25 Oktober 2020

Mengenal Contoh Kalimat Bahasa Inggris

 Masih punya anggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu susah? Hmm.. masuk akal sih,  apalagi kebanyakan dari kita memang menggunakan bahasa daerah atau bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi sehari-hari. Tapi bagaimanapun, bahasa Inggris mesti kita pelajari karena ia bahasa internasional.


Bahasa Inggris lancar, maka duniapun dalam genggaman. Membaca buku tak lagi bergantung buku terjemahan, travelling ke luar negeri  tak lagi ada hambatan bahasa, dan yang paling simple nggak grogi keringetan saat jalan-jalan trus diajak ngobrol wisatawan asing :-D

Kursus bahasa Inggris


Mempelajari bahasa Inggris akan terlihat sedikit rumit apabila elemen penting dalam bahasa Inggris belum kita kuasai, misalnya mengenai tenses atau bentuk kata. Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa, masa lalu masa kini atau masa sekarang. 


Salah satu bentuk tenses yang kita kenal adalah  simple present tense. Simple present tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi saat ini (present) pada suatu spesifik waktu.  Karena terjadi pada waktu sekarang, maka kalimat simple present tense menggunakan kata kerja bentuk pertama (Verb 1) dalam susunan kalimatnya.  Seperti apa contoh kalimat simple present tense? Yuk baca artikel ini sampai akhir ya.


Enam contoh kalimat simple present tense :

1. She comes to library everyday after school 

- Dia datang ke perpustakaan setiap hari seusai sekolah

2. My office mates always go to have a drink after work

- Rekan kerja saya selalu pergi minum-minum seusai pulang kerja

3. That class always starts at 7 o’clock and  finishes at 9 o’clock

- Kelas itu selalu dimulai pada pukul 7 dan selesai pada pukul 9

4. Caca needs to assist her mom to the hospital everytime

- Caca perlu mendampingi ibunya ke rumah sakit setiap kali

5. Riani receives a suprise from her husband every valentine’s day

- Karin mendapatkan kejutan dari suaminya setiap hari kasih saying

6. I always be the first to arrive in the gathering

- Saya selalu menjadi yang pertama hadir di pertemuan itu


Nah, itu adalah contoh dari kalimat simple present tense yang sengaja dibuat untuk menggambarkan tujuan penggunaannya.


Kunci dalam memperlancar bahasa Inggris adalah sering menggunakannya, berlatih berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan kalau memang memungkinkan kamu juga bisa mengambil kursus bahasa Inggris online ataupun offline. Tentu saja ini bertujuan agar kamu Supaya kamu terus meningkatkan skill bahasa Inggrismu, karena biasanya banyak orang kesulitan mencari partner yang bisa diajak berbicara menggunakan bahasa Inggris. 


Dengan tergabung pada sebuah lembaga pelatihan/ mengikuti  kursus, maka kesempatan kamu untuk bisa berinteraksi dengan para pengajar akan lebih baik. Hampir semua lembaga kursus memiliki native speaker, dan   menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas/saat mengajar. Dengan mengikuti kursus atau pelatihan, maka diharapkan kamu semakin lancar baik itu reading, writing, dan juga speaking. 


2 komentar:

  1. Simple present tense! Yang paling kusuka, soale gampang, hihihi...

    BalasHapus
  2. Cara terbaik buat lancar berbahasa asing menurutku adalah sering barlatih. Soalnya kalo nggak dilatih, bisa-bisa kaku.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

 
Top