Tanya Veronika Asisten Virtual untuk Tahu Beragam Informasi Telkomsel

“Telkomsel, Veronica. Anda terhubung ke Mailbox 08122950XXX...” Sebelum si Veronica selesai ngomong, biasanya saya sudah langsung mematikan sambungan. Adegan berikutnya bisa ditebak, mengecek sisa pulsa, dan wajahpun bisa tiba-tiba cemberut. Yup, saya adalah pengguna ponsel yang pernah ngalami fase duit cekak tunapulsa. Kehilangan rupiah gara-gara tersambung dengan  mailbox adalah sesuatu yang menyedihkan. Tapi itu duluuu..   Toh sekarang si Veronica sudah berubah menjadi  Asisten Virtual Telkomsel dan sudah tidak suka "memakan" pulsa.

Diawal kehadirannya Veronika bernama Veronica,  (Voice Response and Info Care).  Sesuai dengan namanya, peran utamanya kala itu adalah sebagai mesin penjawab otomatis ketika sebuah nomor sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan area. Selain itu Veronica juga bertugas memberikan informasi seputar produk telkomsel.

 Layanan ini sempat menghilang beberapa waktu, dan saat semua layanan komunikasi sudah menggunakan layanan instant message, maka Veronikapun hadir melalui berbagai platform pesan instant.

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

tanya veronika asisten virtual


Veronica , kini lahir kembali  dalam bentuk chatbot; sebuah layanan obrolan robot virtual yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Kalau dahulu keberadaannya cenderung dihindari, sekarang Veronika (dengan huruf ‘k’) datang untuk memberikan bantuan kepada pelanggan, dalam bentuk Layanan Virtual Assistant (Veronika).  Dikelola oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Veronika   diperuntukkan bagi pelanggan yang membutuhkan beragam infomasi seputar layanan Telkomsel melalui aplikasi Virtual Assistant. 

Banyak yang bisa “diselesaikan” dengan Virtual Assistant ini, seperti situasi ketika customer membutuhkan informasi tentang produk-produk Telkomsel, Pembelian pulsa, berlangganan paket, Informasi PUK, membayar tagihan, cara upgrade SIM Card, dan beberapa informasi lainnya. 

Dengan Layanan Virtual Assistant (Veronika) Telkomsel, pelanggan dapat mendapatkan informasi Top FAQ produk telkomsel, pengecekan profil pelanggan, informasi produk dan pembelian dan juga promo terbaru produk Telkomsel

Saat ini Veronika bisa diakses melalui beberapa platform pesan seperti Whatsapp, LINE, Facebook Messenger, Telegram, maupun melalui official website.  Layanan ini jelas sangat membantu ketika tiba-tiba kuota habis disaat dibutuhkan, atau simcard error sementara kita masih buta dimana kantor Grapari berada.

Seluruh pelanggan Telkomsel dapat mengakses Asisten Virtual Telkomsel melalui, 7x 24 jam non stop, kapanpun dan dimanapun, tanpa biaya. Enak ya!

  • LINE @Telkomsel
  • Facebook Messenger ‘Telkomsel’
  • Telegram @Telkomsel_official_bot
  • Situs www.telkomsel.com
  • WhatsApp Telkomsel Virtual Asisten
  • Aplikasi My Telkomsel

Baca juga : 6 Pilihan Paket Internet Telkomsel untuk Berbagai Tipe Smartphone

Cara Bertanya dan  Memulai  Obrolan dengan Virtual Assistant Telkomsel

Sama seperti saat kita menyapa manusia, sapalah Veronika dengan “Hai”, “Halo” atau pilih menu “Quick Response” yang telah disediakan.  Setelahnya Veronika akan menawarkan  bantuan, bertanya  apa yang bisa ia lakukan, dan teman-teman tinggal mengetikkan pesan sesuai informasi/layanan yang dikehendaki. 

Untuk mengganti atau mengakhiri topik percakapan, teman-teman tinggal mengetik batal atau cancel .

Meskipun mengobrol dengan mesin, namun tetap ada sopan-santun/ tata tertib yang mesti ditaati. Artinya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku seperti:

  1. Dilarang memakai bahasa kasar, berbau pornografi / vulgar, atau tidak etis;
  2. Tidak boleh merusak nama baik, mengancam, menghina atau melecehkan orang/badan hukum lain;
  3. Tidak boleh Melakukan spamming kepada layanan Virtual Assistant Telkomsel;
  4. Dilarang mengeluarkan pernyataan yang memicu konfilk antar suku, ras, dan agama;
  5. Dilarang melakukan pelanggaran keamanan layanan Virtual Assistant Telkomsel;
  6. Tidak boleh mengirimkan gambar, video, audio, link tautan dan/atau dokumen tanpa seizin pemegang hak kekayaan intelektual yang bersangkutan;
  7. Tidak diperkenankan mengirimkan gambar, video, audio, link atau dokumen yang termasuk dalam kategori pornografi;
  8. Tidak boleh melakukan ilegal akses ke dalam layanan Virtual Assistant Telkomsel;
  9. Dilarang memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain;
  10. Tidak boleh melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik indonesia.

Memang beruntung ya jadi pelanggan Telkomsel. Sudah jangkauan sinyalnya paling luas, punya asisten yang serba bisa macam Veronika Telkomsel  pula! 


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts