Selain Olahraga, Beberapa Cara ini Dipercaya Ampuh Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

3 komentar
Sepakat dengan pendapat kalau kesehatan adalah aset yang paling berharga yang kita punya? Saya pribadi, jelas sependapat.

Pandemi virus yang entah kapan akan benar-benar terkendali, penyakit yang rasanya kian hari makin beragam,  membuat semakin banyak orang tersadar untuk menjaga kesehatan.
Olahraga dipercaya bisa menjadi satu jurus ampuh untuk menjaga stamina tubuh. Tentu saja dengan porsi dan jenis yang disesuaikan dengan usia dan juga kemampuan. Tak heran, jika beberapa jenis olahraga langsung booming begitu wabah virus Corona melanda Indonesia. Sebut saja olahraga bersepeda, jalan santai,  ataupun lari.
Olahraga untuk menjaga kesehatan

Bersepeda dipercaya bisa menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Tak hanya bersepeda, pada dasarnya semua olahraga itu baik untuk memelihara kesehatan tubuh. 

Kita bisa melakukan olahraga dengan waktu menyesuaikan kesibukan. Olahraga di pagi hari akan membuat hari kita lebih bersemangat, sementara olahraga di sore hari akan membantu kualitas tidur di malam harinya. 

Tidak disarankan melakukan olahraga di saat mendekati jam tidur, karena bisa menyebabkan terganggunya siklus tubuh. Beri jeda waktu 1-1,5 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur. Dengan frekuensi 3-5 kali/minggu, durasi yang disarankan saat melakukan olahraga adalah 30-60 menit latihan tanpa melupakan sesi pemanasan dan juga sesi pendinginan. 

Cara Efektif Memelihara Kesehatan Tubuh 


Selain olahraga (dalam berbagai bentuknya) ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh

Istirahat yang Cukup

Bentuk istirahat yang paling baik adalah tidur.  Saat tidur, organ tubuh  bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak secara optimal,  hormon pertumbuhan banyak di produksi saat kita tidur, otak pun akan mengeluarkan racun setelah berpikir seharian. 

Cara menjaga kesehatan tubuh

Kebutuhan waktu tidur manusia berbeda-beda, tergantung usia. Kalau seusia saya, bisa istirahat/punya waktu tidur 8 jam sudah bagus. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat kebutuhan istirahat kita tercukupi. Kita jadi lebih gampang fokus dan produktif, itu salah satunya. Lebih dari itu, istirahat yang cukup juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.  Dengan imunitas tubuh yang baik, maka “perisai tubuh” kita semakin kuat untuk menahan gempuran serangan virus.

Kelola Stres, Refresh Otak dengan Kegiatan yang Menyenangkan

Sadar atau tidak, situasi yang sedang kita hadapi saat ini memiliki resiko stres yang jauh lebih tinggi. Kondisi yang penuh ketidakpastian, interaksi antar manusia yang cenderung terbatas, mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Sayangnya, bentuk rasa panik, cemas, dan stres dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun hingga kita rentan terkena penyakit.

Jika kita ingin sehat, maka salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga agar tubuh tetap memproduksi hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Caranya? Berpikiran positif.  Lakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan sebagai pengusir rasa jenuh. Hadapi, jalani, dan nikmati..itu intinya.

Menanam bunga


Menjaga Pola Makan dengan Asupan Makanan yang Sehat, Bergizi dan Bernutrisi

Vitamin dan nutrisi dari makanan sehat

Pusing gara-gara harga minyak goreng yang melambung tinggi? Biar tak tambah stres, ambil saja hikmahnya. Bisa jadi dengan naiknya harga minyak goreng lebih dari 100%, pola makan kita akan lebih sehat. Pola makan yang sehat, bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain:

Makanan kaya vitamin C. Antioksidan yang terkandung dalam Vitamin C terbukti bisa membantu daya tahan tubuh. Jeruk, stroberi, brokoli adalah jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin C.

Jenis kacang-kacangan sebagai sumber vitamin E. Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin B Complex merupakan satu kelompok vitamin B yang berperan penting dalam memperbaiki stamina tubuh dan juga berkaitan dengan proses menghasilkan energi di dalam tubuh manusia. Kerang, bayam, kembang kol, ikan salmon, daging sapi, yoghurt dan telur adalah jenis-jenis bahan makanan yang kaya kandungan vitamin B complex. Selain itu teman-teman bisa juga mengkonsumsi multivitamin dengan kandungan Vitamin B Complex agar kebutuhan tubuh tercukupi. 

Usaha untuk menjaga kesehatan memang tak sesimpel dan tak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu, tenaga, komitmen yang kuat, dan tentu saja biaya. Tapi bukankah semua juga sudah sadar, kalau kesehatan adalah investasi yang paling berharga?

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Selama pandemi ini, aku malah bersyukur karena bisa dibilang ga sakit , gitu juga anak2. Padahal sebelum pandemi , jangan tanya mba. Tiap bulan udah pasti batpil.

    Kalo dipikir2, bisa jadi gaya hidup sehat yg kami terapin selama pandemi, sangat ngaruh. Pertama dari olahraga yg rutin. Aku JD disiplin buat gerak tubuh 6x seminggu.

    Trus makanpun dijaga. Gorengan jadi jauuuuuuh berkurang. Makanya selama barangnya langka dan mahal, aku ga pusingin, Krn memang udah jarang makan begitu.

    Yang ga pernah aku stop, juga multivitamin. Tiap hari. Memang budget jadi nambah Krn harus stok madu, multi vitamin buat sekeluarga termasuk asisten, vitamin D, vitamin E Ama probiotik. Tapi at least aku ngerasain efeknya yg bagus ke tubuh. Jadi okelah... Walo sedikit bengkak, setidaknya ada khasiat yg diambil 😁.

    Dan Krn udh terbiasa Ama gaya hidup begini, aku bakal pertahanan trus walaupun pandemi nanti berakhir. Toh ini sesuatu yg bagus kan, jadi kenapa ga diterusin.

    BalasHapus
  2. Nah, bener banget menjaga kesehatan itu penting apalagi di musim seperti sekarang. Istirahat yang cukup itu utama banget, berpengaruh untuk kinerja dan kesehatan yang mendukung kita beraktivitas di siang hari.

    BalasHapus
  3. Setuju bangeeet, satu kesatuan soalnya kalau olahraga aja, pola makan gak dijaga ya sama aja. Udah jaga keduanya, tapi stres berat ya sama aja. Semoga kita semua sehat selalu yaa 😊

    BalasHapus

Posting Komentar