Skip to main content

Masa Kecil; Kebahagiaan Ditengah Kesederhanaan

Sumber foto kaskus.co.id " 

Bu, nanti aku belajarnya sore aja yaa...mau ada Angry Bird Rio e di tivi.."
"Lha trus gimana...Sore kan ibu mandiin sama nyuapin Alya..."
"Ya...udah, nanti aku dibuatin soal aja...trus tak garape sore...." 

Begitulah kira-kira petikan dialog saya dengan Raka beberapa hari kemarin. Ia merengek minta jam belajarnya dimajukan, gara-gara kepincut promo film disebuah televisi swasta nasional. "Oalah...kadangkala televisi memang penggoda kok...ngerti jam belajar masyarakat, tapi jam segitu seringnya diisi film animasi anak-anak," Nggak teriak sih, saya cukup mbatin dalam hati saja. Tapi memang anak sekarang, kalau nggak dibiasakan belajar takutnya malah anak plus orang tua repot diakhir.

Meski namanya tetap Sekolah Dasar, tapi ngomongin materi pelajarannya, rasanya udah beda jauh banget dengan jamannya saya dulu.....Berasa berat jadi anak-anak sekarang. Banyak yang harus dimengerti dan dipahami di usia dini. Beda jaman, beda tuntutan....gitu mungkin yaa.. Tapi nggak cuma materi pelajaran saja kok yang beda...hampir semuanya...Orang Jawa bilang....Mbiyen-mbiyen...Saiki-saiki...!
**
Oke lah semuanya sudah bergeser. Jaman kecilnya Raka, tentu banyak berbeda dengan jaman ibunya masih bocah.Tapi kalau ingat yang ini, tetap aja saya bisa ketawa-ketawa sendiri, ternyata, masa kecil saya itu menyenangkan. *Kenapa dulu pas kecil berharap cepat besar ya..:-D 

1. Punya kepercayaan aneh.

Siapa yang jaman SD pernah nyimpen bulu ayam di antara lembaran buku tulis?? ** langsung tunjuk jari. Hi...hi, nggak ngerti siapa sebenarnya penebar gosip ini pertama kali, tapi banyak anak perempuan di sekolah yang percaya. Mitosnya, bulu ayam bisa tumbuh makin panjang dan beranak saat disimpan di dalam buku. Makanannya gampang, cukup kayu dari rautan pensil. Biar kelihatan cantik dan nge-gemesin...bulu yang dipilih adalah bulu warna-warni, seperti yang ada pada kemoceng/sulak. Hasilnya?? Dimarahi Pak Guru gara-gara kemoceng pada rusak diprotholi.... :-D. 

Saya juga pernah kena marah ibu saya, karena model barter yang saya jalankan dengan teman sekelas; 1 crayon, ditukar satu bulu ayam. Saya pemilik krayon, sementara teman saya "jualan" bulu. Hasilnya.....crayon saya habis, dan pulang sekolah dengan BANGGA dan TANPA DOSA menunjukkan bulu-bulu ayam cantik saya kepada ibu. 

2. Bekal wajib sekolah adalah mainan. 

Di eranya saya dulu, sepertinya uang jajan atau uang saku bukan bawaan wajib. Apalagi bekal makan siang, hampir tak pernah ada yang bawa. Lha wong jam pelajaran pendek. Masuk pukul 07 pagi..paling adzan dhuhur juga udah pulang. Lebih wajib ke sekolah bawa MAINAN. Kalau anak-anak cowok, bekal wajib mereka biasanya kelereng atau karet gelang. Nanti begitu jam istrahat tiba...langsung pada berhampuran ke lapangan...main gundu atau ganjilan. Lha yang perempuan? Sama juga, cuma bedanya karet sudah disambung-sambung menjadi properti yang bisa digunakan untuk lompat tali. Kadang mainan kami ganti, sebuah bola mungil dan lima buah logam kecil-kecil untuk mainan Bekelan. 

 3. Buku pelajaran yang bisa diwariskan

Buku SD tempo dulu
Sumber foto endeka.worpress.com 

Sekolah jaman dulu, ngirit abiss! Kelas satu sampai kelas 2, saya cuma butuh 3 buku. Satu buku gambar, dan dua buku tulis untuk latihan berhitung dan belajar membaca. Buku pelajaran?? Dipinjami sekolah. 

Kalau tidak salah, buku-buku pelajaran merupakan bantuan dari pemerintah, semua terbitan Balai Pustaka. Karena buku-buku itu pula kan, generasi 70-80 an kenal Budi, Wati, dan Iwan...? Baru deh kelas 3 atau 4 SD pelajaran ditambah IPA dan IPS, PMP, dan juga PSPB...

Jaman saya SD pemerintah jarang sekali mengganti kurikulum pembelajaran. Jadi....buku pelajaran kakak saya yang terpaut 6 tahun diatas sayapun bisa saya lungsur alias pake ulang. Nggak enaknya...karena jarang di up-date, mungkin kurang inovasi pembelajaran. Satu inovasi yang saya ingat yakni C-B-S-A!

 4. Hiburan langka, tapi bahagia... 

Sanggar cerita! Ada yang ingat.....? Dulu saya seneng banget kalau ada radio yang muterin sandiwara anak-anak produksi Sanggar Cerita. Trus ada pula sandiwara radio Saur Sepuh, Babad Tanah Leluhur, Tutur Tinular...yang pokoknya saya akan kecewa berat saat tertinggal satu episode saja. Oh, ya...semasa sekolah, sempat lho saya berasa gampang banget ngapalin materi sejarah pas era Indonesia masih kerajaan...gara-gara hobi ngepo-in sandiwara radio tadi.* Ada hikmahnya kan..?

Televisi termasuk barang mewah. Itu juga masih pake Accu sebagai sumber energi. Mayoritas Tv masih berlayar hitam putih. Satu-satunya channel yang paling berjaya...ya TVRI. Era-eranya saya ya era-eranya Unyil, kura-kura Ninja, Ria Jenaka...dan sinetron Jendela Rumah Kita. Oh, ya..waktu kecil ada lho acara yang saya benci; LAPORAN KHUSUS! Ha..ha.
 ** 

Begitulah masa kecil, tak sama untuk generasi yang berbeda. Tapi pasti ada benang merah diantara keduanya; selalu menarik untuk dikenang.... Masa kecil saya adalah kebahagiaan yang begitu sederhana, ...minim pilihan...tapi kaya akan kesan. Ada yang punya kenangan masa kecil senada dengan saya...?


Comments

  1. Yups Mbak. Kebanyakan ortu murid lesku juga ngeluh hal yg sama. Materi kelas satu SD bukan 'Ini Budi' lagi. Simboke mumet hihihi!

    Aku juga denger sandiwara radio. Dulu cerita Nilam Cahya nempel banget di otak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilam cahya...? Itu yang Mak Lampir n ada gerandong itu bukan ya mbak..?

      Delete
  2. wahhhh benar itu bulu ayam, dulu kata temen bisa beranak bulu ayamnya, terus nyimpen hasil rautan pensil juga di buku, masa kecil yang aneh tapi lucu hehe

    ReplyDelete
  3. laporan khusus! hihihi....kok yo masih inget to lis? trus habis itu kelompencapir!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh mbak.... Laporan khusus tu yang sering bikin jengkel...ngrusak run down...nunggu2 acara/film...eh, munculnya laporan khusus...

      Delete
  4. saya termasuk korban bulu ayaamm..aneh ya kok iso percaya hwakakak

    ReplyDelete
  5. Hehe..., kalo di tempat saya, istilah lengkapnya: plemben-plemben, roti-roti; mbiyen-mbiyen, saiki-saiki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he, nggih Pak....masih sama istilahnya, cuma saya nggak ngerti versi lengkapnya .... :-) masih sama-sama jogja :-)

      Delete
  6. Waaaaa samaan, buku sekolah semua lungsuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beginilah nasib anak bungsu mbakkk....sering dpt barang 2nd...:-)

      Delete
  7. Sya adl orang yg suka nyimpen bulu ayam di buku hahahaha
    Kalao diinget2 lucu jg ya mb. Apalgi maen BP (bongkar pasang) duh seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Mei...blm ada gadge....bulu aja bisa jadi maenan :-) bongkar pasang? Semacam puzzle kah?

      Delete
  8. Permainan masa kecil ku dulu juga seadanya gan, banyak dan sederhana. :D
    Semua serba tradisional, entah kenapa sekarang gak ada anak anak yang memainkan permainan seperti saya kecil dulu, semua itu berkat para penjajahan teknologi kali ya. Makanya anak anak sekarang lebih ke teknologi mainannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..padahal lebih seru lho maen rame2 gitu.....anak2 skrng jarang yang maennya ngumpul2. Tp bisa juga krn faktor sekolah....dulu beban sekolah mereka tidak sebanyak sekarang...

      Delete
  9. Replies
    1. Masih keburu mbak...msh agak jauh DL nya.,. Yang xl aku nggak ngerti info mb...padahal pemakai xl...

      Delete
  10. waktu saya sd pas jam istirahat sukanya main benthik, engklek atau suprenthul... masih ingat nggak mbak Sulis...?
    kalau sandiwara radio dulu lagi ngetren cerita misteri : Trinil... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suprenthul....itu yang saya nggak tau mbak... Mungkin beda istilah saja... Trinil? Lupa2 ingat kalau itu mbak...:-)

      Delete
  11. Lol baca point pertama bunda ....hehehe... crayon ditukar sama bulu ayaam ya ampuun :-D

    Waah jadi ingaat masa kecill
    Masa kecil masa yg paling romantis untuk dilagukan dalam aksara

    ReplyDelete
  12. Dulu mah tidak ada bandingannya mbak, bahagia saja pokoke.. :) Hihi yang nomor 1 saya juga tuh.. nomor 2 saya gak, saya gak pinter mainan je :( yang nomor 3 setujuhh.. yang nomor 4 malah bahagia banget bisa main diluar rumah, kadang 'njarak' hujan hujan, golek wit mangsi di belakang sekolah, nonton tivi sekedarnya.. Love it!!

    ReplyDelete
  13. MAsa kecil yang menyenangkan sekali mba

    Terima kasih sudah ikutan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin