Mengatasi Ms Word yang Terkunci; Keybord seperti Mati dan Tidak Berfungsi

1 komentar
Tips saat laptop tidak mau mengetik


“You can make this change because the selection is locked.”  Sebuah informasi terlihat di layar pojok kiri bawah layar MS word; program yang saya gunakan untuk membuat draft artikel. 

Lah…ini kenapa laptopnya? Dipake ngetik kok huruf yang dipencet nggak nongol di layar? Apa laptopnya rusak hingga butuh dibawa ke servisan? Mana saya gaptek kalau urusan teknis😭

Keburu ilang idenya kalau tidak buru-buru ditulis, dan yang paling penting keburu mood nya berubah..

Saya barusan mengalami permasalahan seperti ini, yaitu ketika microsoft word tiba-tiba terkunci dan  tidak bisa digunakan untuk mengetik. Keyboard seperti tidak terkoneksi.

Sebentar panik. Tapi kemudian teringat saat printer minta save as terus atau jendela find and replace muncul terus-terusan. Dua kendala tadi bisa terselesaikan dengan satu jalan, cari solusinya via google😊 


Penyebab Microsoft Word Terkunci dan Tidak Bisa Digunakan Untuk Mengetik

Beberapa artikel menyebutkan, ada beberapa sebab kenapa Microsoft Word yang tadinya baik-baik saja, tiba-tiba tidak bisa digunakan.

Pertama, bisa jadi file yang tengah dibuka memang sengaja dikunci. Penguncian dokumen ini bertujuan agar tulisan tidak bisa disalin atau diedit orang lain. Untuk kasus saya, jelas bukan ini penyebabnya. 

Kedua, bisa jadi fitur number lock aktif secara tidak sengaja.

Ketiga, versi Microsoft word nya sudah usang atau masa trial yang sudah habis. Bisa jadi ini penyebab kenapa Microsoft word saya ngambek, tapi entahlah..tidak begitu yakin juga.


Mengatasi Ms Word Terkunci dan Tidak Bisa Digunakan

Microsoft Word bisa dikatakan program/aplikasinya sejuta umat. Untuk kebutuhan tulis-menulis aplikasi ini sangat sering digunakan. Namun, bukan berarti program Microsoft word yang saya gunakan ini sempurna, tanpa cela. Kadang ya tetep ada errornya, termasuk ketika MS word tiba-tiba terkunci. 

Cara mengatasi yang paling standard untuk mengatasi segala macam error kalau saya adalah coba restart laptop atau PC nya. Kalau cara ini menyelesaikan masalah.. Alhamdulillah...

Seandainya tidak, cari opsi lain😊

Jika penyebab terkuncinya adalah karena  mode edit yang belum diaktifkan, maka aktifkan notifikasi Enable editing yang berada di bagian atas halaman.

Cek juga  fitur proteksi dokumen. Bisa jadi pemicu Microsoft Word tidak bisa digunakan untuk mengetik adalah proteksi dokumen yang aktif. Untuk mematikan fitur proteksi dokumen, langkah-langkah nya adalah sbb:

  1. Buka Ms Word
  2. Tekan menu 'file' selanjutnya ke opsi 'info'
  3. Cari tulisan 'protection document'
  4. Periksa opsi Mark as final, restric akses dan editing, lantas non aktifkan ketiganya.
  5. Tekan opsi 'mark as final"
  6. Tekan Ok
  7. Tunggu hingga muncul notifikasi/edit anyway

Dari beberapa metode dan mencoba menerka akar masalahnya, akhirnya saya nyoba cara ini dan berhasil. Tidak sulit juga caranya.

Informasi mengenai cara mengatasi Ms Word yang terkunci ini saya dapatkan dari channel Youtube Jari Mungil Rayyan; saluran yang saat ini sudah memiliki 89,2 ribu subscriber.

Dibandingkan beberapa artikel dalam bentuk tulisan, tutorial ini jauh lebih padat, singkat, dan jelas. Begini caranya:

  1. Close Microsoft Word
  2. Masuk window Explorer
  3. Masuk Ke C, pilih program File
  4. Pilih Microsoft Office -Pilih Office 16
  5. Pilih OSPPREAM , klik kanan pilih “run as administrator”
  6. Tunggu sejenak sampai proses selesai
  7. Buka lagi Microsoft Word, coba untuk mengetik. Kembali normal? Alhamdulillah...

Cukup mudah kan? Dan di laptop saya, cara ini berhasil. Alhamdulillah 😊

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Kalau bagian atas Microsoft Wordnya berubah jadi warna merah, itu pertanda lisensinya sudah habis. Kalau ada uang, silahkan beli software asli. Tapi biasanya sih langsung di-crack aja wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar