30 Oktober 2018

Ingin Menjadi Staff Logistik Perusahaan? Beberapa Hal Berikut Bisa Membantu Kamu


Kadang, saya ngiri lho sama para fresh graduate sekarang ini. Hunting pekerjaan, kayaknya mudah dan irit banget. Semuanya serba online. 

Coba deh jaman dulu. Mesti make amplop coklat gede itu, dikirim via post,  mana perangkonya mahal. Gitu aja, belum tentu dapat panggilan. 

Sekarang? Lowongan juga posisinya macem-macem, mau yang lapangan, kantoran,  tinggal milih. dengan cara perekrutan karyawan yang lebih transparan.

Kalau Trend lowongan kerja sendiri, bagaimana? Saat ini, situs-situs pencari kerja online sedang banyak mencari orang yang berkompeten dan memahami masalah logistic perusahaan. Misalnya saja logistikjobs.id salah satu situs online yang secara khusus di dalam websitenya hanya memberikan informasi lowongan kerja logistik saja.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pencari kerja, sebab mereka tidak perlu lagi mencari lowongan logistik di situs online lainnya. Hanya tinggal mencari informasi lowongan logistik langsung dari logistikjobs.id. Dari yang terbaru sampai yang terlama, dari yang kualifikasinya cukup tinggi sampai sedikit longgar karena membolehkan para fresh graduate atau pencari kerja baru untuk melamar.

Lantas sebenarnya bila ingin menjadi staff logistik suatu perusahaan apakah prosedurnya sulit? Mengingat perusahaan kerap kali ingin calon karyawan yang memang benar-benar mengerti dan memiliki pengaman mengenai logistik, sehingga saat menyebarkan informasi lowongan logistik mereka tidak sembarangan menaruh informasi lowongan.

Beberapa hal berikut ini bisa membantu teman-teman memahami bagaimana sebenarnya seorang staff logistik bekerja, sehingga saat akan mendaftarkan diri pada lowongan logistik di perusahaan mana saja, Anda sudah memiliki sedikit gambaran meskipun Anda seorang fresh graduate dan tidak mengambil pendidikan jurusan logistik.





Secara umum, ada 3 tugas yang sebaiknya kamu pahami  mengenai lowongan logistik.

1. Seorang logistik harus mampu melakukan pengecekan secara teliti
Seseoarang staff logistic nantinya akan memiliki pekerjaan yang berhubungan langsung dengan produksi suatu produk. Hal pertama yang harus mereka pahami dan bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara teliti. Tidak secara manual, namun akan dibantu dengan software pengecek barang yang memang dibutuhkan. Karena bagaimanapun juga perkembangan teknologi bisa lebih memudahkan hingga membuat akurat hasil pengecekan barang.

2. Memahami bagaimana proses order barang dalam suatu perusahaan
Saat Anda ingin memasukan lamaran ke lowongan logistik, Anda juga harus tahu bahwa segala macam kegiatan proses order barang dalam suatu perusahaan harus bisa Anda pahami. Nantinya saat ada orderan barang masuk ke bagian staff logistik maka staff harus langsung melakukan perencanaan pengiriman sampai dengan melakukan perhitungan berapa stok barang yang tersedia.

3. Memberikan saran rute terbaik untuk melakukan pengiriman barang
Ya, seorang staff logistik akan bertanggung jawab atas alur yang harus dilakukan dari suatu produk dari mulai produksi hingga pengiriman. Selain itu staff logistik juga sangat disarankan bisa memahami bagaimana kondisi rute. Tidak jarang kurir yang diminta untuk melakukan pengiriman barang malah terjebak macet. Anda harus bisa memberikan saran alternative jalan agar mengalami keterlambatan dalam proses pengirimannya.

Memasukan lowongan logistik via situs online tidaklah sulit, karena Anda hanya tinggal mengirimkannya saja. Namun ada persyaratan administrasi yang nantinya akan menjadi bahan seleksi. Selain itu juga biasanya beberapa perusahaan juga kerap kali meminta para pelamar untuk menyampaikan bagaimana kemampuan dan pemahaman mengenai pekerjaan seorang logistic.

Biarpun seorang stff logistik bekerja di belakang layar, perannya sangatlah penting. Sehingga tidak heran bila banyak lowongan logistik seperti yang sering di informasikan lewat logistikjobs.id mencari karyawan berkompeten yang benar-benar memahami bagaimana sebenarnya seorang staff logistic bekerja.

2 komentar:

  1. walau begitu mudah dan banyak tentang situs lamwaran kerja. harus hati hati bu.
    karena disitus pencari kerja yang besar juga tak luput dari penipuan. :(
    kalau cara adik jika perusahaan itu besar, pengumuman lowongan kerja bisa di check disitus induk perusahaannya bu.

    BalasHapus
  2. Jadi, staf logistik itu gitu to? Ngurusi persediaan barang dan pengirimannya, kira-kira gitu ya.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin