Cari Blog Ini

22 April 2019

# Perlu Tahu

4 Tips Kecantikan Dengan Menggunakan Bunga Mawar



Rose atau kita mengenalnya sebagai bunga mawar, bisa jadi bunga yang sangat familiar bagi kita. Tanaman semak ini banyak dan bisa tumbuh dengan baik di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama daerah yang berhawa sejuk.  

Mahkota bunga mawar yang terkenal cantik, banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama  sebagai penghias ruangan, dan juga buket. Wangi mawarpun, banyak dimanfaatkan untuk banyak keperluan. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata dibalik aromanya yang sangat harum itu, bunga mawar menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan Vitamin C dan Vitamin E yang ada didalam bunga  baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan juga kuku. Hingga dalam perkembnagan selanjutnya, bunga mawar  bisa diolah menjadi berbagai macam produk kecantikan  seperti air mawar, lip scrub, masker wajah, minyak esensial, hingga teh. 

Bahkan yang mungkin belum banyak orang tahu, sejatinya bunga mawar ini sebenarnya bisa dijadikakn salah satu campuran bahan pangan. Saya pernah nemu sirup berasa/ beraroma mawar. Meski agak aneh untuk lidah saya, tapi faktanya diproduksi secara massal. Berarti, ada yang suka juga kan? Selain itu sari dari bunga mawar juga bisa dijadikan bahan campuran untuk salad, infused water, atau juga diolah menjadi selai.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan Bunga mawar ini untuk kecantikan? Berikut 4 tips kecantikan dengan menggunakan bunga mawar diantaranya yaitu : 

1. Air Mawar 
Dengan menggunakan air mawar ini maka akan dapat membantu untuk mengurangi terjadinya iritasi kulit, jerawat, dan juga ruam kemerahan. Hal tersebut dikarenakan air mawar memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mempertahankan keseimbangan pH kulit dan pembengkakan juga akan dapat berkurang. Caranya adalah :
a) Bahan :
  • Siapkan mahkota Bunga mawar organic segar sebanyak 1 genggam.
  • Air suling sebanyak 500 ml.
b) Cara membuatnya :
  • Rebus air terlebih dahulu lalu masukkan kedalamnya segenggam mahkota mawar segar. Dan biarkan hingga dingin.
  • Kemudian panci diangkat dan air mawarnya didinginkan. Setelah beberapa jam, air mawar tersebut dimasukkan kedalam lemari es selama 24 jam. Tutup pancinya jangan dibuka dan biarkan wadah air mawar tersebut tetap tertutup. 
  • Setelah air mawarnya dingin, mahkota mawar tersebut disaring lalu ekstraknya disimpan kedalam botol yang kedap udara. Supaya air mawar tersebut tetap segar maka simpan selalu di dalam lemari es.

2. Lip Scrub 
Mahkota bunga mawar juga bisa dijadikan sebagai bahan alami yang baik untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Terlebih yang sangat sensitif adalah pada bagian bibir. Berikut resep lip scrub dari Bunga mawar :
a) Bahan :
  • Siapkan gula pasir yang berbutir halus sebanyak 1 sdm.
  • Madu sebanyak 1 sdt.
  • Mahkota bunga mawar sebanyak 5 hingga 10 lembar lalu keringkan.
b) Cara membuat : 
Mahkota bunga mawar yang kering dihaluskan dengan menggunakan peralatan yang steril, lalu campurkan dengan madu dan gula pasir. 
Kemudian campuran lip scrub tersebut diambil sedikit saja lalu gosokkan pada area bibir secara lembut. Kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.


3. Minyak Mawar 
Kamu juga bisa mengolah ekstrak bunga mawar menjadi minyak esensial. Jika kamu menghirupnya maka aromanya itu dapat menenangkan dan membantu mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Sedangkan dengan mengoleskan minyak esensial mawar secara langsung pada kulit maka bisa melembapkan, menyembuhkan jerawat, memperlambat penuaan, memudarkan bekas luka, dan juga dapat menenangkan kulit yang mengalami eczema atau rosacea.  Minyak mawar juga bisa kamu manfaatkan sebagai campuran masker ataupun facial oil. Atau juga bisa dengan meneteskannya pada air hangat lalu gunakan untuk facial steam.

4. Sabun Alami
Selain ketiga bahan kecantikan alami tadi, aroma bunga mawar yang harum dan segar dapat menenangkan kulit yang lelah. Dan jika minyak mawar atau mahkota mawar segar ini dicampurkan dengan air hangat maka bisa kamu gunakan sebagai air rendaman kaki. Dengan menggunakan foot soap dari bahan bahan alami ini maka akan menjadikan kaki lebih rileks, harum, dan juga lembut. 



Sumber : PopMama

1 komentar:

  1. Enak baunya mawar itu. Sayangnya aku belum pernah berhasil nandur mawar.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates