Cari Blog Ini

18 Desember 2018

Tempat Belanja Online Favorit

"Tuh kan jadi malah belanjanya banyak. Ibu tu malesnya belanja gini lho... Udah kita bawanya repot, ketambahan mesti jajanin kamu makanan..."

Seorang ibu setengah baya terlihat berbicara dengan seorang bocah, yang tengah menghabiskan sepiring steak dibatas meja.  Saya tebak anak laki-lakinya, yang berusia sekitar 10 tahunan. Obrolan pada sebuah foodcourt sebuah mall tersebut saya dengar beberapa bulan yang lalu.

Ternyata cerita emak-emak itu tak jauh beda. Bukan sekali atau 2 kali saya  pun begitu. Niat dari rumah, mau belinya kaos untuk anak-anak. Ternyata finishingnya mesti mbeli mainan baru, atau anak-anak ga  mau diajak pulang. Intinya, kadang kita sudah berniat untuk lebih irit, tapi jatuhnya "biaya operasional"nya malah justru membengkak. 

Semenjak saat itu, saya lebih suka melakukan transaksi secara online. Keuntungan yang saya dapat banyak, misalnya tidak perlu biaya transport. Iya sih, saya memang harus mengganti itu dengan biaya kirim, tapi biasanya saya akan mensisati dengan berbelanja di toko online yang masih terletak di pulau Jawa. Asumsinya, ongkos kirimnya tidak terlalu mahal.

Selain itu, saya pasti akan memilih  situs belanja yang sudah mendapat apresiasi positif dari banyak pembeli yang lain. Caranya, baca review maupun ulasan dari pembeli sebelumnya

Selain itu, kita juga haris secara seksama mempelajari  mengenai kebijakan pengembalian barang. Itu terkait dengan salah satu kelemahan sistem belanja online, dimana kita tidak bisa melihat barang secara langsung. Jadi memang harus ada garansi kalau misalnya barang yang kita terima rusak atau cacat.

Baca diskripsi produk dengan jelas. Ini penting banget, terlebih saat kita membeli sesuatu yang ada hubungannya dengan ukuran, maupun material yang digunakan.

Pilih hanya belanja di marketplace terpercaya, dan nggak boleh lupa gunakan cara pembayaran transaksi yang paling aman. Selama ini, ada beberapa situs yang pernah saya/suami pake untuk berbelanja online:
  • Tokopedia ---> kalau dari frekuensi, ini paling sering sepertinya. Biasanya saya bertransaksi untuk keperluan beli baju, jaket, kaos, dan teman-temannya.  Nyarinya random dari banyak toko yang ada, tapi seringnya dari daerah Bandung.
  • BliBli. Belanja di Blibli, biasanya untuk belanja alat-alat dapur. Ya, saya ngerasa banyak alat-alat dapur di Bli-bli yang harga akhirnya jadi lumayan lebih murah.
  • Jd.id. Beberapa kali melakukan transaksi di situs belanja ini, semuanya transaksi untuk pembelian handphone. Ya..jujur, terpengaruh iklan di tv yang katanya, jd id dijamin barang ori😀
  • Lazada. Paling seneng belanja di lazada adalah karena banyak barang yang bisa COD dan bebas biaya ongkir.
  • Sophie. Nah, kalau ini gara-gara iklan tv juga. Menjelang harbolnal, situs belanja ini melakukan promosi massif dengan mengadakan banyak kuis. Iseng pernah ikut, dapat voucher belanja, dan akhirnya dipake berbelanja😀😀

Itu tadi 5 situs belanja online yang menurut saya aman lah untuk berbelanja. Kamu suka berbelanja online juga? Yuk, berbagi pengalaman di kolom komentar!

3 komentar:

  1. Yang blom pernah tskjajal jdid ini....kyke plg larang diantara muanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen mahal pa nggak..sama kok nit. Hape yang aku pake, beli di jd.id, dapat lebih murah malah dr beli di counter

      Hapus
  2. Kalau saya paling sering di bukalapak, selain jadipembeli soalnya saya juga jualan disana :D Hehehe.. kalau tokopedia juga kadang sih..

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates