5 Kebohongan Yang Saya Percaya Waktu Kecil

6 komentar
Senyum
Kebohongan kok dipercaya! Ha..ha, namanya juga anak kecil. Apalagi kecilnya saya, beda lah sama anak-anak sekarang. Kini, misal mendapatkan informasi tentang apa, bingung bener apa nggak...tinggal ketik di mesin telusur. 

Anak-anak sekarang, lebih kritis dalam hal menelaah suatu peristiwa. Coba jamannya saya, dibilangin kalau Candi Prambanan dibangun dalam semalam, tetep percaya😀. Termasuk, hal-hal luar nalar yang  bisa jadi bahan hiburan kalau diingat sekarang. 

Apa saja? 


Biji Buah yang Tertelan bisa Numbuh

Panik! Itu yang saya rasakan ketika suatu hari makan jeruk, dan bijinya tertelan. Sempat saya membayangkan, beberapa hari kedepan akan ada pohon jeruk yang muncul dari badan. 

Untung, kemudian ada yang memberi tahu kalau biji jeruk yang masuk ke tubuh nantinya akan dicerna oleh tubuh. Ha..ha, bebas dari rasa takut akan membawa pohon jeruk kemanapun berada deh😊😊


Minta Uang, pada pesawat terbang

"Montor mabur....njaluk duite!"
Entah siapa yang mengajari pertama kali, dulu saat ada pesawat terbang yang melintas di udara, saya dan teman-teman selalu meneriakkan kata itu, sekeras-kerasnya.

Jaman kecil, percaya aja, kalau para penumpang yang ada dalam pesawat bakalan mendengar, dan akan  melempar uang. Padahal, mana mungkin juga sih klo dilogika?


Makan Pantat Ayam, Nasibmu Bakal Jadi Anak Pelupa

Brutu, atau pantat  adalah bagian tubuh ayam yang paling ditakuti anak-anak, termasuk saya! Apa pasal? Konon, barang siapa yang sengaja atau tidak sengaja memakan pantat ayam, ia akan tumbuh menjadi anak yang pelupa. Nah, ini kan kutukan yang horor banget..

Biasanya cerita ini ditularkan dari orang-orang dewasa ke anak-anak, atau ke golongan yang usianya lebih rendah. 

Hingga kemudian, saat remaja saya diberi tahu bahwa katanya isu pantat ayam bisa membuat anak menjadi pelupa adalah cerita hasil rekayasa para orang tua, agar para pantat tadi menjadi hak orang tua, karena rasanya yang gurih.. ha..ha. 

Bener apa tidaknya...nggak tau, karena sampai sekarang kalau nemu bagian pantat ayam, mending tak kasih ke kucing. 

Umur, Ditentukan oleh Seekor ulat
Sewaktu kecil, ada ulat yang bisa bikin deg-deg an kalau sampai jatuh di badan, dan kemudian si ulat berjalan. Entah apa nama spesies yang bener, tapi kami menyebutnya uler kilan (ulat)

Di namakan kilan, karena cara berjalan si ulat yang mirip ketika kita mengukur panjang benda dengan jangkal tangan, atau dikilani.  Nah, katanya kalau dijengkali si ulat ini sampai minimal angka tertentu, akan mati! 

Ini yang bikin takut, dan buru-buru mengibaskan baju kalau sampai ada ulat yang nempel. 

Padahal kalau dipikir-pikir...masak sih, dilangkahi ulat bisa bikin kita meninggal? Kalau ulatnya melangkahi tubuh malah si ulat trus mati, malah logis. Yaa, kali aja si ulat kecapekan.

Bulu ayam Bisa Beranak
Lha ini, kebiasanaan anak-anak SD di era 90an. Kalau ada yang se era, pasti tau lah kepercayaan anak-anak jaman dulu, yang menganggap bulu akan tumbuh anak, bila ditaruh dibuku, dan dikasih makan kayu rautan pensil. 

Setelah disimpan, memang trus numbuh beneran gitu? Kayaknya sih bentuk bulu memang jadi berubah ya, setelah disimpan beberapa hari di  antara lembaran-lembaran bulu. Tapi, bisa jadi perubahan tadi (yang kesannya jadi bertambah ukuran) merupakan efek terkena tekanan (terhimpit kertas). 

Itu tadi 5 kebohongan jaman kecil yang meninggalkan kenangan banget. Yakin, anak-anak jaman sekarang nggak punya moment se "aneh" jaman emaknya😀 Klo kamu pribadi, punyakah juga cerita serupa?

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Hahaha...duduk di bantal bisa bisulan pantatnya. Tangan dikepal kencang, muncul tanda biru. Itu katanya jumlah anak di masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh....ho oh.. Sik tangan dikepal itu ngalami juga...jaman SD😀 sama klo janji pake kata "nas...wani ndase kuwalik?" 😀

      Hapus
  2. Hahahhaah yg buntut ayam aku sukaaaa loooh. Walopun mama udh bilang ntr JD pelupa :p. Kayaknya itu memang trik mama supaya aku ga ambil brutunya :p

    Ada lagi mbaaa, makan kelapa parut ntr cacingan. Mungkin itu yg bikin aku sampe skr ga suka kue2 yg dibalut kelapa.

    Trus duduk dibantal bisa bisulan. Anak gadis duduk depan pintu ntr ga ada jodoh

    Hahahahha banyaak sih. Kebanyakan lupa. Tapi kalo diinget, aku gampang percaya juga dulu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelapa parut...iya...di sini ada juga. Duduk di bantal bisa bisulan, trus ga boleh duduk di tengah pintu...

      Sebenarnya klo dipikir2 ada hubungannya dengan norma kesopanan ya mba. Cuma mungkin cara ngajarinnya yang harus dibeneri..soalnya jadi bikin takut...ha..ha

      Hapus
  3. yang minta uang pada pesawat itu emang kok ya ampun
    aku jadi geli kalau ingat
    tiap pesawat lewat teriak2 ga jelas hahahha

    sama yang biji bisa numbuh hahahha kok bisa ya

    aku dulu juga termakan hoaks kalau mobil jeep itu mobil pencilik
    alhasil pas ada tetangga baru yang pindahan dan dia datang ke rumahku, otomatis dong aku teriak dia penculik

    hahahhahah jadi ngakak kalau ingat

    BalasHapus
  4. Klo aku jaman kecil ditakuti sama yang namanya truk duyung, truk yang bakal nyulik anak2 untuk dijadikan tumbal pembuatan jembatan... Ha..ha

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email