16 Januari 2020

Redmi Note 8, Ponsel 2 Jutaan yang Asik Dijadiin Partneran

Review-redmi-note 8

”Kameramu keren lis...”
Sebuah pesan WA masuk dari Mbak Diah, si pemilik www.damarojat.com. Sebuah foto waduk berada persis di atas pesan tadi; komentar atas status yang saya unggah.

“ 😀 ...pake redmi ini mba..”

Jadi suatu siang saya memasang sebuah foto pemandangan alam di status WA. Saya seneng aja lihat fotonya, seger! Pesan yang ingin saya sampaikan adalah, biar yang ngintip status saya ikut merasakan kesegaran suasana dari tempat yang saya ambil fotonya. Atau kalau nggak, biar yang lagi butuh referensi  tempat yang view alamnya seger, bisa jadi terbantu.

Ternyata salah satu komentar yang masuk justru mengomentari kameranya, bukan fotonya...bha..ha..ha

Kamera-redmi-note-8
4 kamera yang bikin jatuh hati

Saya memang belum cerita  ke mbak Diah kalau ponsel saya ganti,  tapi ternyata teman saya tadi bisa ngerasa kalau hasil  foto saya berbeda. Tapi memang bener sih, jaman sekarang kamera itu bisa jadi semacam kunci.

Pengalaman Setelah Menggunakan Redmi Note 8

Bukan tanpa alasan juga saya ganti ponsel. Ada cerita tidak mengenakkan dengan ponsel saya yang lama. Pernah pas butuh untuk ngeliput sebuah event, tiba-tiba dia panas dan hang.  Kejadian itu jadi semacam momok...khawatir kalau pas bener-bener butuh, tiba-tiba ponsel saya kambuh.

Setelah tertunda beberapa lama, karena alasan masih sayang akhirnya akhir tahun kemarin saya membulatkan tekat untuk memberi kesempatan ponsel lama untuk beristirahat. 

Sering menggunakan medsos, suka ambil gambar entah itu foto maupun video, dan lebih sering akses dashboard blogger melalui ponsel, maka saya butuh ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni.

Saya butuh “ruangan” yang lega untuk banyak menyimpan data, prosesor yang cepat dan pinter untuk multitasking, dan juga kamera yang bisa ngambil gambar bagus meskipun pencahayaan minim.

Yang  lebih penting lagi, budget yang saya miliki cukup.

Dan untungnya, semua syarat dipenuhi Redmi Note 8, salah satu ponsel keluaran Xiaomi yang dilaunching di Jakarta 17 Oktober 2019 silam.

Spesifikasi Redmi Note 8

  • Dari segi ukuran, Redmi Note 8 berukuran 6,3 inch dengan resolusi 1080x2340 piksel dan rasio aspek 19, 5:9
  • Layar depan dan belakang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass, jadi saya nggak perlu lagi membeli anti gores tambahan.
  • Kamera utama berresolusi 48MP, dan kamera depan 13 MP. Faktor kamera ini yang membuat saya jatuh hati. Ada 4 kamera di bagian belakang yaitu kamera utama, ultra wide kamera (8MP), depth sensor (2MP) dan kamera makro (2MP)
  • Untuk dapur pacu, Redmi Note 8 mengandalkan Snapdragon 665 dengan pengolah grafis Adreno 610 dengan RAM dan Storage yang tersedia dalam beberapa tipe mulai dari RAM 3/32 sampai 6/128. Saya ambil yang tengah, RAM  4GB dan storage 64 GB. Harganya? 2,299 juta. Waktu itu hitungannya murah dengan melihat spesifikasi yang seperti itu. Nggak tahu kalau harga sekarang..
  • Ada 3 pilihan warna, biru, hitam, dan putih dan saya milih biru..warna favorit
Ini pertama kalinya saya menambatkan pilihan pada Xiaomi. Meski begitu, di rumah Pak Suami termasuk pengguna Xiaomi yang setia, mulai jaman redmi 2, redmi 5A dan semuanya masih ada di rumah dengan kondisi yang masih bisa difungsikan. Inilah yang kemudian membawa saya ke kesimpulan awal bahwa meskipun dibandrol dengan harga terjangkau, tapi dia awet.

Baca Juga : Tiga Hal Pokok Ini Mesti Saya Ingat Saat Membeli Ponsel

Selain itu, saya ngerasa foto-foto dari kamera ponsel Xiaomi ini lebih enak dilihat. Warna-warnanya lebih riil dan natural.

Hasil-jepretan-kamera-redmi-note-8
Hasil jepretan menggunakan kamera belakang

Kamera-redmi-note-8
Kamera belakang, kondisi minim cahaya

Hasil-kamera-macro-redmi-note 8
Hasil dari kamera makro Redmi Note 8
Satu bulan terlewati, dan saya merasa bahwa saya nggak salah pilih.

Dari sisi multtitasking, ya jelaslah ni ponsel nyaman banget ketika saya mesti beberapa task dalam satu waktu.

Dari sisi foto, meskipun ilmu fotografi saya bisa dibilang nol, bahkan kalau ngambil foto sering nggak fokus, tapi belakangan saya ngerasa hasilnya lebih enak untuk dilihat.

Buat ngambil videopun, hasilnya jauh terlihat lebih stabil, meskipun saya ngambil gambar tanpa alat tambahan (gimbal). Ini video pertama yang saya buat dengan Redmi Note 8...mbikinnya sekedar sambil jalan doang😀



Untuk batere, saya acungi 2 jempol. Cepat ngecharge nya, tapi awet nggak habis-habis. Isi 100% di pagi hari, bersisa sekitar 20% di waktu maghrib. Jam anak-anak belajar, biasanya saya matikan ponsel sekalian nge-charge.

Dari pabriknya Redmi Note 8 dibekali baterai jenis Li-Po berkapasitas 4000 mAH dan sudah support teknologi pengisian cepat. Sebulan lebih saya megang ponsel ini, sama sekali nggak kerasa ada anget-anget atau panas pada bagian baterai, meskipun saya pake seharian.

Ada yang lagi nyari ponsel harga terjangkau namun spek memukau? Redmi Note ini pantas jadi bahan pertimbangan kok. Saya mbeli dan nggak menyesal sama sekali, soalnya ni ponsel  asik dipake gaya dan juga kerja. Nice partner lah pokoknya!

Postingan serupa : 5 Aksesoris Smartphone yang Terlihat Sepele, Tapi Gede Manfaatnya


6 komentar:

  1. Wahahaha...tapi bener hasilnya resik, jernih gitu lis.

    Jebul redmi8 to. Pantesan ada foto makro segala.

    Kameranya belakang ada 4. Wiz...mantaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh mba, hasilnya sesuai ekspektasi yen ini...mugo2 ae iki awet mba..

      Hapus
  2. Lagi tertarik sama xiaomi diriku.. Suka juga sama merk yg saya pakai sekarang, tapi kalau mai speknya tinggi ya harganya lebih mahal.. Hoho.. Keknya berikutnya bakal ke Xiaomi deh pilihannya.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ini terjangkau juga sih mba, buat isi dompet aku.. semoga aja bisa awet ni ponsel mba

      Hapus
  3. ponsel redmi note 8 ini cocok gak ya buat selfie? apakah hasilnya bisa memberikan efek beauty?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba, ada fitur untuk mempercantik (ada bbrp opsi, disesuaikan dengan obyek, misal apakah makanan, pemandangan, atau manusia)

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.