5 Produk Perawatan Tubuh ini Pernah Ngetop di Jamannya, Bagaimana Kabar Mereka Sekarang?

5 komentar

Ngobrolin tentang jaman dulu itu, kadang seru. Asal ngobrolnya sama yang seumuran sih...soalnya jadi nyambung. Ha..ha.  Nggak cuma tentang mainan anak-anak jadul, jajanan anak-anak jadul, tapi juga beberapa produk perawatan tubuh yang dulu pernah ada di eranya anak-anak 90-an.  Benda-benda yang sangat mungkin akrab dengan para orang tua, sanak-saudara, atau bahkan juga diaplikasikan ke kita juga.

Lalu sekarang, apakah barang-barang tadi masih ada di pasaran? Apa saja ya mereka? Yuk, kita nengok ke belakang...nostalgia 😀😀😀

Brisk minyak rambut

Brand minyak rambut berbentuk  cream ini sangat populer di jamannya. Apalagi menggunakan artis cakep sebagai bintang iklannya. Saya nggak tahu, apakah Brisk ini cream rambut khusus cowok, atau bisa juga digunakan para cewek, tapi yang jelas  dalam iklannya selalu menggunakan model cowok, salah satunya David Chalik. 

Minyak rambut brisk hair cream


Di rumah, dua kakak  saya dulu  selalu mengoleskan cream rambut ini setiap mau bepergian. Lalu apakah  minyak rambut Brisk ini sekarang masih ada? Ternyata masih. Saat ini Brisk dijual dengan brand sampo rambut Clear, tentunya dengan kemasan dan tampilan yang baru. Kesimpulannya, Brisk belum punah, beda dengan benda-benda jadul ini yang sekarang nggak pernah kelihatan lagi

Minyak Urang-Aring Botol Kaca


Minyak urang-aring jaman dulu
Image: tokopedia

Masih dari ranah minyak rambut, satu minyak yang dulu familiar pas saya kecil ya minyak rambut orang-aring ini. Favoritnya para emak-emak. Entah pada terpikat dengan khasiat urang-aring yang  bisa menghitamkan rambut atau gimana, tapi inilah  nutrisi rambut yang sering membuat anak-anak desa tampil dengan rambut klimis 🤭😀😂

Meskipun semakin jarang toko-toko yang menjualnya, ternyata sampai sekarang  minyak rambut urang-aring dalam botol kaca ini masih ada. Cuma sepertinya, sekarang kemasan yang digunakan sudah diganti dengan plastik atau bahan lain yang tidak mudah pecah.  

HomeSnow

Sst...Inilah pelembab wajah yang pertama saya kenal dan saya gunakan.  Saat SMP, usia dimana awal-awal mulai ngerti apa itu tebar pesona. Ha..ha

Merk pelembab ini sebenarnya Home Snow, tapi entah kenapa dulu kami menyebutnya hormon. Secara manfaat, saya nggak yakin apakah produk ini benar-benar mujarab untuk melembabkan kulit wajah, karena yang saya rasakan...kulit wajah saya justru terasa gerah setelah diaplikasikan. Lantas kenapa (waktu itu) tetap diteruskan? Karena pelembab wajah inilah yang secara harga paling ramah. 

Home snow
Image : Shopee

Sudah berganti kemasan, ternyata brand Home Snow ini masih ada sampai sekarang. Masih banyak nggak ya yang menggunakan?

Viva bedak tabur “Bagoran”

Image: Tokopedia

Bagor, dalam bahasa Jawa artinya karung. Predikat ini muncul karena bentuk kemasan bedak yang menyerupai karung/bagor. Melihat kuantitas produk dan juga harga pasaran, bisa jadi inilah bedak tabur paling murah sepanjang masa. Dari segi harga, bedak tabur hasil produksi Viva Cosmetics ini setau saya belum ada yang mengalahkan tingkat ekonomisnya. 

Saat saya kecil, bedak ini termasuk bedak sejuta umat dan bisa dibeli dengan mudah dimana saja. Nggak perlu malu, saya pun dulu pernah memakai bedak tabur jenis ini. 

Setelah sekian tahun berlalu, apakah bedak tabur Viva “bagoran” ini masih ada? 

Jawabannya, masih.  Coba iseng nyari di marketplace banyak kok yang jual. Tapi saya mengira, jumlah pemakai jenis bedak ini semakin hari semakin sedikit.

Minyak PPO

Pak Pung Oil, itulah kepanjangannya. Di era 90an, minyak ini dulunya identik dengan penangkal gejala masuk angin, sakit perut, dan juga meriang. Sebelum berbagai merk obat kimia beredar, minyak PPO ini andalan banget. Fungsinya mirip-mirip minyak tawon, botolnya kecil..tapi fungsinya banyak.

Iseng saya cek pada sebuah marketplace, Tapi kenapa ini saja yang saya temukan? Sepertinya ini beda dengan minyak PPO yang saya ingat dulu, cuma bentuk botolnya saja yang mirip.  

Apa minyak PPO jadul memang sudah tak lagi diproduksi ya?


Minyak PPO
Image: Tokopedia


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, sempat menjadi jurnalis di sebuah tv lokal, kini ingin kembali menekuni hobi tulis menulis, bisa dihubungi di raka.adhi@gmail.com, sulistiyowatitri98@ yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80@gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. dulu pas SD aku suka sisihin uang jajan buat beli brisk yang sachetan
    klo habis olahraga atau habis ngaji suka deh pakai itu
    tapi ada kakak kelas bilang jangan sering sering pakai brisk nanti gampang ubanan'akhire aku gapakai lagi mbak
    ya allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh, konon katanya gitu...jadi bisa lebih cepat ubanen..tapi nggak tau, bener apa tidaknya..

      Hapus
  2. Hahaha...jadul tenan. Brisk, dulu bapakku pakai. Pernah, ga sering. Hormon? Weleh, baru denger. Aku ngertinya dulu kelly cosmetic. Tapi belum pernah pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelly wadahnya merah... Itu pelembab juga ya mba? Blm pernah make aku mba. Jaman dulu itu yang keliatan berkelas klo ABG bisa mbeli merk belia atau puteri yaa...

      Hapus
  3. Minyak rambut Brisk jadi andalan saya untuk merapikan rambut. Padahal waktu itu saya masih anak SD. Haha.

    Minyak angin cap lang juga saya tahu, tapi karena beberapa kali dipakai oleh bapak saya.

    Apalagi ya produk perawatan yang menjadi trend saat itu tapi tak banyak lagi terdengar di masa kini? Kayaknya cuma dua barang itu yang sudah tidak saya pakai lagi sekarang.

    Sementara untuk sabun mandi, sampo, pasta gigi, saya masih bertahan dengan merek-merek yang saya pakai saat masih anak-anak. Cuma untuk sabun mandi, dulu sabun batangan, yang sering lepas dari tangan, jatuh ke lantai dan penyok ujungnya. Atau jadi ketempelan sesuatu yang ada di lantai kamar mandi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email