22 March 2018

Mau Membeli Sepatu untuk Anak? Perhatikan Hal-Hal Penting Ini!


Sepakat kan, kalau salah satu satu kebahagian orang tua itu adalah saat melihat anak-anak senang. Dan faktanya, anak-anak termasuk Raka dan Alya paling senang kalau mereka diberi hadiah. 

Memang sih, hadiah identik dengan moment ulang tahun. Tapi sebenarnya memotivasi anak dengan model reward ini bisa juga diterapkan lebih sering lagi, misalnya pasca ujian sekolah ---biasanya dengan kesepakatan sebelumnya, misalnya nanti kalau hasil ulangannya bagus, hadiahnya ini, dsb. 

Membelikan hadiah untuk anak tak harus identik dengan benda-benda yang mahal dan menguras isi kantong. Sebaiknya kita memberikan hadiah yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Salah satunya adalah sepatu.

Kenapa sepatu? Karena sepatu pasti mendukung kebutuhan anak saat bersekolah atau beraktivitas di luar ruangan. Kalau ingin menghadiahkan sepatu untuk si kecil, berarti kita harus memahami hal-hal ini terlebih dahulu:

Mengukur Kaki Anak Secara Berkala
Bukan rahasia lagi bila ukuran kaki anak mengalami pertumbuhan pesat saat akan memasuki usia remaja. Itulah sebabnya kita wajib mengukur kaki anak secara berkala, minimal 6 bulan sekali. Supaya proses penggantian sepatu bisa segera dilakukan sesuai ukuran kaki anak.

Memahami Jenis Sepatu yang Dibutuhkan Anak
Beda aktivitas, maka beda pula jenis sepatu yang dibutuhkan. Pada umumnya, anak membutuhkan sepatu warna hitam polos untuk sekolah. Sedangkan untuk kebutuhan aktivitas lainnya, pemilihan warna dan desain sepatu bisa lebih leluasa. Terkadang anak-anak juga membutuhkan sepatu olahraga atau sepatu khusus sepak bola bila anak melakukan aktivitas olahraga secara teratur.



Sepatu Bertali atau Tanpa Tali?
Mungkin kita kerap bingung memilih sepatu bertali atau tanpa tali untuk anak. Sebaiknya anak-anak berusia 5 hingga 7 tahun menggunakan sepatu tanpa tali. Supaya anak-anak tidak kerepotan dengan tali sepatu yang terurai dan rentan menyebabkan kecelakaan kecil. Sementara itu, anak-anak berusia 7 tahun ke atas sudah mulai bisa diajak menggunakan sepatu bertali. Supaya anak-anak belajar membuat simpul dan teliti memperhatikan penampilan.

Kita tak perlu khawatir bila tali sepatu anak mudah rusak dan rapuh. Karena kita bisa menggantinya dengan tali sepatu keren yang dijual di MatahariMall. Toko online terbesar se-Indonesia ini ternyata memiliki koleksi produk tali sepatu keren yang berkualitas dengan harga terjangkau. Tampilan sepatu anak akan semakin sempurna bila dilengkapi dengan tali sepatu keren yang dibeli dari MatahariMall.

Memilih Bahan Sepatu yang Berkualitas
Jangan mengutamakan harga murah dan memilihkan sepatu yang kurang berkualitas bagi anak. Sepatu yang berkualitas sangat penting untuk mendukung kenyamanan dan tumbuh kembang anak. Kita harus memilihkan sepatu yang bahannya lentur, kuat, dan tidak terasa panas saat digunakan. Sehingga si kecil akan merasa nyaman beraktivitas sambil menggunakan sepatu dalam waktu lama.

Mengajak Anak Membeli Sepatu di Sore Hari
Sore hari merupakan waktu terbaik untuk membeli sepatu. Sebab kaki sudah beraktivitas selama beberapa jam dan mencapai ukuran maksimal. Kita sebaiknya tidak mengajak anak membeli sepatu pada pagi hari. Sebab pada pagi, ukuran kaki berada pada batas terkecil. Kemungkinan besar anak akan merasa sepatunya kesempitan bila membeli dan mencoba sepatu di pagi hari.

Mencermati Tekstur Sol Sepatu
Sepatu anak yang berkualitas biasanya memiliki sol yang bertekstur kasar. Sol yang kasar akan memperbesar gaya gesek ketika sepatu digunakan. Sehingga si kecil tidak mudah tergelincir ketika beraktivitas menggunakan sepatu. Hal sederhana ini sangat penting untuk mendukung keamanan si kecil. Terutama bila sepatu tersebut akan digunakan selama musim hujan. Hal ini pula yang menyebabkan sepatu anak yang solnya mulai licin dan menipis harus lekas diganti dengan yang baru.

Memilih sepatu untuk buah hati sebenarnya tidak sulit. Apalagi sekarang banyak sekali merek sepatu berkualitas dengan harga terjangkau. Memenuhi kebutuhan sepatu untuk si kecil jadi semakin praktis dan menyenangkan. Karena kita bisa tetap berhemat meskipun berencana membeli sepatu anak berkualitas. Sudah menemukan merek sepatu yang paling cocok dengan kebutuhan si kecil?

7 comments:

  1. Sepatu anak itu sebelnya suka gampang kotor jadi sering dicuci, jadi gampang rusak, boros. Hiks

    ReplyDelete
  2. Sepatu anak-anakku cepat gantinya mba. Mungkin karena anak laki semua ya. Yang berlubang, yang sobek yang nggak muat. Karena mereka aktif juga sih. Dan rasanya kaki anak-anak zaman now itu gedhe-gedhe.

    ReplyDelete
  3. Kalau beli sepatu anak harus milih bahan yang nyaman dan aman buat anak. Nanti takutnya iritasi, jadi harus hati-hati dan selektif sih.

    ReplyDelete
  4. Klaau anakku sering pakainya sepatu tanpa tali, soalnya gak ribet juga makainya.

    ReplyDelete
  5. Memang harus hati-hati kalau milih sepatu anak, takutnya malah bikin iritasi.

    ReplyDelete
  6. Duh, ini nih. Aku kalo beli sepatu sukanya lgsg nyobain. Pernah belanja online jd ga kepake hiks.

    ReplyDelete
  7. Belinya sore atau malem trus disuruh pake jalan keliling toko. Etapi kalo online njuk gimana ya?

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin