Cari Blog Ini

1 Februari 2019

# Property # Sponsored Post

Berikut Ini Desain Rumah Minimalis Sederhana, dan Elegan

Image: homify.co.id

Merencanakan menikah dalam waktu dekat? Lagi punya niat bangun rumah? Bagi yang sudah menikah, rumah adalah kebutuhan yang penting. Ya bisa saja sih, numpang dulu di rumah orang tua atau Mertua, tapi kalau menurut saya, rasanya tetep beda. Kalau sudah berani memutuskan untuk berumah tangga, ya berarti sudah siap pula untuk mandiri. Awal-awal, bisa lah ngontrak atau nge-kost. Tapi, kalau ada opsi lain..KPR misalnya, mending opsi ke 2. Atau kalau ada opsi berikutnya...bangun atau mbeli  sendiri, dengan uang tabungan yang terkumpul, itu lebih bagus.

Ngomongin rumah, beda kepala..bisa jadi  beda selera. Pasti ada yang pengen memiliki rumah yang besar dan mewah, kayak di sinetron-sinetron tv  biar status sosialnya meningkat. Tapi kalau saya sih, mending yang kecil, tapi tertata. Mberesinnya mudah. Biaya perawatannya juga pasti lebih ekonomis. Sederhana, namun elegan! Itu yang saya suka. 

Untungnya rumah yang saya tinggali begitu juga. Meski bukan di kompleks perumahan, tapi ukuran rumah mirip kayak di perumahan. Minimalis. Nggak apa-apa, orang saya juga nggak niat untuk punya banyak anak 😊

Sekedar sharing aja, misal nih kamu ada niatan bangun rumah, tapi  kepentok kondisi  lahan yang ada nggak begitu luas, nggak usah khawatir. Ilmu arsitektur semakin maju dan berkembang. Meski modal lahan nggak begitu luas, tapi kamu tetep bisa kok membuat rumah yang sederhana namun elegan. Yang diakalin, di bagian desain rumah. Pilih bentuk yang minimalis nan  sederhana.

Tiga Desain Rumah Minimalis Sederhana

1. Denah Letter L
Jika tinggal di perkotaan, tentunya sangat sulit untuk mendapatkan sebuah lahan yang ideal, misalnya saja lahan yang ada bentukannya tidak presisi , misal letter L.  Dengan bentuk lahan seperti itu, kamu tetap bisa memanfaatkaannya dengan membaginya dalam zonasi, misalnya area belakang yang melintang bisa dimanfaatkan untuk zona privat seperti kamar dan kamar mandi. Sedangkan untuk area yang membujur untuk ruang semi publik atau sebaliknya. 


image: pinterest.com

Kamu bisa menata ruangan semacam ini,  dengan harapan rumah tetap nyaman walaupun berada di lahan yang bentuknya tidak ideal. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengimplementasikan ide denah rumah letter lainnya, yaitu  dengaan menciptakan area privat di satu sisi, dan sisi lainnya sebagai ruang utama keluarga.   Dengan lahan yang tidak beraturan, rumah tetap akan bisa menjadi nyaman untuk sirkulasi penataan ruangannya.

2. Sederhana 2 Lantai


Image: www.rooang.com

Ini semacam jawaban bagi kamu yang mempunyai lahan  tidak begitu luas, namun memiliki kebutuhan ruangan yang cukup banyak. Bikin aja rumah dua lantai.  Agar privasi setiap anggota keluarga tetap terjaga,  sistem pembagian zona bisa saja diterapkanublik dan semi publik di lantai bawah dan ruang privat serta ruang-ruang servis di lantai 2. Tentunya cara ini sangat tepat untuk menjaga kondisi rumah agar tetap nyaman. Tak ketinggalan, perhatikan pula peletakan ( posisi) tangga. 


Rumah-minimalis
Image : pixabay.com

Selain sebagi ruang sirkulasi, tangga juga bisa dimanfaatkan untuk dekorasi rumah. Tangga bisa diekspose dan juga bisa disembunyikan sesuai dengan selera masing-masing, dan keberadaan tangga ini lebih nyaman jika diletakkan di ruang semi publik yang bisa memudahkan untuk diakses oleh siapa saja. 

3. Ukuran 5X7
Rumah ukuran 5x7 ini merupakan solusi untuk rumah yang sederhana yang sangat kecil, dan saat ini banyak ditemukan di perkotaan. Rumah dengan ukuran kecil ini, paling hanya bisa menampung 1 hingga 2 kamar tidur saja, itupun dengan ukuran yang terbatas.  Tapi, asal “bisa” di bagian penataan, kesan lapang bisa diciptakan. 


Rumah-5x7
www.didekor.com

Ah..jadi ingat sinetron/Film Keluarga Cemara. Meski kondisi ekonomi keluarga mereka berubah drastis, fasilitas rumah jauh dari rumah yang dahulu mereka punya, tapi mereka tetap bahagia kan? Saya yakin kok, gambaran Keluarga Cemara itu banyak di kehidupan nyata. Percaya saja, kalau sebenarnya rumah yang nyaman itu bukanlah rumah yang mewah dan besar, dengan perabotan yang serba lux didalamnya, tetapi rumah yang nyaman itu, walaupun kecil dan sederhana namun penuh cinta dan kasih sayang diantara penghuninya.

7 komentar:

  1. Wah aku paling suka yang Denah Letter L, semoga bisa membuat rumah seperti itu hehe

    BalasHapus
  2. Wah bisa masuk referensi nih kalau mau bikin rumah

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya tentang desain rumah minimalis dan sederhananya

    BalasHapus
  4. Wah keren banget ya desainnya

    BalasHapus
  5. Bagus banget nih, cocok buat referensi nih kalau mau membangun rumah

    BalasHapus
  6. Saya bercita-cita beli rumah tanpa KPR mbak, dosa-nya itu lho...

    Di jaman sekarang ini, apalagi luas tanah yang makin lama makin kecil, emang harus bangun rumah seefektif dan seefisien mungkin untuk membuat rumahnya nyaman.. Sekarang lagi musim bangun rumah minimalis nomor 2 itu ya mbak, cocok buat lahan sempit.. makasih infonya mbak!

    BalasHapus
  7. Setuju. Kalau isinya dingin, mau rumah kayak apapun rasanya gak nyaman

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates