8 Juli 2018

5 Aksesoris Smartphone yang Terlihat Sepele, Tapi Gede Manfaatnya


Disadari atau nggak, semakin hari tingkat ketergantungan manusia terhadap apa yang namanya smartphone semakin besar. Termasuk saya juga. Mau masak, bingung nggak ngerti bumbu yang mesti dipake, googling...pake smartphone.  Mbantu belajar anak, udah pada lupa materi pelajaran SD, pegang smartphone lagi. Lagi dolan, pengen foto..yang dicari smartphone juga. 

Intinya, smartphone asal dipergunakan secara benar, banyak juga manfaatnya. Kalau dulu di piramida kebutuhan manusia bisa jadi ia berada di level kebutuhan tersier, saat ini sangat mungkin ia menjadi kebutuhan primer, atau bisa juga sekunder.

Karena memegang peran yang nggak sedikit, maka saat kita memutuskan untuk membeli smartphone, bisa dipastikan ada satu cita-cita yang sama, bagaimana smartphone kita AWET dan NYAMAN untuk digunakan. Nah, untuk tujuan tadi, kita butuh beberapa alat penunjang atau aksesoris, yang sifatnya tambahan. Jadi memang harus beli sendiri.  

Diantara sekian banyak aksesoris, ada beberapa yang menurut saya sifatnya penting untuk dimiliki, yaitu

1. Hardcase/Softcase

Disamping mempercantik penampilan, hardcase atau softcase ini sebenarnya berfungsi utama sebagai pelindung dari benturan, atau meminimalisir kerusakan seandainya smartphone terjatuh. 



Perbedaan pokok antara hardcase dan softcase, tentu saja  bahan pembuatannya. Hardcase merupakan case berjenis keras dan umumnya terbuat dari material kuat dan berisi bahan padat seperti aluminium, plastik keras, polycarbonate, logam, dll. Sedangkan softcase terbuat dari bahan lunak dan bersifat elastis seperti karet, busa, dan silikon.

Baik hardcase ataupun softcase tentu saja memiliki plus minus masing-masing. Untuk pilihan terbaik, bisa menyesuaikan dengan kondisi pemakaian smartphone/ponsel. 

2. Ring 

Bentuknya sih sepele, bulat kayak cincin yang ditempel di belakang smartphone. Tapi sebenarnya ini penemuan jenius juga. Meski mungil, alat ini bisa jadi solusi sekaligus 2nd pengaman buat para emak yang smartphonenya sering dibajak anak-anak, plus hobi nonton film kalau lagi dapat jatah me time

Jadi saat lagi dipinjam sama anak-anak, pastikan tangan jari mereka juga nyantol di ring, tujuannya tentu saja meminimalisir ponsel tergelincir dari pegangan. Selain itu, ring juga bisa digunakan untuk menyangga posisi smartphone, saat digunakan untuk menonton video misalnya. 

3. Lap microfiber  dan lens cleaner


Saya tersadar dengan pentingnya lap microfiber dan lens cleaner ini belum lama. Jadi ada suatu hari, ketika saya bingung dengan hasil foto dari smartphone yang saya pakai. Kenapa hasilnya tidak sejernih biasanya? Jadi semacam berkabut dan tangkapan gambarnya tidak jelas. 

Nanya ke saudara, dan ternyata permasalahannya sepele banget! Lensa kamera dari hp asus yang saya pakai cuma butuh dibersihin aja.

Untung, bukan karena rusak.😀 Selain untuk mengelap lensa kamera yang kotor, kain microfiber --yang kadang-kadang saya semprot dulu dengan lens cleaner ini, berguna banget untuk membersihkan ponsel yang sering terlihat kotor agar kembali kinclong.

Setelah itu, saya jarang ninggalin lap microfiber+lens cleaner. Apalagi pas butuh banyak kegiatan foto-foto, karena untuk keperluan itu, saya banyak mengandalkan kamera hp.

4. Tongsis

Tongsis atau tongkat narsis memang begitu populer penggunaanya beberapa tahun belakangan.  Berbentuk berupa tongkat yang dipanjangkan dan dengan ujung berupa tempat untuk meletakkan smartphone atau alat portabel lainnya, alat ini sangat membantu saat pengguna ingin mengambil gambar secara self-photografi atau selfie. 


Macam jenis dan bentuk tongsis ini pun kini sangat beragam, dengan harga yang bervariasi dari range harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung spek dan juga kebutuhan. Meski begitu, ada hal-hal yang mesti diperhatikan juga, misalnya seberapa aman+seberapa kuat si tongsis 'memegang' smartphone mu.

5. Powerbank

Meski keberadaan powerbank ini masih debatable ya..antara menolong pengguna dan 'perusak' batere smartphone, tapi menurut saya aksesoris ini tetap diperlukan, terlebih dalam situasi darurat. 
Penggunaan powerbank dengan frekuensi yang terlalu sering, memang tidak direkomedasikan.  

Dalam memilih powerbank, pastikan power bank tersebut mencantumkan fitur kemanan Over Charging Protection, yang artinya jika baterai pada perangkat sudah disini oleh power bank dengan penuh, maka secara otomatis arus listrik yang dialirkan power bank akan terputus dengan sendirinya.

Selain itu, jauhi powerbank dengan kualitas dan merk yang masih meragukan. Mending agak mahalan, tapi kualitasnya nggak abal-abal...percaya saja deh, ono rego, ono rupa. Kualitas barang, biasanya tercermin dari harganya.

7 komentar:

  1. Buat yang aktif di sosmed apalagi lahan rezekinya di sana jelas butuh banget aksesoris2 ini ya

    BalasHapus
  2. Saya paling cuma pakek softcase bawaan beli hape, pengen deh pakek yang imut-imut begitu tapi malu sama umur haha. Sama power bank penting banget, kalau lagi di perjalanan google map harus standby soalnya kalau nggak bisa nyasar :P

    BalasHapus
  3. Powerbank itu penting bangeet....

    BalasHapus
  4. Suka-suka pakai softcase Mbak karena aman ketika jatuh dan karena saya mempunyai anak kecil HP lawan sekali jatuh

    BalasHapus
  5. Casing penting sekali buat saya, Mbak. Sejak beli ponsel kategori smartphone saya selalu pakai casing, untuk menghindari jatuh. Eman-eman harga ponselnya mahal buat saya, hehe..

    Dan lebih suka casing yang membungkus semua body ponsel dan ada rekatannya, supaya lebih aman dan menghindari kotor juga.

    Kalau ring itu yang pakai Vani karena casingnya dari kaca/fiber. Iya sih ring itu penting sekali terutama buat anak-anak yang kadang pegang ponsel sambil mainan rawan kesenggol-senggol :)

    BalasHapus
  6. Wajib banget pakai softcase, biar hp gak lecet pas tiba-tiba jatuh.

    BalasHapus
  7. Kalo hp masih baru, aku jg lengkap semua aksesorisnya :p. Tp menjelang waktu, lama2 casenya lah yg lepas, trus hp mulai jatuh2 dan aku udh ga peduli, sampe yg tongsis hilang dll hahahaha.. Jd pas awal2 doang dirawat dengan hati2 :D

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin