Skip to main content

6 Produk Jadul yang Sudah Ilang di Pasaran

Ide nulis postingan ini dapet pas lagi di kamar mandi. Mo sikat gigi, ambil odol..eh pasta gigi, lihat merknya, PEPSODENT. Produk ini awet banget. Dari jaman saya kecil sudah terkenal, sekarang juga masih menguasai pasaran. Tapi memang kalah tenar sama yang namanya ODOL sih.

Di kampung-kampung, para generasi tua terutama, sering menganggap Pepsodent, Ciptadent, Close Up dan konco-konconya =Odol. Padahal mereka itu sama-sama pasta gigi, cuma beda merek saja dan yang satu memang sudah ilang di pasaran (Indonesia). Nggak tahu kalau di negara lain.

Di ranah pasta gigi, satahu saya Pepsodent lah yang pertama muncul sebagai pioneer pasta gigi. Tapi ternyata saya salah. Ada merk lain yang lebih tua, dan justru itu yang kemudian sering dipakai masyarakat Indonesia sebagai pengganti kata 'pasta gigi', yakni merk ODOL. Pasta gigi ini berasal dari Jerman, yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Wah, pantesan saya belum pernah melihat wujud aslinya. Begini penampakannya.

image: www.tribunsolo.com

Produk Ini Pernah Ada Juga, Sekarang Entah Kemana


Dengan daya ingat  yang  terbatas (lha iya wong saya pelupa), saya berhasil nge-list 5 barang lainnya yang dulu pernah ada, tapi sekarang entah kemana

Shampoo Dimension

image:www.amazone.co.uk

Saya ingat, shampoo ini hadir dalam dua kemasan, botol sama sachet, dengan warna dominan hijau. Yang paling melekat sih iklan tvnya, dengan satu cewek cantik dan satu anak kecil, dengan komentar.."Rambut kakak bagus deh". Oh iya..shampoo ini seingat saya termasuk generasi awal shampoo yang nyampurin shampoo plus konditioner atau 2 in 1.

Kao Feather Shampoo

Sampo unik kalo ini, soalnya dari segi bentuknya paling beda dengan banyak shampoo kebanyakan. Kalau yang lain pada konsisten dengan bentuk cair, entah kenapa Kao Feather milih bentuk serbuk. Jadi mirip-mirip detergent. 

Seingat saya, dari segi harga..inilah shampoo yang paling murah di jamannya, dan banyak dijual sachetan di warung-warung. Nggak tahu kalo sekarang masih ada apa nggak, tapi memang sudah nggak pernah lihat lagi.

image:www.kaskus.co.id


 Page One Botanical Shampoo
kayaknya umur sampoo ini juga singkat. Ingatan saya dengan shampoo ini juga minim banget, cuma ingat klo iklan TVnya dulu dibintangi Dina Lorenza.

Permen Trebor
Jamannya saya kecil, yang namanya permen anak-anak ya  identiknya merk Sugus, karena Sugus rasanya manis. Soalnya di luar itu ada pula permen dewasa merk Milton dan Pagoda Pastilles yang rasanya cenderung pahit-pedes. 

Makanya, ketika ada warna baru dalam dunia perpermenan, betapa bahagianya saya. Namanya Trebor. Dulu paling sering nemu permen ini saat ikut ibu melayat/takziah di tetangga yang meninggal.

Trebor termasuk permen keras dengan cara pengemasan menggunakan bungkus plastik yang diuntir di kedua ujung. Varian rasanya campuran coklat sama mint.  Sudah agak-agak lupa, tapi yang jelas rasanya enak. Sayangnya, begitu dewasa, hampir tua gini..saya baru nyadar, permen Trebor kemana yaa..?

image:www.reklamejadul.blogspot.co.id

Nasi Instant
Bukan mie atau bubur lho yaa...dulu seingat saya ada kok nasi instant. Merknya Tara nasiku. Dulu jaman Jogja kena gempa, produk nasi Instant banyak dipake sebagai salah satu item bantuan ke korban bencana. Varian rasanya, nasi goreng begitu. Bikinnya diseduh pakai air. Tapi menurut saya rasanya aneh, jadi kalau sekarang nggak pernah lihat lagi, karena memang produknya kurang diterima di masyarakat.

Terus, kesimpulannya apa? Nggak usah disimpulin..orang niatnya mau nostalgia saja. Kadang nginget-inget masa kecil itu seru soalnya. 

Inget juga barang jadul yang sekarang sudah nggak ada juga? Tulis di kotak komentar aja yuk!







Comments

  1. Yang pernah ane lihat yang shampoo itu gan :D Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan..? Aku kan ibu2๐Ÿ˜ƒ
      Hi..hi, gpp.. Mkasih udah mampir

      Delete
  2. Kao Feather wkjwkwkwk legend banget nih mba...duuh jd bernostalgia

    ReplyDelete
  3. BAca ini aku jadi inget jaman kost Mbak wkwkw, kao father itu ho. Masa udah nggak ada di pasaran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau, masih ada yang jual apa ngggak. Cuma nggak pernah lihat lagi sekarang aku mb..

      Delete
  4. iyaa Mba, banyak yang menyebut pepsodent, ciptadent, formula itu sebagai odol padahal kan odol itu juga salah satu merek pasta gigi yaa, seperti halnya orang-orang jaman dulu yang menyebut semua sepeda motor (apapun mereknya) dengan nama honda, atau air minum kemasan dengan nama aqua :)

    btw shampoo dimension itu yang diiklanin sama lisa a rianto kan? duh lupa-lupa ingat sama bintang iklannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget.. Di kampungku juga. Apapun merk motornya...bilangnya naik honda. Sama kayak diaper...apapun merknya, bilangnya pampers๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ
      Dimension...kayaknya iya. Yang aku ingat, rambutnya panjang n ceweknya cantik mb..
      Jadi inget lisa a riyanto. Dulu suka sama lagu2nya padahal.. Sekarang kmn yaa?

      Delete
  5. aku inget sampao Dimension, itu enak banget di kulit kepala, lembut di rambut dan wangi di hidung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah make dulu mb..
      Bungkusnya dikumpulin, trus dimasukin di PO box sekian gitu.. *berharap dapat hadiah

      Delete
  6. yg aku tau cuma dimension sampoo ama trebor aja mba.. wkwkwkwkw. eh trebor ini yg ada rasa kacang itu jg ga sih? ato itu permen lain lg? jd rada lupa aku...

    baru tau loooh yg ttg odol... aku kira itu bhs indonesia utk pasta gigi wwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, kayaknya trebor ada yang rasa kacang-coklat gitu juga mb..
      Jadi warnanya coklat muda gitu klo nggak salah..

      Delete
  7. Saya pernah ngalamin yang trebor sama pernah inget-inget dikit sama shampoo dimension. Plusnya saya baru tau loh Mak kalo Odol itu nama merk.

    ReplyDelete
  8. Aku asing sama semua barang diatas mbak, kayaknya aku belum lahir apa aku yang nggak tau ya? tapi jadi penasaran deh sama nasi instan, emang bisa ada ya? hehehe :D

    ReplyDelete
  9. Paling males kalo ibu beli sampo KAO, males pakenya. Habisnya bentuknya bubuk, ga nyaman banget dipakenya. ��

    Baru kemarin ngebahas tara nasiku di kelas. Dan benar, sekarang udah ga ada.

    ReplyDelete
  10. laaaah... aku baru tau kalau Odol itu merek pasta gigi loh mbak. kirain itu bahasa lainnya pasta gigi hihihiii...

    dari semua yang mbak sebutin, saya cuma inget yang nasi instan itu, tapi lupa-lupa ingat juga. udah lama banget sih hahhahaa

    ReplyDelete
  11. Kayaknya cuma odol doang yang saya belum pernah lihat aslinya hehehe

    ReplyDelete
  12. kao feather bubuk. aku suka sama wanginya lis. lidah buaya kl ga salah kan?

    dimension. zaman smp. itu satu angkatan sm shampo sifone ya. dah ilang jg tuh shampo.

    ReplyDelete
  13. waduh, saya kok ngga tau semua produk yg disebutin ya mbak hehe
    cuma sempet baca yg pasta gigi merk odol itu, tp nggak tau wujud aslinya kaya apa

    trus baru tau juga kalau ada sampo bubuk... *mbayangin*

    ReplyDelete
  14. hihi ya ampuun, jadul semua.. eh permen trebor itu favoritku

    ReplyDelete
  15. Ditempatku kalau mau foto itu generasi tua bilangnya mau kodak, katanya gara2 merk kamera yg pertama masuk ya itu.
    Sama mie instan juga, dibilang makan oriental, mau merknya indomie, sarimi, atau mie burung dara sekalipun, tetap makan oriental.
    Unik ya mba, aku gak sempat nemuin yg mie ini :)

    ReplyDelete
  16. Aduh itu yg treebor permen favorit...sampai lupa pernah ada permen spt itu. Kalo ga salah hitam n kyk aspal :)

    ReplyDelete
  17. Yang nasi instant itu Kalo nggak salah ada merek lain juga deh mbak selain Tara nasiku itu. Aku sendiri juga lupa lupa inget, tapi keknya kesemuanya sudah kucoba. Malahan kemarin sempet iseng nyariin, tapi gak nemu :-(

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin