Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Agar Artikel Cepat Terindeks Google

Posting Komentar
Google search engine


“Kira-kira berapa lama ya artikelnya terindeks? Kalau  sudah terindeks google, kami dikabari yaa.” 

Pertanyaan klien mengenai seberapa cepat artikel/blogpost yang sudah dipublish di blog bisa terindeks mesin pencari alias bisa ditemukan oleh mesin telusur, sering membuat blogger, eh saya ketar-ketir. Ini kalau kita lagi ngomongin sponsored post alias postingan berbayar.  Ya, di blog ini..blog yang lain, dan banyak blog para teman-teman blogger. 

Memang harus terindeks google? Ya, tergantung tujuannya. Kalau itu sebagai bagian dari ilmu marketing, ada kesepakatan blogger dengan pihak lain, artinya artikel wajib terindeks mesin pencari. Lah, untuk apa ditulis, kalau akhirnya keindeks google pun enggak. 

Sebagai butiran debu di dunia perblogging-an yang sangattttt luas, biasanya saya cuma bilang, “nggak mesti e Kak, kadang dalam hitungan menit atau jam artikel langsung terindeks, kadang butuh waktu berhari-hari juga. Nanti pasti saya kabari, begitu terindeks”

Inilah alasan, kenapa artikel di blog sebisa mungkin terindeks google dengan cepat. Ya, sebentuk tanggung jawab kita atas tulisan yang sudah kita unggah di blog. 

Sejauh yang saya tahu, ada beberapa cara yang bisa dicoba agar artikel blog kita terindeks google. Kalau bisa ya cepat, dan kalaupun butuh waktu..ya uwislah, minimal terindeks dulu. Karena memang ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat-lambatnya proses indexing ini. 

Beberapa Cara yang Bisa Dicoba Agar Artikel Cepat Terindeks Google

Rasanya lega kan, kalau sudah nulis postingan dan statusnya sudah published gitu? Kalau saya sih iya. Setelah itu, biarkan tulisan itu akan ketemu pembacanya masing-masing. Kalau informasinya membantu, ya ikut senang. Kalaupun kemudian kok di skip-skip..ha..ha, berarti tulisan kita kurang menarik 😊

Tapi, meskipun sudah statusnya published..bukan berarti tulisan kita sudah bisa ditemukan orang dengan mudah di “hutan belantara” republic digital sana. Belum secepat itu. Harus ada yang mesti kita lakukan lagi.. Jadi begitu tekan tombol publish, jangan bobok dulu. 

Masukkan dulu link tulisan di Google Search Console

Google search console merupakan layanan gratis yang disediakan google  dan berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs/url tulisan di hasil pencarian google. Yang pertama harus dipastikan adalah bahwa blog yang mau tulisannya mau di index  kan sudah didaftarkan terlebih dahulu. 

Langkah pertama, login ke google search console. Kemudian masuk ke bagian inspeksi url. Copy-dan kemudian paste kan url tulisan terbaru ke kotak yang ada. Minta inspect dengan menekan tombol enter, sampai ada pernyataan klo url kita sudah masuk ke antrian. Ya, mudah kok.

Indeks google search console


Sudah di submit di google search console, sudah ditunggu beberapa saat, belum ke indeks juga?

Coba Submit Sitemap

Site map adalah salah satu alat bantu yang memungkinkan mesin google dengan mudah menjelajah dan merayapi halaman yang ada pada sebuah web. Dengan kata lain, sitemap menjadikan web kita akan lebih mudah diketahui oleh google. Cara yang bisa ditempuh untuk submit sitemap meliputi:

  • Masuk ke Google Search Console
  • Pilih sitemap/peta situs pada bagian index

Masukkan url peta situs, lalu tekan enter. Terkirim, dan tunggu sampai prosesnya selesai

Proses inspeksi url dan submit sitemap ini idealnya dilakukan setiap  selesai memposting sebuah artikel. Rata-rata dengan dua tahap ini artikel sudah dapat terindeks. Tapi ada juga,  yang sudah mencoba dua yang cara ini, tapi tetap saja artikel belum berhasil ke indeks. Mungkin teman-teman memang kudu nyoba cara berikutnya.

Ping Artikel Deh

Intinya sama, dengan meng-ping-kan url artikel kita, diharapkan artikel akan lebih mudah dikenali dan dideteksi keberadaannya oleh google. Harapannya, semakin banyak yang akan mbaca tulisan kita. Berikut beberapa situs yang menediakan layanan ping artikel:

  • www.pingfarm.com
  • www.pingomatic.com
  • www.autopinger.com
  • www.googleping.com
  • www.totalping.com

Masih adakah cara lain selain 3 metode tadi agar artikel cepat terindex mesin pencari? Ternyata masih ada, dan saya tahu ini dikasih tahu seorang teman sesama blogger. Metode ini cukup mudah, tapi paling tidak teman-teman harus punya minimal 2 blog atau 2 web aktif, yaitu

Memasang Rss Feed di Sidebar Blog Lain

Menambahkan rss feed blog blogspot
Masuk dulu ke bagian dashboard-theme-tambahkan elemen gadget feed

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. Dengan Rss ini, pengunjung akan dapat dengan mudah mengunjungi situs tertentu, tanpa harus mengunjunginya secara langsung. Teknis dari cara ini adalah memasang widget rss di layout (bagian side bar) blog utama ke blog ke dua, dan juga sebaliknya. Jadi semacam “disilang”. 

Hmm..sudah mencoba semua metode? Sempurnakan dengan doa, semoga usahanya nggak sia-sia😊Semoga tulisan ini berguna yaa..

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar