Bersih-Bersih File Sampah di Smartphone

Posting Komentar
File sampah di Smartphone
Image: Freepik.com dengan proses editing 

Setelah saya pikir-pikir, ternyata smartphone yang kita pake itu mirip rumah. Kok bisa? Iya, harus dibersihkan secara berkala. Kalau rumah tidak dibersihkan menjadi kotor dan tidak sedap dilihat, smartphone pun ternyata iya.

Dulu, pernah hasil foto kamera saya burem, kayak berkabut begitu gambarnya.  Tak pikir lensa kameranya yang error, ternyata cuma karena kotor doang. Lha iya, wong kadang habis nyomot bakwan, pegang hape. Gimana jadi nggak berminyak coba? 

Ternyata secara fisik, smartphone butuh dibersihkan sesekali dengan lens cleaner. Selain itu, file-file yang ada di dalamnya pun ternyata harus diminimalisir dari file-file yang sifatnya sampah agar kinerja smartphone kita bisa maksimal.  Malesi banget kan, misal kita pas butuh sesuatu yang sat-set, tapi partner kita si smartphone lemot atau malah hang?

Pilah-Pilah, Bersih-Bersih File Sampah di Smartphone

Cara yang sebetulnya simpel, namun terasa males untuk melakukannya adalah mensortir file. Jadi hanya yang diperlukan saja yang dipertahankan, baik itu aplikasi, koleksi film, termasuk hasil gambar kamera baik video maupun foto, dan juga screenshoot. Sering banget saya numpuk-numpuk screenshoot resep masakan, tapi jarang dieksekusi di dapur. Ha..ha, ada yang sama?

Rupanya, ada beberapa cara membuat ruang penyimpanan smartphone makin lega, seperti misalnya:

  •  hilangkan cache aplikasi
  • Hapus file download an yang tak lagi diperlukan. Memang kadang ini kayak ada rasa berat, khawatir nanti akan butuh lagi di lain waktu. Tapi percayalah, ini tu kayak nyimpen baju jaman langsing  yang entah bisa dipakainya kapan lagi, nggak jelas. Mending dibersihkan begitu sudah digunakan.
  • Hapus foto, video, file lain yang tidak dibutuhkan. 
  • Jangan malas untuk menghapus pesan-pesan yang sudah terbaca atau sudah lama berlalu. Kecuali chat-chat yang punya nilai historis lah yaa, bintangi dulu nggak apa-apa 😊😀
  • Pindahkan data ke perangkat lain yang memiliki kapasitas lebih besar, atau ke cloud. 
  • Hanya install aplikasi yang memang dibutuhkan/sering digunakan.

Selain itu, ada beberapa tipe file sampah yang sebaiknya dihapus/dihilangkan agar media penyimpanan hape lebih lapang. Tempo hari saya menemukan tips ini setelah berselancar di beberapa artikel dan juga video Youtube. Rupanya, ada beberapa file yang memiliki ekstensi tertentu yang harus kita hapus untuk kinerja smartphone yang lebih baik. 

Konon katanya, beberapa file-file dengan ekstensi berikut membuat media penyimpanan kita cepat penuh, jadi memang sebaiknya dihapus dengan men-delete nya dari file manager. Beberapa file yang masuk kategori sampah tersembunyi , dan kita bisa mencarinya dengan fitur search antara lain:

1. Mi

2. Thumb

3. Cnt

4. Apk

5. Web

6. Png

7. Gif

8. Xml

9. Cykn

10. Txt

Tulisan ini sebagai pengingat untuk  saya pribadi. Jadi, kalau pas butuh bersih-bersih tinggal buka blogpost sendiri, nggak kelamaan googling kemana-mana. Tapi…kalau ternyata informasi ini juga bermanfaat untuk teman-teman, alangkah senangnya saya. 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar