Simak! Informasi Menarik Tentang PAFI Bangka Tengah

Posting Komentar
H

ampir semua dari kita, pernah membutuhkan apa yang namanya obat dan juga produk-produk farmasi lainnya. Dari proses produksi sampai menghitung takaran yang pas untuk bisa kita konsumsi, kita tak bisa lepas dari bantuan ahli farmasi. Nah, untuk meningkatkan profesionalisme mereka, keberadaan sebuah organisasi profesi menjadi sebuah kebutuhan. 


PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu organisasi profesi yang memiliki peran penting dalam masyarakat. Didirikan di Yogyakarta pada tanggal 13 Februari 1946, organisasi ini bertujuan untuk menghimpun para tenaga yang bakti-karyanya di bidang farmasi. 

Setidaknya, ada 4 tujuan yang ingin dicapai PAFI, yaitu mewujudkan masyarakat adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia, mengembangkan dan meningkatkan farmasi Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan anggota.

Selain induk organisasi yang sifatnya nasional, saat ini PAFI memiliki  banyak sekali cabang yang tersebar di banyak wilayah dan kepulauan di Indonesia. Salah satunya adalah PAFI di Kabupaten Bangka Tengah. 

PAFI Bangka Tengah, Wadah Ahli Farmasi Wilayah Bangka Tengah

Kabupaten Bangka Tengah merupakan kabupaten di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dibentuk pada tanggal 25 Februari 2003. Untuk meningkatkan kesehatan di wilayah Bangka Tengah khususnya, dan kepulauan Bangka Belitung pada umumnya, PAFI Bangka Tengah memiliki program untuk membantu masyarakat dalam mengoptimalkan kualitas hidup melalui peran aktif para ahli farmasi.

Sebagai organisasi profesi yang diakui oleh pemerintah dan menaungi Tenaga Teknis Kefarmasian dan Asisten Tenaga Teknis Kefarmasian, PAFI juga melakukan sejumlah kegiatan seperti melakukan pendampingan dan uji kompetensi  kepada siswa SMK jurusan Farmasi, dan juga seminar-seminar farmasi. Berbagai program ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga teknis dibidang farmasi. 

Perbaikan standard pelayanan di apotek, puskesmas, rumah sakit, dan toko obat demi perbaikan kualitas pelayanan masyarakat juga menjadi salah satu program PAFI dan melindungi profesi dalan menjalankan praktek kefarmasian.

Tidak hanya program yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas anggotanya, di level daerah PAFI juga melakukan kegiatan sosial dalam bentuk bakti sosial, maupun penguasaan skill baru. Melalui pelatihan pembuatan website misalnya.

Bergabung dengan  PAFI Bangka Tengah, berarti teman-teman akan berkumpul dengan teman-teman sejawat dan itu artinya akan memiliki akses untuk saling bertukar pikiran, pengetahuan serta pengalaman serta jejaring yang lebih luas dalam hal kefarmasian. Selain itu, organisasi ini juga bisa menjadi pintu masuk untuk menambah ketrampilan melalui pelatihan. Lebih dari itu semua, meleburkan diri dalam keanggotaan PAFI berarti ikut berkontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Untuk informasi lengkapnya, teman-teman bisa mengunjungi website resmi Pengurus Cabang Persatuan Ahli Farmasi  atau PAFI cabang Bangka Tengah di pafibangkatengah.org, melakukan registrasi keanggotaan di sana, serta mengupdate berita-berita terbaru organisasi melalu situs resmi mereka. 

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat ya. 

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar