Lupa Passcode Koper? Ternyata Mudah Mengatasinya

2 komentar
Koper lupa passcode


Koper menjadi piranti penting bagi yang suka bepergian atau travelling. Meskipun jujur saya lebih senang bepergian dengan backpack, tapi adakalanya koper sangat membantu kalau barang yang hendak dibawa cukup banyak. Selain muat lebih banyak barang, di dalam koper barang-barang lebih terjaga kerapiannya.

Demi keamanan, koper dilengkapi dengan kunci pengaman. Ada pemilik yang melengkapi koper mereka dengan gembok mungil. Banyak pula yang mengandalkan kunci pengaman berupa kombinasi angka yang terdiri dari tiga digit angka.

Default atau kode setelan pabrik dari koper ini rata-rata 000, dan bisa di set ulang dengan kombinasi angka lain yang mudah diingat.  Namun adakalanya kita lupa dengan kombinasi angka yang sudah kita buat. Bisa jadi karena koper sudah terlalu lama tidak dipakai, atau karena  suatu hal passcode menjadi berubah dan kunci koper menjadi macet tidak bisa terbuka.

Iya, saya pernah ngalami. Entah kenapa, passcode koper yang sudah saya buat tidak bisa digunakan padahal perasaan tidak saya ubah. Mungkin secara tidak sengaja kegeser atau bagaimana. 

Mengatasi Koper Tidak Bisa Dibuka Karena Lupa Passcode 

Panik itu manusiawi. Apalagi ketika tiba-tiba kita tidak bisa membuka koper dan kita butuh benda di dalamnya sesegara mungkin. Saya pernah di posisi ini; ketika koper kabin yang saya sudah set PIN nya, sudah saya catet di note, sudah sempat dicoba bisa dibuka, tapi pas lagi butuh untuk membukanya di lain waktu, malah macet. Kode berubah tanpa tau sebabnya. 


Mengatasi koper lupa passcode
Membuka koper saat lupa passcode


Seperti biasa, ajian pamungkas saya klo lagi bingung adalah googling. Dan ternyata banyak konten creator di Youtube yang membagikan video cara membuka koper yang lupa Passcode. Ada beberapa cara sebenarnya, tapi menurut saya cara ini paling mudah. Ok, saya coba buat dalam versi tulisan ya.

Pertama, kondisikan pikiran untuk tetap tenang. Yakin saja, kalau masalah bakalan teratasi. Ketenangan pikiran ini menentukan sekali keberhasilan.

Setelah itu posisikan koper di tempat yang terang   atau cukup cahaya. Lihat bagian bawah bagian 3 angka. Cari bagian yang ada lekukan/lubang. Kalau diperlukan, gunakan senter hp untuk menambah pencahayaan. Kalau sudah ketemu bagian yang berlekuk, pas kan angka. Misalnya ketemu angka kombinasi 137, pakai angka ini sebagai patokan untuk maju/mundur. Di posisi ini, koper belum bisa terbuka ya. 

Berikutnya, geser maju atau mundur (bebas), masing-masing satu angka. Intinya, kalau dimajukan satu, maka dua angka lainnya juga harus maju satu. Misalnya 137, coba (gambling) di 248, 359, 460, begitu seterusnya, sambil dicek..apakah kunci bisa dibuka atau belum. Bisa juga dicoba dengan langkah mundur. 

Misal bagian angka yang bawahnya seperti ada yang berlekuk/ tidak utuh bulatannya 137 dan mau coba mundur, caranya sama. Dari 137, coba geser ke 026, 915, 804, 793, begitu seterusnya sambil dicoba kuncinya bisa terbuka atau tidak. 

Kelihatannya saja kita harus mencoba banyak angka kombinasi, tapi prakteknya tidak. Percayalah, mencoba membobol” passcode koper yang lupa atau berubah tak sengaja ini tidak sampai memakan waktu 5 menit. Mudah sebenarnya, kitanya aja yang seringnya grusah grusuh, bingung, was-was dan panik.

Semoga tips ini membantu ya, have a nice trip

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Ternyata caranya cukup sederhana juga cuma dimundurkan atau dimajukan satu angka satu angka, bisa dicoba nih kalau punya koper yang lupa passcode-nya.

    BalasHapus
  2. aku wes pernah mba lis wkwkwk...pas kuliah kan bawa koper aku lupa kombinasi 3 sampai panik soalnya banyak barang penting di dalamnya. Walhasil butuh seharian biar bisa cocok meneh masang 3 angka sing sekirane wingi diputar pas buat ngunci

    BalasHapus

Posting Komentar