Personal & Lifestyle Blog

16 August 2017

Lomba 17an: Meski Sederhana, tapi Percayalah, itu Berharga.

Hai..sudah ikutan lomba apaan nih menjelang peringatan kemerdekaan? Saya kemaren Minggu ikutan lomba makan krupuk, ngupas bawang, sama masukin air ke botol, tingkat ibu-ibu se RT. Ha..ha kalah semua😁😁

Raka dan Alya juga ikutan ngramein lomba sama anak-anak lainnya. Pulang bawa doorprize sama hadiah buku tulis, penggaris, sama pensil, beuh senengnya luar biasa. Sampe-sampe, gara-gara terkesan dengan lomba makan krupuk, Alya minta dibeliin krupuk, trus digantung di dalam rumah. Malamnya dia minta ngelomba lagi, tapi lawan kakaknya. Ah, anak-anak itu kadang memang amazing!😊




Baca : Celoteh bocah

Dibandingin tahun-tahun sebelumnya, memang kegiatan kampung menjelang 17-an ini relatif sepi. Dua tahun belakangan ini tepatnya. Kalau peringatan kemerdekaan yang ke-70 kemaren lumayan banyak kegiatan. 

Minim tokoh penggerak, itu penyebabnya. Jadi para aktivis-aktivis pemuda yang dulunya aktif di kegiatan kampung, lama-lama berkurang. Biasanya karena nikah, trus pindah, atau kalau nggak gitu sudah semakin sibuk karena sudah bekerja. Sayang ya.. Tapi mo gimana lagi?

Biar nggak berkesan sepi buanget, maka kemaren dari beberapa aktivis yang tersisa, mereka punya  inisiatif  ngadaian lomba-lomba, buat anak-anak TK, SD sama ibu-ibu. Dana untuk hadiah, hasil iuran dan patungan warga. Jadi dari warga, kembali (lagi) ke warga, anak-anak utamanya.

Komentar saya? Sip, lanjutkan! Karena meski acaranya sederhana, tetep berbagai lomba-lomba menjelang 17 Agustus itu berguna. Setidaknya ada 5 lah yang kelihatan. Mo nambahi lagi..boleh banget!

1. Menumbuhkan semangat nasionalisme.

Agak-agak pelajaran PMP..PPkn sih. Namun, fakta di lapangan, menunjukkan nasionalisme masyarakat kita menurun. Banyak yang sering berkiblatnya malah ke luar negeri, bangga banget klo udah pake produk LN. Atau ..bunyi pancasila aja ada yang lupa. Pas event 17an ini kan waktu dimana banyak atribut-atribut kebangsaan muncul, sering lagu-lagu perjuangan di perdengarkan. Ya..jadinya biar kita keinget lagi kalo kita ini rakyat Indonesia. Yang harus kita bangun dan banggakan ya Indonesia pula.

2. Bagus buat fisik-motorik

Rata-rata lomba yang diadakan untuk memeriahkan  peringatan Hut RI di level kampung adalah lomba yang membutuhkan gerakan/aktivitas fisik seperti lomba panjat pinang, bola voli, balapan karung, tarik tambang, sepak bola dkk. Jarang yang ngadain lomba ngarang. Na, aktivitas fisik itu tadi berguna banget semua peserta lomba. Biar badan mereka bisa fit. Semuanya jadi bisa merasakan olah raga yang sebenarnya, bukan cuma olahraga di dunia maya. 

3. Belajar berkompetisi

Ini penting banget buat anak-anak. Saat mereka masuk ke dalam sebuah permainan yang kemasannya LOMBA, maka mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Bagaimana menjaga  sportifitas, harus tetap menghormati yang kalah, dan menghargai yang menang, itu sebuah pembelajaran kehidupan.

4. Ajang sosialisasi

Bukan hal yang mustahil, di kampung pun ada warga yang tipikalnya males keluar rumah.  Kalau pun keluar, jarang.  Biasanya karena faktor kesibukan/pekerjaan. Nah, dengan adanya event level RT, RW atau kampung, ada semacam pemantik untuk lebih bersosialisasi, bertemu langsung dengan warga yang lain.

