Rekomendasi Shampoo Untuk Rambut Kering dan Berhijab

3 komentar

 

Shampoo untuk rambut kering

“Iki rambute sopo hayo, marai mbunteti banyu..” Ini rambut siapa? Mbikin saluran air (di kamar mandi) mampet. Begitulah kalau di versikan bahasa Indonesia. 

Di antara kami berempat serumah, Pak Suami adalah orang yang paling ribut saat menemukan rambut rontok di saluran pembuangan air kamar mandi. Tersangka utamanya jelas saya lah. Mamak-mamak setengah tua baya yang mulai bermasalah dengan rambut. Sudah kering, ketombean, rontok pula. Duh!😢 Makanya, belakangan ini saya lagi rajin nyari shampoo untuk rambut kering

Ya..alasannya biar nggak kena sindir sesaat setelah keramas kayak  di atas. 

Perempuan Berhijab dengan Beberapa Permasalahan Rambut 

Eits, ini bukan mau mengkambinghitamkan hijab lho ya. Nyatanya, tidak semua perempuan yang berhijab itu memiliki masalah dengan rambutnya. Tapi peluang untuk memiliki rambut bermasalah memang lebih besar apabila dibandingkan dengan perempuan yang tidak berhijab.

Lepek dan berminyak, gatal di kulit kepala dan juga ketombe, rontok berlebih, bau apek, dan juga rambut yang rapuh adalah deretan permasalahan rambut dan kulit kepala yang sering dialami perempuan yang sehari-harinya menggunakan hijab. 

Permasalahan ini biasanya timbul karena ketidaksabaran dan ketidaktepatan kita dalam merawat rambut dan kulit kepala.  Misalnya saja, langsung mengenakan hijab di kala rambut masih basah atau mengikat rambut dalam waktu yang lama. 

Rambut yang ditutup dalam kondisi masih lembab, rentan menyebabkan tumbuhnya Malassezia atau jamur penyebab gatal dan ketombe. Selain itu, tindakan ini juga akan menjadikan rambut berbau apek meskipun barusan keramas dengan shampoo yang wangi. 

Karet pengikat rambut yang terlalu kencang dan digunakan dalam waktu lama, ternyata bisa menyebabkan rambut rapuh hingga gampang patah. 

Permasalahan ini tentu akan semakin beragam bila diikuti dengan kesalahan pemilihan bahan hijab, asupan nutrisi yang kurang, kondisi badan yang tidak sehat dan juga faktor pertambahan usia.

Kalau untuk rambut saya sendiri, ada beberapa permasalahan yang saya alami:


Rambut Kering

Kalau dulunya rambut saya cenderung berminyak, tapi seiring bertambahnya usia saya merasa bahwa rambut cenderung terlihat lebih kusam dan kering. Bisa jadi ini disebabkan gaya hidup saya yang kurang sehat (suka ngemil gorengan, kurang konsumsi sayuran), faktor hormonal, dan usia yang memang tidak bisa ditipu itu…😉 

Sebenarnya sudah cukup lama saya butuh shampoo yang cocok untuk rambut kering. 


Rambut Berketombe

Masalah rambut ini bisa jadi berawal dari saya yang kurang sabaran. Sudah tahu rambut masih basah, langsung saja tutupin dengan hijab. Kondisi ini tentu menyebabkan kulit kepala lembab dan menjadi satu faktor pendorong munculnya ketombe yang kalau lagi kumat…gatelnya minta ampun.

 

Rambut Rontok

Kalau dalam jumlah yang kecil,  rambut yang terlepas dari kulit kepala merupakan hal yang lumrah. Anggap saja seperti kehidupan di bumi ini.  Ada yang lahir, ada yang pergi. Tapi kerontokan rambut yang saya alami sepertinya sudah dalam taraf mengkhawatirkan.

Jujur,  sering sedih kalau pas bercermin, terus memandang  rambut yang berwarna kusam, nemu helaian rambut di karet pengikat, plus dikomplain pas habis keramas ninggal banyak rambut berguguran. 

Setau saya, di pasaran memang banyak dijual shampoo yang khusus untuk merawat rambut yang kondisinya sering tertutup hijab. Ada Emeron Hijab, Rejoice Hijab, Sunsilk Hijab, dan beberapa merk Shamphoo untuk rambut berhijab lainnya. Pernah dulu mencoba suatu merk shampoo khusus untuk mengatasi kerontokan rambut, tapi nggak diteruskan karena aromanya yang menyerupai jamu. 

Hingga suatu hari, seorang teman mengenalkan saya dengan produk shampo Azalea Habba yang katanya memang jenis shampoo untuk rambut kering. 


Mencoba Azalea with Habbatussauda, Shampoo untuk Rambut Kering dengan Habatussauda dan Minyak Zaitun


Habbatussauda atau yang juga dikenal sebagai jintan hitam memiliki sejumlah sifat yang sangat bermanfaat untuk rambut. Selain bersifat antibakteri, habbatussauda juga memiliki manfaat sebagai anti jamur, anti inflamasi, dan juga antioksidan. 

Sementara minyak zaitun juga dikenal sebagai herbal dengan beragam manfaat. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalamnya dipercaya mampu menjaga dan merawat rambut agar tampak indah dan sehat. 

Karena berbagai sifatnya, tak heran jika  habbatussauda dan minyak zaitun kemudian digunakan dalam produk perawatan rambut. Salah satunya Azalea Shampoo Hijab. 

Rekomendasi shampoo untuk rambut kering

Informasi mengenai Shampoo Hijab Azalea dan rekomendasi shampoo untuk rambut kering sebenarnya saya dapatkan dari seorang teman. Ini pertama kali saya  menggunakan brand Azalea, shampoo untuk rambut kering . Biar bisa dipake semua anggota keluarga dan awet, maka pilihan jatuh pada kemasan 180 ml. 

Kemasan Shampoo 

Bentuk kemasan botol Shampoo Hijab Azalea with Habattussauda  tidak jauh berbeda dengan botol shampoo merk lain yang beredar di pasaran. Yang sedikit lain adalah, di kemasan botol berwarna ungu ini terdapat foto 2 gadis cantik berhijab.  Bisa jadi secara marketing, desain kemasan ini ingin  menunjukkan kalau segmen pasar utama mereka adalah perempuan-perempuan berhijab. 

Ya meskipun bukan berarti bapak-bapak atau kaum laki-laki dilarang menggunakan Azalea. Boleh banget digunakan untuk membersihkan rambut semua anggota keluarga. Mbayangin seluruh anggota kluarga memiliki rambut sehat, bebas masalah kok sudah bahagia duluan. 😄

Tekstur dan Formula

Pertama menuang shampoo ke tangan, saya cium wanginya. Hmm, lembut! 

Wanginya Azalea itu wangi yang enak dihirup dan ternyata awet. Satu hari setelah keramas, masih kecium kok wangi shampoo nya. 

Berwarna putih mengkilat, tekstur Azalea Shampoo memiliki engan merk shampoo lain yang saya gunakan sebelumnya, Azalea memiliki busa yang lebih sedikit. Bisa jadi ini justru lebih baik, karena pernah membaca bahwa busa yang terlalu banyak akan membuat rambut kering.

Bahan-bahan yang digunakan Azalea hijab Shampoo ini adalah bahan-bahan yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kerusakan rambut.  Oh, iya produk ini juga sudah tersertifikasi BPOM dan Halal MUI.

Doakan ya shampoo ini akan bekerja efektif efektif di rambut saya sehingga berbagai masalah kerusakan rambut akan berkurang. 


Cara Pemakaian

Nggak ada cara khusus untuk  shampoan dengan Azalea Habba. Teknisnya sama dengan mencuci rambut dengan merk-merk shampoo lainnya. Basahi rambut, tuang shampoo pake tangan secukupnya kemudian ratakan dan pijat perlahan secara menyeluruh. Kalau dirasa sudah bersih, tinggal membilasnya dengan air bersih, dan keringkan rambut dengan handuk. 


Melengkapi Rangkaian Perawatan Rambut Kering dengan Azalea Hair Vitamin

Azalea vitamin rambut


Tidak salah kalau rambut akan mendapatkan vitamin alami nya dari bahan pangan yang kita makan. Tapi masalahnya adalah, apakah jumlahnya akan sesuai/mencukupi kebutuhan rambut kita?

Kurangnya vitamin C ternyata bisa menyebabkan akar rambut menjadi rapuh.  Rambut kering yang gampang rontok rupanya disebabkan tubuh kekurangan B7 atau biotin. 

Cara yang lebih praktis untuk mewujudkan harapan memiliki rambut yang sehat, wangi, lembut dan segar adalah dengan menggunakan  Azalea vitamin rambut. Disamping menutrisi, melembutkan, menguatkan, dan membuat rambut lebih berkilau, Azalea hair vitamin juga mengklaim mampu melindungi rambut dari radikal bebas dan polusi. 

Sebagai pemuja kepraktisan, tentu saya bersyukur bisa menggunakan produk ini. Selain kemasan yang travel friendly, tinggal semprot ke rambut saat pemakaian,  Azalea hair vitamin juga memiliki kandungan bahan aktif yang sudah teruji seperti minyak zaitun, ekstra lidah buaya, ginseng, minyak kemiri, dan allantoin

Dengan fungsi utamanya sebagai vitamin rambut, produk ini juga bisa digunakan sebagai hijab mist. Ah, jadi jauh lah dari masalah bau apek pada rambut. 

Di mana bisa membeli Azalea Habba Shampoo dan Azalea Hair Vitamin? Beruntungnya, produk ini mudah banget ditemukan di pasaran. Di toko/supermarket ada. Atau kalau yang senengnya belanja dengan menggerakkan jari, di place market juga tersedia. Untuk harga, saya rasa bersahabat. Dua pulih lima ribu rupiah untuk Azalea Habba Shampoo ukuran 180ml dan 19.000 untuk Azalea Hair Vitamin ukuran 80ml. 

Memang, waktu berjalan dan tidak bisa  diputar mundur ke belakang. Banyak bagian tubuh yang berubah, tapi bukan membuat kita lantas menyerah. Merawat rambut, kepala dan anggota badan sebaik mungkin, saya rasa adalah cara yang paling tepat.  

Saya sudah mencoba Shampoo Hijab Azalea with Habattussauda dan Azalea Hair Vitamin dan berharap efeknya akan maksimal. 

Teman-teman yang saat ini tengah mengalami permasalahan rambut serupa, dan lagi kita gandengan yuk, ikhtiar sama-sama.  Saya sudah mencoba Shampoo Hijab Azalea dan Azalea Hair vitamin, rekomendasi shampo untuk rambut kering. Kamu coba juga ya!


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Sejak mulai sepuh aku gampang banget rontok. Dulu sik rambut bisa sepinggang saiki tak potong pendek ben ga rontokan

    BalasHapus
  2. Iya nih, rambut tuh tambah umur kok jadi rontokan. Ga berani lagi pakai sampo yang antidandruf gitu. Tambah kering di kulit kepala rasanya, terus buntutnya jadi rontok.

    Jane selain sampo, yang ga boleh lupa itu perawatannya, kayak vitamin itu.

    BalasHapus
  3. Iya nih makin kesini usia, makin rontok rambut ya Mbaaa. Aku sendiri sempet kok ngalamin kerontokan parah. Sampe stress nyobain macem2 shampoo. Cuma skr udah Nemu yg cocok sih, tapi memang bukan brand Azalea ini.

    Dan Krn rambutku termasuk yg sensitif, jadinya pas Nemu yg udh cocok banget, jadi ga berani mau coba shampo lain, takut berulang lagi rontoknya mba 😅.

    Sebenernya sih, memang ga disaranin Gonta ganti produk perawatan. Dan kalo udah Nemu yg pas, bagusnya konsisten aja pakai itu. Sebenernya Azalea ini termasuk murah nih. Enak kalo cocok, ga susah carinya 😄

    BalasHapus

Posting Komentar