Mengenal Ukuran KTP di Berbagai Belahan Dunia

7 komentar

 

KTP indonesia

Coba deh buka dompet. Ada KTP di sana kan?  Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa disingkat KTP adalah kartu identitas yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun ke atas, sementara untuk anak-anak, kita punya juga Kartu Identitas Anak. 

Seiring perkembangan jaman, kartu identitas yang dulunya hanya terbuat dari lapisan kertas dan plastik, kini dikembangkan menjadi KTP berbasis elektronik atau yang dikenal e-KTP. Untuk berbagai keperluan, terkadang seseorang membutuhkan ukuran KTP sesuai standar.

Nah, untuk menyeragamkan semua bentuk KTP, maka percetakan yang membuat KTP harus mengetahui ukuran standar yang dianjurkan oleh pemerintah.

Ngobrolin dari segi ukuran,  ukuran KTP di Indonesia sudah menggunakan ISO (International Organization for Standardization) sehingga tidak jauh berbeda dengan KTP yang digunakan di belahan dunia internasional. 

Ukuran KTP di Indonesia 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa KTP di Indonesia sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni KTP biasa dan KTP elektronik, yang keduanya memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Yang berlaku saat ini, tentu saja jenis KTP elektronik.

Apabila anda ingin memanfaatkan dari dua jenis KTP tersebut guna kepentingan tertentu, kali ini akan menjelaskan detailnya sebagai berikut :

Jenis KTP Elektronik dan KTP Biasa

Ukuran dalam inci : 2,12 x 3,38   2,12 x 3,38

Ukuran dalam cm : 8,56 x 5,39  9 x 5 cm

Ukuran dalam mm : 85,60 x 53,98  86 x 54

ID Card

Apabila ingin menggunakan ukuran KTP guna membuat kartu identitas lainnya, maka ukuran tersebut harus diterapkan pada PC yang anda miliki. Pasalnya, jika terjadi sedikit kesalahan bisa membuatnya berbeda dengan ukuran asli, sehingga tampilan KTP asli yang dicetak melalui komputer pun akan tidak maksimal. 

Ukuran Standar KTP di Dunia

Sebagai kartu identitas yang sifatnya formal/resmi, maka KTP ini tidak boleh dibuat dengan sembarangan, baik dari segi desain hingga ukuran detailnya, begitupun dengan KTP yang digunakan di seluruh penjuru dunia. 

Semua negara di dunia tentunya menggunakan standar internasional yang dikeluarkan secara resmi oleh ISO. ISO sendiri mengeluarkan 4 kategori ukuran kartu, yakni ID-000, ID-3, ID-2, dan ID-1. 

Berikut ini beberapa ukuran KTP di beberapa negara :

8.9 cm x 5.1 cm

Ukuran yang satu ini sering dimanfaatkan oleh negara seperti Kanada dan Amerika Serikat sebagai kartu identitas atau sebagai ukuran ID card lainnya. Hal ini dilakukan untuk menyeragamkan antara kartu yang satu dengan lainnya. 

8.5 cm x 5.5 cm

Beberapa negara di Eropa seperti Prancis, Spanyol, Italia, dan Inggris menggunakan ukuran ini sebagai standar kartu identitas termasuk kartu kewarnegaraan. 

9 cm x 5 cm

Ceko dan Hungaria merupakan negara yang menggunakan ukuran KTP ini. Ukuran kartu ini terbilang cukup besar dibandingkan dengan kartu identitas di negara lainnya.  

8.9 cm x 5.1 cm

Ini merupakan ukuran standar yang menjadi tolak ukuran kartu di Belanda untuk menyamakan beberapa kartu idenitas tertentu di wilayahnya.

9.0 cm x 5.5 cm

Sejumlah negara menggunakan ukuran ini seperti sebagian besar wilayah asia, India, Vietnam, New Zealand, Norwegia, Asutralia, dan Colombia. 

9.0 cm x 5.4 cm

Negara dengan ukuran KTP ini didominasi oleh negara Asia, seperti Singapura, China, dan Hongkong.

9.1 cm x 5.5 cm

Ukuran ini merupakan ukuran KTP yang paling besar. Jepang merupakan salah negara yang menggunakan ukuran ini sebagai kartu identitasnya. 



Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Berarti ukuran KTP kita masih masuk standard lah ya mbak Sulis.

    BalasHapus
  2. Ya ampun. Ga pernah kepikiran soal ini. Thanks for sharing

    BalasHapus
  3. KTP di sini termasuk standar
    dan awet si menurutku
    cuma sayang belum bisa dibuat all in one
    mayan kalau sekalian buat naik angkutan umum atau hal lain

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu loh, kalo ukuran ID sedunia aja pake ukuran tertentu.

    Untuk ID Indonesia ukuran nya udh LBH kecil drpd KTP zaman dulu yg msh dilaminating :D. Kalo yg itu sudah banget masuk dompet, gede soalnya :D. Yg skr kan enak, masuk dompet kartu juga cukup :)

    BalasHapus

  5. Oh, ternyata ktp punya ukuran terstandar ya. Terima kasih informasinya, Mbak. Selamat malam. Salam sehat selalu.

    BalasHapus
  6. Wih, ternyata ada aturan ukuran kartu, ya. Baru tau.

    BalasHapus
  7. Keren nih entrinya.
    Selama ini aku ngga kepikiran perbedaan ukuran kartu identitas dari berbagai negara.

    E-ktp negara kita cukuo bagus, cuma sayangnya fotonya kelihatan masih asal jepret.
    Diatur dulu gitu posenya buar lebih apik ..., halaaah .. mau buat identitas diri atau mau buat foto mejeng portfolio fotomodel, wwkkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email