Ini Dia Resep Membuat Kue Bolu Enak

Posting Komentar
Hidup di tengah keluarga yang suka ngemil? Aha, kita toss dulu yuk! 😉

Saya, pak suami, dan anak-anak termasuk manusia yang doyan makan. Sesuai fitrah juga, omnivora. Jadi apa-apa bisa masuk perut, mulai yang kategori makanan berat, sedang, sampai kategori makanan yang membutuhkan ketelatenan tinggi, misalnya kuaci.

Tapi tenang, kita nggak bakalan ngomongin kuaci hari ini. Kita ngrumpiin kue saja, salah satu cemilan favorit keluarga. Banyak keluarga yang suka kue saya rasa.

Semakin menjamurnya kue kekiniaan sekarang ini, ternyata tidak langsung membuat kue basah kehilangan pelanggannya. Kalau nggak yakin, coba amati saja dan faktanya, kue basah yang sederhana hingga sekarang masih menjadi cemilan favorit banyak orang. Bahkan saat mereka sedang punya gawe, atau event penting.

Kue kue basah masih banyak digemari karena berbagai kelebihan yang dimilikinya seperti rasanya yang enak, banyak ragamnya, dan untuk membuatnya mudah. 

Satu pilihan praktis sih membeli kue dalam bentuk jadi. Tinggal makan. Tapi, kalau pas luang nggak ada salahnya juga mencoba membuat sendiri, lebih hemat biasanya. Secara psikologis, lebih puas juga. Hasil karya sendiri gitu loh!


Oleh karena itu akan sangat diperlukannya resep kue basah yang paling enak dan juga praktis membuatnya. Salah satu kue basah yang paling enak dan mudah adalah kue bolu.

Bahan Kue bolu :
  • Kuning telur dari 2 butir telur.
  • Putih telur dari 1 butir telur.
  • Gula pasir 100 gram.
  • Tepung terigu 50 gram.
  • Tepung maizena 10 gram.
  • Cokelat bubuk 25 gram.
  • Mentega 125 gram lalu kocok.
  • Vanila bubuk ¼ sdt.

Bahan vla :
  • Susu cair 175 ml.
  • Gula pasir 50 gram.
  • Maizena 2 sdm lalu larutkan didalam air.
  • Kuning telur dari 1 butir telur lalu kocok.
  • Peach kalengan sebanyak 5 potong, lalu dipotong dadu kecil.

Bahan Saus :
  • Raspberry Segar 200 gram.
  • Gula pasir 150 gram.
  • Air 100 ml.

Cara membuatnya : 
Siapkan loyang dengan ukuran 38 x 26 x 3 cm. Kemudian diolesi dengan mentega atau margarin dan tepung. Lalu alasi dengan kertas roti dan oven dipanaskan dengan suhu 180O C dan api atas diaktifkan. 

Untuk membuat kuenya, telur dikocok dan juga gula hingga kental dan putih. Kemudian tepung terigu dan tepung maizena dicampurkan lalu diayak. 

Campuran diatas dimasukkan secara bertahap bersama cokelat kedalam campuran telur dan gula lalu diaduk rata. Kemudian mentega ditambahkan sambil dikocok sedikit demi sedikit lalu disusul vanili dan diaduk lagi. Adonan dituangkan kedalam loyang lalu ratakan.

Setelah itu loyang dimasukkan kedalam oven lalu panggang selama 15 menit hingga matang.

Setelah matang, loyang dikeluarkan dari oven. Loyang dibalikkan untuk mengeluarkan kue diatas kertas roti yang sudah ditaburi dengan gula bubuk. Lalu gulung bersama kertas yang masih menempel hingga terbentuknya gulungan. Dan biarkan hingga kue dingin. 

Untuk membuat vlanya, susu dan gula direbus hingga mendidih. Lalu campurkan dengan larutan maizena dan diaduk rata. Ambil rebusan susu yang sudah dingin sebanyak 50 ml, lalu masukkan kedalam larutan tepung maizena dan diaduk rata. Campuran susu dan maizena dituangkan kembali kedalam rebusan susu. Lalu diaduk dan direbus hingga vla mengental. Lalu peach ditambahkan lalu diaduk rata dan angkat terus dinginkan.

Untuk membuat sausnya, raspberry dimasukkan bersama gula pasir kedalam panci lalu diaduk hingga raspberry agak hancur dan gula larut. Kemudian masak hingga mengentak lalu air ditambahkan. Diaduk sebentar hingga mendidih lalu angkat.

Gulungan kue dibuka, lalu oleskan vla ke permukaanya dan ratakan. Kue digulung sambil ditekan dan kertas alasnya dibuang.
Lalu bungkus dengan kertas yang baru, dan biarkan supaya gulungan menguat. Kemudian kertas dibuka lalu potong potong dan sajikan dengan saus. 

Itulah resep membuat kue bolu enak. Praktis kan cara membuatnya? silahkan mencoba.

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar