Nasi Gurih So Good, Bekal Praktis Kesukaan Alya

12 komentar

"Bu..mbok besok masak nasi gurih lagi...enak e..!" Pinta putri saya Alya suatu sore. Rupanya ia kangen minta dimasakin nasi gurih buatan ibunya.

"Iya, besok ibu masakin, trus buat bekal jalan-jalan. Sabtu libur. Mau kan?" Jawab saya.

Wajahnya Alya langsung sumringah kalau mau di ajak jalan-jalan. Tapi tahukah kamu Nduk, bahwa ibu sering pusing mikir kamu yang hampir selalu susah makan saat diajak bepergian?
***

Nasi gurih adalah nasi yang dimasak dengan santan, ditaburi sedikit garam, dengan tambahan beberapa lembar daun salam. Di desa, biasanya nasi gurih dijadikan piranti wajib kendurian, entah itu pas syukuran kelahiran, pernikahan, bahkan untuk kematian. Karena rasanya yang enak, meski sedang tidak dalam acara apapun, beberapa kali saya membuatnya, karena memang mudah. 

Tidak seperti di event hajatan yang biasanya memasak sebuah menu dalam porsi besar, saya memasak nasi gurih dalam porsi kecil. Sekali makan untuk kami berempat, dan masaknya pakai magic com. Jadi tinggal cemplung-cemplung, sementara menunggu masak, bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti goreng lauk, lanjut mandiin anak, njemuri baju, dan sebagainya. 

Kalau yang penasaran dengan nasi gurih, sebenarnya mirip dengan nasi uduk, atau nasi liwetnya Solo. Cara masak ala saya, mudah kok.  Setelah beras dicuci, air saya ganti dengan santan yang tidak terlalu kental, sedikit garam, dan lengkapi dengan beberapa lembar daun salam agar berasa asin-gurih. Kalau mau ditambahkan wortel atau jagung, sayuran saya masukan pas mendidih, beberapa saat sebelum tombol magic com berpindah ke posisi "warm", sambil diaduk. Setelah beres, tinggal nunggu nasi bener-bener matang.

Sulung dan Bungsu, Punya Dua Kebiasaan  Makan Yang Berbeda


Salah satu masalah yang sering dihadapi orang tua adalah anak yang susah makan, dan saya pernah ngalami untuk kedua anak saya.  Raka, si sulung, pas kecil ia picky eater luar biasa. Suka milih-milih apa yang ia mau.

Syukurnya, seiring bertambahnya umur, selara makannya juga tambah membaik. Sekarang, bisa dibilang nggak ada masalah, kapan pun, dimanapun, kalau waktunya makan, ya mau makan. Sedang berada dalam fase semego kalau orang Jawa bilang. Bahkan ia cenderung lebih gampang makan saat njajan di luar.

Tapi masalah selera makan ini rupanya bergeser ke adiknya, Alya. Jadi, si adik ini  kalau di rumah cenderung apa saja mau. Lebih gampang dibanding kakaknya dulu. Tapi kalau di luar rumah, baru timbul masalah. Susah sekali makan, kecuali mie instant yang pake cup itu. 

Sekali dua kali sih mungkin ga masalah, tapi kalau sering-sering, sayanya yang nggak tega. Kalau dalam perjalanan trus jajan, jarang sekali ia mau makan. Milih makannya nanti, kalau sudah di rumah. Nah, repotkan? Makanya, satu-satunya cara, ya membawakannya bekal. Kalau sedang bepergian, bekal wajib saya pasti roti basah, cemilan yang mengenyangkan, sering juga melengkapi bekal dengan sekotak nasi. 

Nasi Gurih plus So Good si Bekal Favorit 

kreasi menu makanan dengan so good

Sudah saya bilang di awal, nasi gurih ini menu favoritnya anak-anak. Sebenarnya mirip sama nasi kuning, cuma nasi gurih tanpa pewarna kuning/kunyit, jadi warnanya memang cuma putih. 

Dalam versi aslinya, nasi gurih biasanya dipasangkan dengan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu ingkung. Tapi untuk versi saya, nasi gurih bisa dimakan dengan lauk apapun.

Demi alasan kepraktisan, dan demi pemenuhan kebutuhan serat, saat nasi tengah mendidih, sayuran saya masukkan sekalian. Pipilan jagung manis, irisan wortel, dan buncis. Selain nanti pas matang warnanya menjadi lebih menarik, paling tidak kebutuhan akan serat juga terpenuhi. Percaya deh, meski dalam waktu singkat, kita tetep bisa kok membuat menu piring gizi seimbang untuk anak-anak dan keluarga.
Menu piring gizi seimbang, ada sumber karbohidrat, sayuran, buah, dan juga protein

Soal kebutuhan protein? Tenang, karena ada So Good nugget ayam yang masaknya praktis banget. Tinggal goreng diminyak panas, dan  pasti enak rasanya. Anak-anak, termasuk Alya pasti suka. Tinggal melengkapi dengan potongan buah segar, sudah 4 sehat kan? Agar jadi sempurna, tinggal mbawain susu uht kotak. Praktis!

Teman-teman punya menu praktis juga? Share di kolom komentar ya..

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. so good praktis ya, nggak perlu rempong lagi hehe

    BalasHapus
  2. Nasi gurih itu nasi uduk ya? Aku suka makan nasi uduk, tapi kalau bikin jarang banget. Lebih sering beli. Padahal anak-anak kalau makan nasi uduk lahap bener.

    BalasHapus
  3. Dulu pas masih kuliah suka beli so good yang nugget ayam, tiap beli langsung digoreng sekalian karena gak ada kulkas di kos... eh sekilas aja langsung habiss dimakan bertiga sama teman kos.
    Praktis tapi sehat, semoga menang ya mba lomba blognya...

    oh iya mba singgah bentar ke blog aku ya http://nheyta.blogspot.co.id/2018/03/cukup-sekali-saya-menderita-dua-kali.html#gpluscomments
    makasihhh ;) ;D

    BalasHapus
  4. so good ini emang praktis'
    pa sjuga buat pendamping makanan lain seperti sayuran
    biar seimbang gizi buat anak-anak

    BalasHapus
  5. Pantes Mbak Alya nagih minta dibuatin lagi. Wong tante alma yg baca aja udah ngiler nih.

    BalasHapus
  6. anakku juga suka makan So Good terutama yang nugget biasanya makannya habis banyak jika tapi yang jadi PR sayur masih sulit

    BalasHapus
  7. Wahh kebiasaan Raka dan Alya beda ya mbak, sama kayak aku dan adik, aku suka banget makan apapun tanpa pilih pilih, adikku kebalikannya. Hehehehe, semoga menang mbak sulis... Salam dari #DuniaFaisol

    BalasHapus
  8. Wah..nasi gurih, paling suka dimakan pakai ingkung ayam dan peyek..sedaap..:)

    BalasHapus
  9. Apalagi anak-anak ya mbak, orang tua aja juga suka So Good. Karena banyak varian dan praktis masaknya nggak pakai ribet. Nasi gurih dengan kreasi ditambah sayuran bagus buat kesehatan anak :).

    BalasHapus
  10. Gampang bikinnya yaaa... he eh dikasih sayuran udah jadi menu sehat ya. Plus protein yang bagus kyk so good tentunya.

    BalasHapus
  11. So Good emang mantap, selain enak juga praktis dan cocok untuk segala kondisi

    BalasHapus
  12. Nasi gurihnya aja udah enak ya, Mba. Apalagi ditambah dengan makan pakai So Good. Biasanya kesukaan anak2 nugget ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar