saya ngerti caranya yang blogspot doang. Buat yang wordpress, hi..hi..belum ngerti


Cara Mengubah http ke https untuk blog berplatform Blogspot




ScreenShoot saya ambil pasca pengubahan http ke https. Kalo sudah diubah, tampilan akan seperti ini.

1. Masuk ke www.draft.blogger.com

Setelah masuk ke halaman dashboard, masuk ke bagian setting/pengaturan ---->basic/pengaturan dasar --->HTTPS Availability. Ganti bagian No menjadi yes, simpan perubahan.

Setelah tersimpan, lanjut  ke langkah berikutnya.

2.  Masuk ke www.blogger.com (tanpa draft). 

Masuk ke bagian setting lagi ----> basic ----> HTTPS redirect, dan ganti option No, ke Yes. Simpan.

Dan selesai.

Nggak perlu nunggu beberapa jam, protokol blog pun sudah beralih ke https. Tempo hari, saya tanpa trouble sih. Semoga kamu berhasil juga yaa..!

Btw, pengen ngecek performa blog kamu juga? Cek di beberapa tools untuk mengecek performa blog ini ya!




Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Jadi dengan tambahnya "s" di situ penting banget ya, Mbak. Tentu ilmu kayak gini penting bagi saya yang masih belajar dan belajar dalam ngeblog. Makasih banyak ya, Mbak.

    BalasHapus
  2. pernah denger sih sebelumnya tapi cuek aja saya hahaha ternyata penting juga ya buat website biar pengunjung gak dialikan kesitus yang berbahaya.

    BalasHapus
  3. Cara tersimpel dan termudah nih, hehe. Sangat membantu bagi yang masih pakai blogspot.

    BalasHapus
  4. wah bookmark ya mbak, ternyata gampang ya
    sempet was-was waktu buka blog ada tulisan not secure, ada apakah gerangan, ternyata harus ganti settingan aja ya
    makasih ^^

    BalasHapus
  5. Selama ini nggak begitu memperhatikan mbak, ternyata penting juga ya mengubah ke https supaya lebih aman. Insyaa Allah akan saya coba deh, sepertinya sih gampang ya, tapi nggak tahu nanti, semoga nggak ada kendala yaa :).

    BalasHapus
  6. Saya belum ganti mbak Sulis karena dah keburu submit buat lomba blog dgn URL masih http, bingung apakah ngedirectnya masih bisa ke halaman itu apa malah pas dicari jadi page not found. Disave dulu deh caranya ini

    BalasHapus
  7. Mba, yang sayang bingung, kok di blog saya nggak ada tulisan https avability. Cuma yang redirect itu ada dan gak bisa diklik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh..iya mba? Japri mb shintaries aja mb, pakarnya.. ilmu ini kemaren soalnya pernah dibahas di WAG BP

      Hapus
  8. alhamdulillah, kedua blogku sudah https :)

    BalasHapus
  9. Aku udah https juga ... Alhamdulillah.

    BalasHapus

Posting Komentar