5. Ajang ketemu jodoh

Ini buat yang masih single lho ya.  Kaitannya sama point No 4. Yang awalnya ga kenal jadi kenal, yang biasanya nggak ketemu jadi ketemu. Belum pernah ngalami, tapi Poin ini terinspirasi dari kisah cintanya adik Ipar yang pernah didapuk ketua panita 17-an, eh kok ya cinlok sama sekretarisnya. Untungnya happy ending alias nikah.

Lumayan banyak kan manfaatnya? Jadi tradisi aneka macam lomba menjelang 17an tetep kudu dipertahankan. Sesederhana apapun. Itung-itung sebagai bentuk perayaan kemerdekaan, sekaligus mengingat jasa pahlawan.

21 comments:

  1. Wah saya baru tau bun ada lomba ngupas bawang. Hihihihi. Kayaknya itu seru ya. Klo di komplek rumah saya belum mulai lombanya. Kayaknya besok baru ramenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mb..ngupas bawang putih..tapi ga boleh pke pisau. Cepet2an.. Perih kukunya😁

      Delete
  2. Dulu waktu kecil, acara agustusan paling ditunggu. Seru aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.. Berharap dapat hadiah. Buku tulis merk mirage aku ingat mba.. Itu aja dah seneng bgt!

      Delete
  3. Walau hadiahnya cuma alat tulis buat sekolah gitu, senengnya bukan main mbak. Dulu saya pernah ngalamin sendiri masalahnya, Hehe. Kadang malah itu buku hadiah lomba, sengaja ngga tak pakai buat sekolah biar punya kenang-kenangan gitu :D

    Yang nomor 4, saya banget. Berhubung jarang keluar rumah, gegara rumah temen jauh-jauh. Yaaa, pol-pol'an kalau mau sosialisasi sama temen diluar sekolah cuman pas ada lomaba Agustusan macam ini aja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Aku juga pernah ngrasain kok. Dapat buku tulis yang klo dipake nembus/saking tipisnya kertas.. Suka banget.

      Delete
  4. iya nih besok mau ikut lomba kemerdekaan di tempat kerja

    ReplyDelete
  5. Kalau di komplek saya memang gak pernah ada kegiatan ini sejak dulu. Selalu sepi hehehe. Biasanya anak-anak minta ke rumah neneknya buat lihat berbagai lomba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya klo wilayah perkotaan karena udah pada sibuk sama aktivitas masing-masing ya mba..

      Delete
  6. Emaknya banyak juga ikut lomba, hahah... Iya perlombaan antar tetangga gini ga cuma bicara menang kalah, tapi juga jadi ajang silaturahmi baik anak2 maupun ortunya.

    ReplyDelete
  7. sama mbak, di kampungku tahun ini agak sepi. cuma ada karnaval aja enggak ada lomba-lomba. padahal aku pernah juara membawa tampah di atas kepala loh...giliran mau mengulang masa kejayaan eh ga ada lomba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi, klo lomba nyunggi tampah mlh blm pernah aku mba..
      Dulu aku juara masukin pulpen ke botol

      Delete
  8. Terakhir ikut lomba pas sekolah dasar hehehe! Sekarang jadi penonton ajah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi, gpp vhoy.. Jd supporter n sponsor aja😁

      Delete
  9. pelajaran kewarganegaraan kalau di sekolah anakku Mbak, pas banget nich kari kemerdekaan, anak anakku sakit. Jadi gak ada ikut lomba -lomba

    ReplyDelete
  10. Jadi inget dulu, pas masih kecil pernah ikutan lomba makan kerupuk Dan lomba balap karung.

    Sekarang mah tidak pernah ikutan lagi.
    Yang terakhir 2 tahun yang lalu ikutan lomba gerak jalan.

    ReplyDelete
  11. Betul, yang penting ikut partisipasi dalam perayaan hari kemerdekaan RI
    bisa ikut lomba itu sesuatu banget, menang kalah itu hal yang biasa dalam perlombaan

    ReplyDelete
  12. syaa berharap sepeti nomer 5
    tapi lha saya ikutnya lomba ibu2 PKK

    ReplyDelete
  13. Iyaa banyak manfaatnya yaa lomba2 gini, mempererat silaturahmi juga..

    ReplyDelete
  14. kemarin perlombaan di kampung saya cukup meriah, hari kemerdekaan yang penuh dengan kemeriahan di tahun 2017

    visit back ya : http://bit.ly/2vkru7d

    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete
  15. Yang kelima peknggo dong. Hehehe.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin