14 April 2020

Resep Bikin Cilok Mudah, Tanpa Ribet dan Dijamin Enak!

Resep-membuat-cilok

Setelah sekian lama label resep nggak pernah ke isi, gara-gara Covid -19 punya blogpost baru yang ngobrolin resep makanan deh. Eit..tunggu, sebelum saya diprotes  pembaca karena sok-sok an jago masak, tak jelasin dulu. 

Kenal sama cilok kan? Meskipun aslinya berasal dari Jawa Barat, tapi jajanan tradisional ini bisa dikatakan telah menjadi jajanan semua orang. Nggak hanya di Jawa Barat, nggak cuma anak-anak sekolah. Di Jogja dan daerah-daerah lainnya pun,  banyak orang dewasa  yang jadi fans nya cilok. Hayo ngaku...!😀

Jadi ada suatu hari, dimana meskipun #DirumahAja tetapi saya tetap bisa ngobrol dengan banyak teman, nggak lain dan nggak bukan melalui WA grup. Mulai dari kebijakan pemerintah sampai hal-hal receh yang bener-bener receh, bisa jadi topik obrolan. Termasuk si cilok tadi, ealah..kok ya tiba-tiba acara jadi curhat trial and error saat masak cilok. 

“Aku tau bakulan cilok...ngene lho nggawe ne.. gampang. Sik butuh tutorial, nyimak” tulis seorang teman, Titi namanya

Saya, ikut nyimak tentunya. Pengin, bisa masak juga. Sudah dua eksekusi, dan hasilnya lumayan. Makanya berani njadiin bahan tulisan.

Resep Cilok Bebas Ribet

Masakan yang prosesnya masaknya ribet, nyari bahannya susah plus mahal...apalagi butuh alat masak yang neko-neko, pasti tak auto skip. Males! Wkk..wkk

Nah, kalau cilok ini dijamin siapapun bisa dan bahan-bahannya gampang di cari di warung sebelah rumah. Alat-alat masak yang dibutuhkan, juga pasti semua ada di dapur. Cuma butuh panci buat ngerebus sama alat kukus doang kok.

Pada dasarnya, bahan untuk cilok ini nggak begitu banyak yaitu

  • dua macam tepung, terigu dan tapioka dengan perbandingan 2:1
  • bumbu yang dihaluskan (bawang putih, garam, merica, kaldu jamur/kaldu ayam/kaldu sapi)
  • daging / ikan yang dihaluskan (bisa daging ayam, tetelan, ebi, atau ikan)
  • daun bawang yang diiris tipis
  • Air panas untuk mencampur adonan. 

Untuk ukurannya, sesuai selera dan maksimalin feeling ya. 

Intinya perbandingan tepung terigu sama tapioka 2:1. Misal tepung terigunya 2 gelas, berarti tapiokanya 1 gelas. Maklum, ga punya timbangan, jadi alat ukurnya memanfaatkan barang yang ada di dapur saja. Untuk bumbunya pun begitu, pake feeling...sesuai banyaknya bahan yang ada/tersedia.

Bahan-adonan-cilok
Dua macam tepung, bumbu, daging cincang dicampur...baru kemudian tambahkan sayuran. Pake air panas, dan tuang sedikit-sedikit ya..

Melibatkan anak-anak, minimal mereka punya kegiatan selama masa belajar dari rumah 

Proses dari tepung sampai menjadi cilok yag siap santap itu, ternyata nggak gitu ribet kok. Apalagi dikerjakan masa anak-anak #BelajarDariRumah seperti sekarang. Libatkan saja anak-anak, itung-itung biar mereka ikutan belajar masak.

Step By Step Memasak Cilok

Kalau blogger tekno pada mbikin tutorial menggunakan aplikasi, beauty blogger nulis panduan dandan biar terlihat cantik dan menarik, ijinkan blogger mamak-mamak rumahan ini menulis tutorial mbikin cilok..ha..ha😀😀
  • Campur dua jenis tepung, bumbu yang sudah dihaluskan, plus daging cincang (bisa ayam/udang/ebi/ikan) dengan air panas secukupnya. Secukupnya saja ya, tidak terlalu kering, tapi tidak terlalu basah. Kalau terlalu kering, resikonya ambyar sepertinya..dan klo terlalu basah, susah pas waktu  membentuk bulatan.
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daging/ikan/ebi), dan juga potongan sayuran
  • Campur adonan sampai kalis
  • Bentuk bulat-bulat 

Memasak Cilok

Tampilan cilok yang baru saja direbus. Biar matangnya sempurna, setelah direbus...lantas dikukus

Kebayang kan rasanya cilok? Gurih, kenyal dan semakin menggoda saat disandingkan dengan bumbu kacang pedas. Untuk bumbu, paling praktis adalah dengan menggunakan bumbu pecel yang sudah siap saji yang diencerkan plus saos tomat. 

Oke, balik ke cara memasak cilok. Pada prinsipnya...cilok melewati 2 tahap pemasakan, yaitu direbus dan dikukus. Kok 2x? Biar matangnya lebih sempurna tentu saja. Gak asyik kan, gunyah cilok yang terlihat matang di luar, tapi dalamnya masih kerasa tepung banget? Agar hasil masak ciloknya yahud, langkah-langkahnya seperti ini:

  • Didihkan air panas dalam panci, beri sedikit minyak goreng. Fungsinya? Agar para (bakal) cilok yang nantinya direbus tidak lengket satu sama lain.
  • Setelah air mendidih, masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat. Tunggu sekitar 10 menit atau sampai mengapung. Kalau sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  • Dengan 1x proses pemasakan, sebenarnya cilok sudah bisa dinikmati/sudah enak. Cuma, agar kematangan mserata dan lebih sempurna, setelah direbus, kemudian kukus cilok sekitar 20 menit. 
Sambil menunggu pengukusan ini selesai/matang, bisa lho kita nyiapin sambal buat pelengkapnya. Ada dua opsi sebenarnya, mau yang praktis atau mau yang bener-bener home made, tapi saya lebih cenderung  milih menggunakan sambel pecel siap saji. Selama ngukus, saya bisa tinggal mandi, atau mengerjakan pekerjaan lainnya.  

Setelah sekitar 20 menit, cilokpun siap dinikmati. Selamat mencoba!

7 komentar:

  1. Wuih ..., ternyata bahan dan cara pembuatan cilok mudah..

    Tapi ngga tau juga, nih kalo aku yang mraktekin langsung berhasil ngga ya 🤔🤭

    BalasHapus
  2. Ternyata cara bikinnya nggak terlalu sulit ya Mbak
    Jadi pengen nyoba bikin juga, laper soalnya liat foto cilok malam-malam gini. 😁

    BalasHapus
  3. wah ciloknya ada campuran daun bawang.. jarang ditemuin di pedagang cilok haha

    BalasHapus
  4. mantap pula nih bikin cilok. saya penggemar cilok sejati...
    semenjak stay at home saya belum bisa menikmati cilok lagi.
    bisa gak ya saya bikin di rumah. coba dulu deh..

    BalasHapus
  5. Haduh, saya kok nggak pernah minat ya bikin cilok, minatnya langsung makan aja mba, wkwk..

    BalasHapus
  6. Cilok ini kesukaan Vani mbak, dan sudah beberapa kali praktek. Kayaknya resep cilok ini anti gagal yaa jadi semua orang bisa bikin.

    Memasak adalah salah satu cara mengisi waktu selama harus di rumah aja yaa. Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa beraktifitas seperti semula aamiin ....

    BalasHapus
  7. eits ternyata simpel ya

    ngerebusnya dikasih minyak goreng dikit ya

    sip sip

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.