Cari Blog Ini

15 Januari 2019

# Perlu Tahu # Sponsored Post

5 Langkah Mudah Untuk Membersihkan Kompor Gas Yang Harus Kamu Ketahui

Namanya dapur, pasti ada satu piranti wajib yang pasti kita punya, dan dia itu berguna banget untuk acara masak-memasak. Puluhan tahun silam, bisa jadi pake tungku kayu. Setelah itu, bergeser ke pemakaian kompor minyak. Setelah minyak tanah langka, sebagian besar masyarakat beralih ke kompor gas.

Image: pixabay.com

Siapa sih diantara kita yang tidak membutuhkan kompor gas? Ya, tentu saja kita semua memiliki ketergantungan pada benda yang satu ini. Diakui atau tidak, kompor gas sangat membantu aktivitas kita di dapur.  Memasak lebih cepat, dapurpun lebih bersih.

Mau kompor kita awet? Yess, mau dong. Males kan klo punya kompor kok bentar-bentar masuk ke tukang service kompor gas melulu? Kata kuncinya sih dirawat sebenarnya. Nggak susah-susah banget sebenarnya, tapi ya itu ..sering lupa atau nggak sempat😀

Dari beberapa sumber, berikut cara ngerawat kompor gas biar awet. Praktekin sama-sama yuk..!

1. Lakukan Pembersihan Setelah Selesai Memasak

Setelah selesai memasak, biasanya akan ada noda-noda yang menempel pada permukaan kompor. Ya, noda-noda tersebut bisa berupa minyak, bumbu masakan, dan lain sebagainya. Apalagi klo habis goreng ikan, ayam yang pake acara minyak meletus-letus gitu. Dijamin, kompor bakal belepotan.
Image: pixabay.com


Dalam hal ini, dianjurkan bagi kita para pengguna kompor untuk membiasakan diri melakukan pembersihan setelah selesai memasak. Jangan sampai  menunggu hingga kotorannya menumpuk, yang akan membuat kerepotan saat membersihkannya. Terlebih jika kotorannya yang sudah mengerak, sehingga kotoran tersebut sangat sulit untuk ditaklukan.

Soal cara membersihkannya, siapkan kain bersih atau kanebo, celupkan pada air sabun, kemudian bersihkan bagian kompor yang terkena noda masakannya. Agar kompornya lebih mengkilap lagi, disarankan menggunakan cairan pembersih khusus dan mengelapnya kembali agar hasilnya lebih maksimal. Yuk, kita praktekin sama-sama😀


2. Bersihkan Tungku Kompor Bagian Bawah

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tungku adalah satu bagian yang paling sering terkena noda dan kotoran. Ya, terutama pada bagian bawahnya. Sebelum dibersihkan, silakan copot atau lepaskan dulu tungku tersebut dari kompornya. 

Setelah itu bersihkan dengan menggunakan kain lembab (setengah basah), pada lapisan tungku yang bergerigi hingga benar-benar bersih, lalu diamkan hingga tungkunya kembali kering. Jika sudah demikian, pasangkan kembali tungku tersebut pada kompornya. Dalam hal ini, disarankan untuk membersihkan tungku setiap seminggu sekali. Catet!

3. Bersihkan Bagian Selang

Selang merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam kinerja kompor gas. Untuk itu, pastikan bahwa selangnya selalu bersih, sehingga selang tidak akan tersumbat oleh kotoran. Apabila selang tersebut tersumbat oleh kotoran, tentu saja api yang dihasilkannya itu tidak akan maksimal.

Mengenai cara membersihkannya, silahkan lepas dulu selang dari kompornya, kemudian bersihkan dengan menggunakan kain lembab secara keseluruhan, dan biarkan hingga selangnya kembali kering. Di samping itu, cara pembersihan yang rutin ini juga sekaligus untuk mengecek kondisi selang yang ditakutkan ada kebocoran atau keretakkan pada selangnya. Kalau tugas yang ini, karena sepertinya rumit, delegasikan ke bapak-bapak aja yuk! Yaa..berbagi dong. Tugas rumah, ya tetap tanggung jawab bapak-bapak dan ibu-ibu juga.

4. Selalu Mengecek Bagian Regulator

Regulator ini berfungsi sebagai pengatur tekanan gas dari tabung LPG, yang tentu saja sangat penting untuk dilakukan pengecekan secara intensif. Salah satu kebocoran pada kompor gas ini juga bisa disebabkan karena pemasangan regulator yang tidak tepat, atau dikarenakan adanya benturan yang membuat posisinya menjadi bergeser. Dengan selalu mengecek bagian regulator, tentu saja tindakan ini dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

5. Bersihkan Juga Bagian Tombol kompor

Pernah merasa kesulitan saat hendak memutarkan tombol kompornya? Jika iya, maka kamu wajib mengecek bagian tersebut. Bisa jadi penyebabnya adalah adanya kotoran yang menumpuk pada tombol kombor dan membuatnya pered atau berat saat diputar.

Saat membersihkannya, lepas dulu tombol dari badan kompornya, kemudian rendam dalam air sabun yang hangat. Diamkan beberapa saat sampai kering, kemudian pasangkan lagi pada kompornya. 

Itulah 5 langkah yang bisa kita lakukan untuk merawat kompor gas agar tidak mudah rusak. Namum begitu,  Jika kamu sedang mencari situs yang menyediakan jasa service kompor panggilan, segera kunjungi www.carijasa.co.id. 

7 komentar:

  1. Wah setuju banget bunda, kalau kita selesai memasak harus kita bersihkan

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. Wah setuju banget bunda, terima kasih infonya

    BalasHapus
  4. Thanks your for sharing mom

    BalasHapus
  5. Membersihkan bagian kompor memang penting ya bunda

    BalasHapus
  6. Setuju, baiknya memang begitu selesai masak langsung d.bersihkan ya, Teh.
    Jadi jangan d.biasakan langsung d.diamkan..

    BalasHapus
  7. Hihihi...aku tuh...yang sering nunda bersih-bersih. Hus...kebiasaan buruk yang harus segera dienyahkan.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates