30 Juni 2017

The World Landmarks
pintu masuk, setelah dari loket pembelian tiket

Satu lagi tempat wisata baru meramaikan Jogja. Merapi Park, merupakan tempat wisata keluarga yang baru saja di soft-opening 25 Juni 2017. Masih gress alias kinyis-kinyis.  Meski baru, tapi ketika kemaren nyoba maen ke sana..ternyata dah lumayan rame juga. 

Tiket masuk, @ 15.000

Merapi Park, dibangun tak jauh dari Museum Gunung Merapi Yogyakarta, tepatnya di sisi selatan museum. Secara administratif, tempat wisata anyar ini masuk wilayah kampung Tanen, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Berada di kaki Merapi, menjadikan Merapi Park mempunyai 2 poin plus; udara segar plus panorama alam yang hijau. Posisinya juga gampang dijangkau, dari bawah (Jogja) bisa, atau  dari atas mampir setelah dari kawasan hutan wisata Kaliurang. Harga Tiket Masuk untuk masuk ke obyek wisata ini juga lumayan (masih) murah. Hanya 15 ribu rupiah perorang.

22 Juni 2017

Sejarah dan Perkembangan Seni Batik

Siapapun tahu, batik merupakan seni warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya Jawa yang sampai saat ini masih bertahan. Banyak literatur menyebutkan, sejarah batik sudah dimulai di era kerajaan Majapahit, yang kemudian terus berkembang pada masa kerajaan-kerajaan setelahnya.

Pada awalnya batik diproduksi untuk kebutuhan internal keraton atau kerajaan, dan hanya dimilik keluarga istana.  Hingga lambat laun, dalam perkembangannya batik mampu menjelma sebagai asset budaya yang bisa di sentuh dan dimiliki oleh semua strata dalam masyarakat kita.

perempuan sedang membatik
img: www.pixabay.com
Kata beberapa teman yang pernah singgah atau bahkan pernah ngrasain hidup di sini, Jogja itu ngangenin. Yah, mungkin karena biaya hidup di Jogja nggak semahal kota-kota besar lainnya. Ibaratnya, dengan dua ribu rupiah aja, kita masih bisa dapat nasi plus lauk. Mungkin karena ritme hidup masyarakatnya yang cenderung nyantai, jadi nggak terkesan workaholic banget. Adem, ayem, tentrem kalau orang Jawa bilang. Mungkin juga karena Jogja itu cantik. Wisata gunung, wisata pantai, wisata kuliner, wisata pendidikan dan wisata belanja, semua bisa di temui di Jogja.


Makanya, nggak heran juga kalau Jogja kemudian menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Nggak hanya anak sekolah, kalangan muda, dan juga kalangan kelurga banyak berbondong-bondong datang ke Jogja. Apalagi kalau masa liburan datang, Jogja makin rame!

19 Juni 2017

Dimata orang dewasa dan anak-anak, makna akhir Ramadhan bisa berbeda lho. Ujung Ramadhan, kalau orang dewasa bisa saja bersedih, karena masa untuk memaksimalkan ibadah lewat, karena belum tentu ketemu lagi ramadhan tahun berikutnya, atau bejibun alasan lainnya (misal harus siap ekstra budget, dsb). Buat mayoritas anak-anak, Ramadhan di hari-hari terakhir justru masa menyenangkan.


16 Juni 2017

Nggak kerasa liburan dan lebaran sudah di depan mata. Sudah punya rencana untuk ngisi liburan bareng teman atau keluarga? Yess, paling seru adalah cari  tempat hiburan, syukur-syukur di tempat baru biar sekalian merefresh otak. Pikiran segar, badanpun bugar 😊


Gambar: https://pbs.twimg.com/media/ChqzS1xUgAErYJT.jpg


Soal hiburan, Bogor juga tak kalah lho dari Jakarta. Bahkan, sejak lama kota ini menjadi destinasi utama liburan bagi warga Jakarta yang ingin mencari suasana yang lebih sejuk. Tentu, warga Bogor sangat menikmati maraknya fasilitas hiburan di kota mereka, tanpa harus bermacet-macet ke ibukota. 

Hingga kini, hiburan paling asyik di kota ini adalah hadirnya pusat perbelanjaan dengan fasilitas hiburan lengkap, termasuk gedung bioskop 21 dan XXI. Meskipun belum ada The Premiere, tetapi semua gedung bioskop XXI di Bogor menjanjikan suasana menonton yang mewah serta pelayanan yang sangat memuaskan. Karena itulah, minat menonton bioskop sangat tinggi di kota ini. 

Jika Anda seorang penggemar film bioskop dan akan melakukan perjalanan ke Bogor, atau berencana mengunjungi sanak saudara di kota ini saat liburan panjang di bulan Juni dan Juli, semoga saja postingan ini bisa membantu.

Metmall Cileungsi XXI

Baru dibuka sejak 5 Mei 2016, Metmall Cileungsi XXI memiliki tujuh studio XXI mewah yang langsung mendapat animo tinggi pecinta bioskop di Bogor. Terletak di mal mewah Metmall Cileungsi di jalan Metro Raya Metland Transyogi Cileungsi, bioskop ini menjadi pesaing terberat dari gedung bioskop XXI dan 21 lainnya di Bogor. Harga tiket yang sangat murah menjadi nilai plus dari bioskop yang sangat terkenal dengan kebersihannya ini. 

Margo Platinum XXI


Gambar: http://depoknews.id/wp-content/uploads/2015/07/margo-city-depok-fitri-depok-news.jpg

Margo City sangat populer dengan kemewahan desain mall, sekaligus ritel papan atas yang mengisinya. Hal ini tentu berimbas pada harga tiket bioskop XXI dan juga pelayanannya. Jika dibandingkan dengan XXI lainnya di Bogor, Margo Platinum XXI memang lebih mahal, dimana tiket masuk XXI di hari Sabtu, Minggu dan libur adalah Rp 60.000. 

Tetapi, kenyamanan menonton dan menunggu giliran untuk memasuki studio memang tidak ada duanya. Luasnya lobi ruang tunggu memuaskan pengunjung, terutama mereka yang memiliki anak kecil, karena mereka tidak perlu khawatir jika anak mereka berlarian, selama di dalam lobi ruang tunggu yang memiliki karpet super tebal dan empuk. 

Botani XXI


Selama kurang lebih enam tahun terakhir, Botani XXI menjadi tempat nonton terfavorit penonton dari berbagai ragam usia. Tentu, karena bioskop ini menawarkan banyak studio, sehingga penonton bisa memilih film-film terbaru yang pas untuk usia setiap anggota keluarga. 

Terletak di Botani Square di jalan Pajajaran, Botani XXI selalu dijejali oleh penonton, terutama ABG. Maklum, tiket masuk cukup murah. Tidak hanya itu, mereka pun menggemari ragam makanan dan minuman yang disajikan di café XXI. 

Depok XXI


Berminat untuk nonton di tempat yang ‘cozy’ abis tapi tak terlalu mahal? Depok XXI adalah jawabannya. Cukup mampir ke Plaza Ramayana Depok di jalan Margonda Raya, Anda bisa menikmati film kesayangan Anda di studio XXI yang masih sedikit mengadopsi interior ‘21’. Bioskop ini pastinya membangkitkan kenangan dari generasi tertentu karena usianya yang sudah cukup lama. Depok XXI sendiri baru dibuka kembali pada pertengahan 2016 lalu, setelah lama dikenal sebagai Depok 21. 

Alternatif tontonan di Depok XXI akan lebih banyak karena ada tiga studio tambahan yang dibangun pasca era ‘21’ yang dulu hanya memiliki empat studio saja.

Apakah hanya itu daya tarik Depok XXI? Ternyata, ragam makanan yang disajikan di café XXI juga kini jauh lebih beragam dan ‘gaul’. Caramel popcorn di café XXI menjadi makanan terfavorit dan terlaris bagi para pengunjung. Tidak mudah melempem seperti layaknya popcorn yang ditempatkan di kantong kertas biasa, karena popcorn dikemas secara rapat namun punya kesan unik. 

Bellanova 21


Terletak di Jl. MH Thamrin Sentul, tepatnya di Bellanova Country Mall, Bellanova 21 menawarkan fasilitas 21 dengan dua pilihan studio yang bisa dinikmati dengan harga tiket yang sangat murah, yakni Rp 40.000 di hari Sabtu, Minggu dan libur. Bioskop ini merupakan tempat terfavorit bagi mereka yang tidak suka dengan suasana hiruk pikuk pengunjung bioskop atau mal, yang biasanya terjadi saat penayangan perdana sebuah film. 

Tuh..kan banyak banget pilihan tempat nonton yang asyik di kota Bogor. Namanya kota hujan, ya nikmati aja kalau curah hujannya tinggi. Yang penting, acara nonton dan jalan-jalannya dapat tempat yang nyaman dan menyenangkan. Yang sudah siap-siap menikmati liburan....happy holiday yaaa....🚌🚕🚗🚘✈😃

11 Juni 2017



"Ibu..mau lagi yaa..."

"Nanti Alya...tunggu Mas..."
" Mas kan puasa, tunggu maghrib..."

*dan Alya masih tetap nunggu di depan kulkas. Buka-tutup kulkas-sampai dikasih ijin.

"Iya..gih, ambil satu". Akhirnya si Ibu yang nggak tahan lihat kelakuan ni anak.

Hi..hi. Nggak ngerti cuma kelakuan anak saya atau bocil yang lain juga. Kalau tahu ibunya nyimpen es krim di frezeer entah itu hasil mbuat sendiri...beli..atau dikasih...pasti bentar-bentar buka kulkas. Mantengin lama...ragu-ragu mau ambil, nunggu acc. Begitu terus...sampe es krim statusnya habis. Begitu tuh tingkah polah anak saya. Yang gede sih udah lumayan bisa ngerem. Yang kecil ini, kalau lihat es krim, kayak emak-emak lihat bongkahan emas-berlian. 😊😊



Kalau makan es krim, khusuk minta ampun

10 Juni 2017

Sejak ngeblog, saya lumayan terlatih untuk bangun pagi atau begadang. Tapi ternyata, untuk masak di dapur di pagi buta (untuk keperluan sahur)...saya masih males.😊😊  Makanya, ketika beberapa hari lalu saya baca status teman yang intinya "masih awal puasa, tapi menu sudah berputar di telur dan mie goreng". Hi..hi, ngikik saya bacanya.. Mirip nasibnya soalnya. Kalau saya, favorit di telur.

Jadi, sejak tahun kemaren..saya 80% sahur dengan buah. Ngurangi karbo ceritanya. Toh saya bandingin derajat lapar pas sore sama aja kok.

Tapi pak suami, Raka belum bisa kalau ikut-ikut sahur dengan buah. Belum berasa makan kalau belum makan nasi beserta lauk. Buah itu cemilan saja. Alya yang masih belum ikut puasa, juga masih tetep sarapan kalau pagi. Makanya salah satu kewajiban saya antara jam 3 sampai setengah 4 pagi adalah nyiapin menu sahur. Awal-awal sih masih mau masak, tapi lama-lama...kok mending nyiapin yang praktis-praktis aja ya..dan berikut beberapa makanan andalan saat sahur:
Di kategori lauk, ada beberapa lauk favorit:

6 Juni 2017



Jadi emak-emak itu harus pinter ngakali situasi. Itu prinsip saya. Makanya, ketika ada beberapa roti tawar yang meisisnya habis duluan karena digado sama anak-anak, ada sisa pisang raja hasil berkebun orang tua..maka otak saya berpikir, "mo diapain ya makanan ini..".

Roti tawar..dibeliin meisis lagi nanggung. Pisang, digoreng mlulu juga bosen. Makanya saya mikir, makanan ini harus diolah agar ndak ada yang mubazir.