Cari Blog Ini

6 November 2019

# Perlu Tahu

Tak Hanya Sebagai Bahan Minuman, Berikut Manfaat Teh yang Mungkin Belum Banyak Diketahui Orang


“Nanti  nikahnya adat siapa ya?”
“ Ya adat saya..”
“Nggak bisa, adat saya...!”
(Monggo tehnya....)
“Mau adat siapapun, yang penting mesra...”


Familiar kan sama potongan dialog iklan TV diatas? Ajaib ya, kondisi dua keluarga  yang awalnya cenderung memanas, tiba-tiba menjadi redup dan dingin kembali, karena secangkir teh.


Terlepas dari bahasa iklan yang seringkali hiperbolis, tapi  patut diketahui bahwa banyak literature mengungkapkan bahwa manfaat teh memang tak boleh dipandang mata. Itu juga kenapa minum teh telah menjadi semacam tradisi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak negara lainnya. 

Tradisi Minum Teh di Indonesia

Kalau Jepang punya Sadou; upacara minum teh di kalangan bangsawan, atau Afternoon Tea ala Negara Inggris, Indonesia pun juga punya tradisi minum tehnya sendiri. Memang, awalnya teh pernah hanya menjadi milik bangsawan, tapi lama kelamaan tradisi minum teh menjadi milik semua strata,menyebar ke berbagai daerah dan bersifat turun-temurun. Apalagi, negara kita termasuk salah satu penghasil teh terbanyak dan terbesar di dunia.


Di daerah Tegal, Brebes, Slawi dan Cirebon kita mengenal tradisi ngeteh Poci,kemudian ada Nyahi di Betawi, dan juga Patehan di Keraton Yogyakarta. Masing-masing tradisi minum teh ini mempunyai ciri dan kenikan masing-masing namun secara garis besar bisa ditarik benang merah bahwa dalam perkembangannya, setiap daerah punya ciri masing-masing dalam menikmati minuman teh.

Faktanya, sampai saat ini teh disebut sebagai minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Teh merupakan satu-satunya minuman yang meagandung L-Theanine dan asam amino alami. L-Theanine sendiri berfungsi sebagai gelombang alpha dalam otak yang dihubungkan dengan kondisi santai namun masih sadar.


Saya ingat, saat saya kecil satu hal yang pertama terhidang di meja  di pagi hari selepas sholat Subuh adalah seduhan teh. Bapak selalu mengawali pagi dengan segelas teh tubruk (teh yang diseduh lantas diminum tanpa disaring) buatan ibu. Demikian pula di keluarga suami; segelas teh di pagi hari bisa disebut sebagai rutinitas.

Keluarga kami sendiri? Meski tidak setiap hari menikmati teh, namun teh menjadi benda yang  selalu ada di dapur. Saat njajan di luarpun, paling sering menjadikan teh sebagai pasangan  menu makanan yang dipesan.

Secara fungsi, paling sering memanfaatkan teh sebagai campuran/bahan minuman. Tapi pernah juga menggunakan teh ini sebagai penganti obat kimia, karena ternyata teh punya beragam manfaat lainnya.

Manfaat Teh Selain Sebagai Bahan Minuman

Percaya nggak percaya, secara turun temurun teh juga dipercaya sebagai salah satu obat tradisional. Saat salah satu anggota keluarga mengalami keluhan di bagian perut, mulas atau diare misalnya, maka berkali-kali saya menjadikakan teh sebagai peringan gangguan perut/ sebagai obat dalam tahap pertama. Cukup meminum teh kental tanpa gula, dan bisa dilihat hasilnya. Tapi misal keluhan tak kunjung mereda, tetap kunjungi petugas kesehatan ya.



Selain penyegar kerongkongan, penolong saat perut berasa ada yang tidak beres, ada pula manfaat daun teh/teh yang patut diketahui, misalnya:
  • Teh bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau. Cukup letakkan sejumput teh kering dalam lemari es, maka bau di dalam kulkas akan dinetralisir oleh teh tadi.
  • Teh bisa dimanfaatkan untuk menambah rasa pada makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Caranya? Cukup taburkan daun teh kering di atas arang sebelum memanggang.
  • Bagi yang terbiasa begadang,  lingkaran hitam pada mata atau mata panda sering menjadi masalah yang sering melanda. Solusi murah dan cukup efektif adalah kompres mata lelah dengan kantung (bekas) teh celup. Rasakan dingin dan segarnya. Mengkompres mata dengan kantung teh ini, juga bisa dilakukan untuk meringankan mata yang sembab/bengkak
  • Sebagai kompres saat kulit terpapar sinar matahari dengan intensitas cukup lama
  • Kandungan astringer pada teh, bisa dimanfaatkan sebagai pengganti toner untuk wajah. Oleskan kantong teh ke seluruh wajah, bersihkan dengan handuk, dan rasakan kandungan minyak diwajahmu bakalan jauh berkurang.

Teh; sedemikian mudah didapatkan, namun banyak sekali manfaat  yang bisa dirasakan manusia. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi teh yang benar? Secukupnya, karena terlalu banyak kandungan teh dalam tubuhpun saya yakin tidak akan bagus untuk  kesehatan. 

4 komentar:

  1. Teh memang banyak sekali ya Mbak manfaatnya, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaar sekali ini Mbak.

    BalasHapus
  3. Saya juga suka banget Mbak minum teh hangat di pagi hari selepas bangun tidur.

    BalasHapus
  4. Teh memang bagus banget untuk kesehatan kulit kita ya Mbak, saya juga biasanya menggunakan teh sebagai masker.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates