28 Maret 2018

Manfaat-bpjs-kesehatan


"Eh..tapi si A sudah ikut BPJS kan?"
"Ooo..kalau sudah ya syukur, kalau belum kan kasihan keluarganya.."

Jadi begini, bisik-bisik alias obrolan ibu-ibu seperti itu sebenarnya  sering banget saya dengar kalau pas rame-rame njenguk tetangga di rumah sakit. Namanya tinggal di desa, sudah semacam tradisi kalau ada yang sakit dan sampai opname, pasti bakalan dijenguk rame-rame orang se RT. Dan entah kenapa, obrolan masalah pembiayaan yang sudah dicover atau belum oleh asuransi ini, tetep aja sering muncul.

26 Maret 2018


Klo dari tipikal orang, saya sebenarnya termasuk introvert, diam, lebih senang ke suasana yang tenang. Jarang banget ikut acara ngumpul-ngumpul. Kayaknya nggak mbakat jadi sosialita😂😂 Tapi kalau pas ada kesempatan ngumpul bareng, kebetulan waktunya bisa.. ya nggak nolak😏

Kayak kemaren. Barengan mudik ke rumah ortu, barengan temen-temen jaman sekolah ngadain reunian. Karena nggak terlalu jauh, ya udah gabung. Tempat ngumpulnya, baru untuk saya; Rumah Kedai Mulyo. Posisinya agak masuk memang, di tengah desa Pungkuran, Pleret, Bantul.

Tapi namanya di desa, kalo nyari alamat malah lebih mudah, tanya penduduk sekitar, beres. Atau ngandelin maps juga bisa, nanti tak kasih di akhir postingan.

24 Maret 2018


"Dik, ada berita duka.  Rafli meninggal" Kata kakak saya diujung telepon, beberapa tahun lalu. Rafli, anak tetangga di kampung halaman. Sontak saya kaget.  Beberapa hari sebelumnya saya ketemu, dan Rafli sehat-sehat saja. Malah lagi lucu-lucunya, karena baru fase belajar berjalan.

16 Maret 2018


"Bu..mbok besok masak nasi gurih lagi...enak e..!" Pinta putri saya Alya suatu sore. Rupanya ia kangen minta dimasakin nasi gurih buatan ibunya.

"Iya, besok ibu masakin, trus buat bekal jalan-jalan. Sabtu libur. Mau kan?" Jawab saya.

Wajahnya Alya langsung sumringah kalau mau di ajak jalan-jalan. Tapi tahukah kamu Nduk, bahwa ibu sering pusing mikir kamu yang hampir selalu susah makan saat diajak bepergian?
***

Nasi gurih adalah nasi yang dimasak dengan santan, ditaburi sedikit garam, dengan tambahan beberapa lembar daun salam. Di desa, biasanya nasi gurih dijadikan piranti wajib kendurian, entah itu pas syukuran kelahiran, pernikahan, bahkan untuk kematian. Karena rasanya yang enak, meski sedang tidak dalam acara apapun, beberapa kali saya membuatnya, karena memang mudah. 

Tidak seperti di event hajatan yang biasanya memasak sebuah menu dalam porsi besar, saya memasak nasi gurih dalam porsi kecil. Sekali makan untuk kami berempat, dan masaknya pakai magic com. Jadi tinggal cemplung-cemplung, sementara menunggu masak, bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti goreng lauk, lanjut mandiin anak, njemuri baju, dan sebagainya. 

Kalau yang penasaran dengan nasi gurih, sebenarnya mirip dengan nasi uduk, atau nasi liwetnya Solo. Cara masak ala saya, mudah kok.  Setelah beras dicuci, air saya ganti dengan santan yang tidak terlalu kental, sedikit garam, dan lengkapi dengan beberapa lembar daun salam agar berasa asin-gurih. Kalau mau ditambahkan wortel atau jagung, sayuran saya masukan pas mendidih, beberapa saat sebelum tombol magic com berpindah ke posisi "warm", sambil diaduk. Setelah beres, tinggal nunggu nasi bener-bener matang.

Sulung dan Bungsu, Punya Dua Kebiasaan  Makan Yang Berbeda


Salah satu masalah yang sering dihadapi orang tua adalah anak yang susah makan, dan saya pernah ngalami untuk kedua anak saya.  Raka, si sulung, pas kecil ia picky eater luar biasa. Suka milih-milih apa yang ia mau.

Syukurnya, seiring bertambahnya umur, selara makannya juga tambah membaik. Sekarang, bisa dibilang nggak ada masalah, kapan pun, dimanapun, kalau waktunya makan, ya mau makan. Sedang berada dalam fase semego kalau orang Jawa bilang. Bahkan ia cenderung lebih gampang makan saat njajan di luar.

Tapi masalah selera makan ini rupanya bergeser ke adiknya, Alya. Jadi, si adik ini  kalau di rumah cenderung apa saja mau. Lebih gampang dibanding kakaknya dulu. Tapi kalau di luar rumah, baru timbul masalah. Susah sekali makan, kecuali mie instant yang pake cup itu. 

Sekali dua kali sih mungkin ga masalah, tapi kalau sering-sering, sayanya yang nggak tega. Kalau dalam perjalanan trus jajan, jarang sekali ia mau makan. Milih makannya nanti, kalau sudah di rumah. Nah, repotkan? Makanya, satu-satunya cara, ya membawakannya bekal. Kalau sedang bepergian, bekal wajib saya pasti roti basah, cemilan yang mengenyangkan, sering juga melengkapi bekal dengan sekotak nasi. 

Nasi Gurih plus So Good si Bekal Favorit 


Sudah saya bilang di awal, nasi gurih ini menu favoritnya anak-anak. Sebenarnya mirip sama nasi kuning, cuma nasi gurih tanpa pewarna kuning/kunyit, jadi warnanya memang cuma putih. 

Dalam versi aslinya, nasi gurih biasanya dipasangkan dengan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu ingkung. Tapi untuk versi saya, nasi gurih bisa dimakan dengan lauk apapun.

Demi alasan kepraktisan, dan demi pemenuhan kebutuhan serat, saat nasi tengah mendidih, sayuran saya masukkan sekalian. Pipilan jagung manis, irisan wortel, dan buncis. Selain nanti pas matang warnanya menjadi lebih menarik, paling tidak kebutuhan akan serat juga terpenuhi. Percaya deh, meski dalam waktu singkat, kita tetep bisa kok membuat menu piring gizi seimbang untuk anak-anak dan keluarga.
Menu piring gizi seimbang, ada sumber karbohidrat, sayuran, buah, dan juga protein

Soal kebutuhan protein? Tenang, karena ada So Good nugget ayam yang masaknya praktis banget. Tinggal goreng diminyak panas, dan  pasti enak rasanya. Anak-anak, termasuk Alya pasti suka. Tinggal melengkapi dengan potongan buah segar, sudah 4 sehat kan? Agar jadi sempurna, tinggal mbawain susu uht kotak. Praktis!

Teman-teman punya menu praktis juga? Share di kolom komentar ya..

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good

7 Maret 2018


Buat yang sering berselancar di dunia maya, pastinya nggak asing lagi dengan tulisan http, yang panjangnya hypertext  transfer protocol. 

Defenisinya? Googling aja, trus pilih mana penjelasan yang paling gampang diterima. Soalnya saya udah beberapa kali nyari definisi yang paling gampang dicerna, tetep aja susah klo diminta nulis atau njelasin ulang.