Cari Blog Ini

26 Maret 2019

# Jalan-jalan # Sponsored Post

Mengenal Keindahan Wisata Alam Air Terjun Dolo Kediri


Di Jawa Timur banyak destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal ini karena Jawa Timur memiliki kekayaan alam dan budaya. Banyak yang tidak mengetahui sebenarnya masih banyak daerah wisata yang perlu dikembangkan. Salah satunya di Kediri, daerah yang terkenal dengan Kota Tahu ini memiliki wisata alam air terjun alami, yaitu Air Terjun Dolo
Wisata-alam-kediri
Air Terjun Dolo, image: @explorekediriraya


Suasana yang disuguhkan Air Terjun Dolo sangat sejuk dan segar. Dipadu dengan pesona alam yang indah dengan pemandangan pohon pinus yang mengelilingi lokasi air terjun. 

Lokasi Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo terletak di Dusun Besuki, Kecamatan Mojo tepatnya di lereng Gunung Wilis. Sebaiknya mengunjungi tempat ini saat pagi atau siang karena menjelang sore terutama saat cuaca buruk tempat ini tertutup oleh kabut tebal. Lokasi Air Terjun Dolo berdekatan dengan Air Terjun Irenggolo.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Dolo
Untuk menuju lokasi air terjun dolo dapat ditempuh dengan dua rute, yaitu:
1. Melalui Pasar Muning
Pasar Muning → Kecamatan Mojo → Besuki → Air Terjun Dolo
2. Melalui Puhsarang
Terminal Taman Kota Kediri → Puhsarang → Pertigaan Kedak → Besuki → Air Terjun Dolo

Nah bagaimana kalau datang dari luar kediri? Tentu saja harus ke kediri terlebih dahulu. Gunakan promo tiket kereta api yang biasanya dijual dengan harga murah biar transportasinya makin terjangkau. 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dolo
Memasuki area Air Terjun Dolo sangat terjangkau hanya dikenai biaya Rp. 3000,00 ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Namun, untuk menuju lokasi masih harus berjalan sejauh 500 m dari tempat parkir. Air Terjun Dolo berada dibawah jadi menuruni tangga untuk sampai disana. Memang cukup menguras tenaga, tapi tidak perlu khawatir karena tangga sudah direnovasi sehingga nyaman untuk digunakan.

Sejarah Air Terjun Dolo


Sejarah-air-terjun-dolo
Image: @ini.kediriku.mana.kedirimu

Sejarah dari Air Terjun Dolo juga menarik bagi wisatawan. Menurut cerita legenda dari masyarakat setempat, dulu disebelah air terjun terdapat pohon yang sangat besar. Di atas pohon tersebut terdapat sebuah benda hitam yang menggantung. Menurut cerita benda ini kadang nampak dan kadang tidak nampak. Dari benda menggantung inilah asal usul nama Dolo digunakan sebagai nama air terjun ini. Dolo dalam bahasa jawa berarti gantung atau menggantung.

Fasilitas Air Terjun Dolo
Pihak pengelola Air Terjun Dolo memberi fasilitas penunjang untuk mengisi liburan, diantaranya:
1. Jogging Track
Jogging Track atau jalan yang dikusukan untuk lari pagi. Jalan ini dapat dimanfaatkan untuk olahraga joging. Suasana pagi hari di sekitar gunung yang sejuk membuat tubuh semakin semangat melakukan olahraga. 
2. Hiking Area
Penggemar olah raga pendakian dapat menggunakan Hiking Area di kawasan Air terjun Dolo. Pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan memukau selama perjalanan. Lokasi Air Terjun yang berdekatan dengan gunung sangat cocok untuk pecinta Hiking.
3. Taman Bermain
Bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga dan anak-anak. Tidak perlu khawatir anak-anak bosan berada ditempat ini karena Air Terjun Dolo menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Area playground dapat digunakan untuk si kecil mengisi kegiatan yang disukainya.
4. Area Perkemahan
Terdapat area perkemahan yang sangat luas di Air Terjun Dolo. Fasilitas yang satu ini sangat cocok untuk backpacker yang ingin bermalam. Selain itu, area ini dapat di sewa dan digunakan sebagai outbond. 
5. Berkebun
Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat kebun buatan. Kebun ini ditanami tumbuhan seperti sayur, dan buah stroberi. Wisatawan dapat memetik sendiri buah stroberi yang akan dibeli sebagai oleh-oleh.


2 komentar:

  1. Air terjun yang indah dan masih alami, cocok untuk berwisata bersama teman atau keluarga

    BalasHapus
  2. Wah bagus banget nih ya tempatnya. Sangat alami, sangat cocok nih buat anak pecinta alam

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates