29 Desember 2017



Biar nggak mlulu di Jogja, pas barengan liburan sekolah anak-anak, tempo hari kami maen ke Pantai Cahaya, Kendal. Sama seperti WBL maupun Atlantic Dreamland, penasaran saya tentang pantai Cahaya berawal dari banyaknya kaca belakang mobil bersticker; logo dengan tulisan THE SEA pantai cahaya, dengan 3 lumba-lumba yang melompat di udara. 

The power of sticker.😎😎

"Memang pantainya bersinar gitu Bu.." tanya Raka, sesaat sebelum kami berangkat. 

"Kalau lihat difoto sih biasa aja" jawab saya. Dan sampai sekarangpun, saya belum nemu jawaban kenapa ia dinamakan Pantai Cahaya. Mungkin saja sebuah harapan, agar pantai ini bisa menjadi "penerang" bagi banyak orang. Sumber rejeki maksudnya.. ah, tapi itu karangan saya aja.

24 Desember 2017

Soto Bathok

Popularitas Soto Bathok Mbah Katro Yogyakarta, sepertinya sudah tak perlu lagi dipertanyakan. Warung Soto sapi  dengan ciri khas menggunakan  bathok atau tempurung kelapa sebagai pengganti mangkok ini, lumayan terkenal dan banyak membuat penasaran para pecinta kulineran di wilayah Jogja dan sekitarnya.

23 Desember 2017


Selamat menikmati liburan akhir tahun teman-teman..😊😊

Sudah menyiapkan agenda mengisi liburan bareng teman atau keluarga? Kendaraan sudah dipersiapkan agar aman dan nyaman untuk dikendarai? Kendaraan yang nyaman tak hanya ditunjang dari mesinnya saja, melainkan juga bisa dari interiornya, sehingga membuat kamu yang berkendara juga menjadi semakin betah. 

22 Desember 2017


Beberapa hari terakhir, medsos lagi rame tentang kisruhnya pernikahan seorang anak pengacara terkenal dengan seorang penghafal alquran, Salma-Taqy. Hi..hi, saya nggak kenal mereka juga sebenarnya. Cuma awalnya penasaran, ketika ada berita yang ngangkat tentang keretakan rumah tangga mereka, wow..yang komen banyak banget! 

20 Desember 2017

Sayur Lodeh enak, Sasa Santan Kelapa


Sudah masak hari ini? Saya sudah. Anak-anak libur sekolah, jadi Pak Suami aja yang makan siangnya di kantor, selebihnya semua makan di rumah. Beberapa hari kemarin, menu sayur di rumah berputar di sayur sop, soto, dan tumis. Makanya, hari ini pengen sesuatu yang seger tapi kuahnya pake santan.

Paling gampang sayur lodeh. Tau sendiri kan, saya tinggalnya di pedesaan. Bahan sayuran masih gampang dicari di pasar atau pedagang sayur malah kadang, tetangga yang panen sayur, saya ikut dikasih juga. Ya, gitulah asyiknya tinggal di desa. Selain  bahannya mudah didapatkan, rasa sayur lodeh yang lezat dan gurih karena mengandung santan, sangat pas di lidah saat pagi hari sehingga memberi semangat untuk menjalankan aktivitas harian.

19 Desember 2017

DolaNjajan.com? Perkenalkan ya, itu blog baru "adik" nya coretanbunda.my.id. Jadi benernya blog ini lahirnya super cepat. Ketika banyak teman-teman menuliskan banyak resolusi di tahun 2018, tiba-tiba saya kepikiran..resolusi saya kok dikit banget. Tiba-tiba nongol ide, pengen buat blog satu lagi tapi yang lebih fokus. 

17 Desember 2017

Beberapa hari berturut-turut, tempat tinggal saya diguyur hujan. Intensitasnya lumayan tinggi. Biasanya tengah hari keluar tanda-tanda, mendung. Lanjut hujan sampe sore, nyambung malam. Seneng-seneng aja klo saya, malah kruntelan di rumah. Paling nonton tv, atau klo masih punya setrikaan..nyetrika aja malah agak anget di badan.

13 Desember 2017


"Hanya seorang Ibu yang akan tahu panjangnya malam..saat anaknya demam"

Saya ingat betul apa yang pernah dikatakan Ibu, belasan tahun silam. Sayangnya, dulu saya nggak terlalu perhatian dengan apa yang pernah diucapkan Ibu. Iya, karena dulu saya masih gadis, belum terpikirkan dengan pengorbanan dan kasih-sayang seorang wanita, terlebih setelah berstatus sebagai Ibu.

11 Desember 2017


"Malam tahun baru, ke Prambanan aja po..?" 
Ajak pak suami, suatu hari dalam sebuah perjalanan dari Sleman menuju Bantul.

"Festival of light ya? Paling juga mirip sama yang di Monjali atau di Kaliurang Mas.." saya berusaha menanggapi.

Beberapa malam tahun baru  terakhir ini, memang sering kami lalui di luar rumah. Kadang sekedar keluar sore dan menjelang tengah malam pulang, karena anak-anak sudah mengantuk. Pernah juga sampe pukul 00 menikmati kemeriahan pesta kembang api di Monjali, dan pulang dinihari. Tapi semakin kesini, saya kok semakin malas.. 

Sepertinya, bukan cara seperti itu yang sedang saya cari. Saya lebih butuh esensinya. Ketika tahun baru, bukan hanya kerlipan ribuan kembang api di angkasa, riuh-rendah tiupan terompet, tapi sebuah niatan untuk bisa menjalani hidup yang lebih baik, tahun depan.

Yeah! Saya harus memiliki spirit baru menyongsong 2018.  Pergantian tahun, saya pengen melewatinya dalam suasana yang lebih sunyi dan hening. Di rumah saja mungkin, atau entah dimana nanti. 

Bagaimanapun, saya mesti bersyukur karena tahun ini terjalani dengan cukup baik. Saya jarang dihinggapi rasa bosan karena sudah memiliki kesibukan yang bahkan bisa menghasilkan. Menulis, melakukan hobi yang (kadangkala) mendapatkan fee lumayan, bukankah itu menyenangkan? 

Ada banyak hal lain yang juga harus saya syukuri. Anak-anak yang semakin tumbuh besar. Seringkali memang mereka menjadi pemicu emosi, tapi tanpa mereka...saya tahu rumah akan sepi. 

Lantas, apakah 2018 saya masih punya obsesi? Meski saya termasuk aliran yang lebih suka nyantai, nggak perlu ngoyo ataupun saklek dalam menjalani hidup, tapi obsesi dan resolusi itu penting. Pertama, tentu agar saya punya tujuan yang ingin saya capai. Kedua, biar saya nggak lupa sama keinginan, dan nggak keluar jalur terlalu jauh. Ketiga, biar hidup saya makin terarah.


Setidaknya, ada 3 resolusi yang ingin saya lakukan di tahun 2018


1. Memberikan waktu yang lebih banyak untuk Orang tua.

Setiap kali datang menengok Orang tua, saya sadar mereka semakin tua, dengan badan semakin lemah, kulit keriput, dan badan yang semakin  membungkuk. Antara bersyukur dan sedih. Bersyukur, karena mereka masih ada, sedih karena hanya sedikit sekali saya "ada" untuk mereka. 

Diantara tiga anak Ibu dan Bapak, saya merasa saya lah yang paling belum bisa membuat mereka bahagia, ataupun bangga. Apa yang telah mereka perjuangkan dan berikan ke saya, belum bisa saya balas. Karena itu pula, saya punya niat, di sisa usia mereka, saya mau membahagiakan nenek- kakeknya Raka dan Alya, meski dengan cara sederhana, menengok  dan menemani sesering yang saya bisa.


2. Lebih serius menjalani pekerjaan

Tentu saja pekerjaan sebagai manager rumah tangga plus memaksimalkan blog dan sosial media yang saya miliki. Terus terang, kalau sedang mood nulis, dua jam pun saya bisa menulis satu artikel. Tapi kalau rasa malas datang, ya..saya hanya akan menjadi deadliner sejati, dengan hasil tulisan ala kadarnya. Oke, dari segi kuantitas, artikel yang saya buat di tahun ini jauh lebih banyak apabila dibandingkan tahun 2016. Tapi dari segi kualitas? Sepertinya masih dalam status "jalan di tempat". Itu artinya, saya mesti lebih banyak belajar dan belajar lagi. Lebih banyak membaca, dan lebih produktif menulis.

3. Gaya hidup yang lebih sehat

Saat ini, saya punya beberapa kesalahan yang ingin saya benahi. Pertama, saya malas olahraga. Kedua, saya suka begadang. Ketiga, asupan buah dan sayur saya masih kurang. Padahal, saya tahu ketiga pola hidup tersebut di atas nggak baik untuk kesehatan. 

Makanya saya mesti berbenah, memperbaiki diri. Bahkan mungkin harus segera, nggak mesti nunggu matahari 2018.

Seperti beberapa hari lalu. Saya yang awalnya baik-baik saja, tapi mungkin karena mengabaikan sinyal tubuh, akhirnya tumbang. Untung tidak terlalu lama. Theragran-M menjadi  salah satu yang berjasa saat saya melewati masa penyembuhan.



Satu kemasan Theragran-M berisi 4 kapsul salut gula yang kaya akan kandungan vitamin B1, B 6, B12 dan beberapa zat  penting lainnya. Komposisi  komplit ini menjadikan ia sebagai pilihan vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Saya sadar, tanpa modal kesehatan, maka segala resolusi yang sudah saya buat akan sia-sia dan berakhir percuma. By the way, teman-teman sudah siap songsong 2018? Tetap sehat dan semangat yaa?!

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M





7 Desember 2017

"Ngapain e ndusel-ndusel ibu, mau etek-etek lagi pho..?” Dan seperti biasanya Alya akan menjawab sembari senyum-senyum, "Malu...udah gede kok.”  Bukan sekali atau dua kali anak saya akan tiba-tiba bertingkah seperti bayi lagi, mendekatkan tubuhnya ke badan saya, seperti saat dulu ia masih menyusu. Mungkin ia lagi pengen bermanja-manja, seperti yang ia lakukan sore itu.

Menyusui bayi atau dalam bahasa balitanya Alya etek-etek memang merupakan aktivitas yang sudah tak lagi saya lakukan. Saya menyapih gadis kecil saya sekitar 2 tahun silam, saat Alya hampir berusia 3 tahun. 

4 Desember 2017


Orang Jawa yang nggak nJawani. Siapa itu? Saya. Padahal lahir, besar dan kayaknya bakalan sampe tua juga di Jogja. Sekolah-kuliah juga di Jogja terus. Tapi beneran...kepala bisa langsung nyut-nyut saat Raka pulang sekolah trus bilang.. "Bu...bahasa Jawane nggon wayang ada PR" atau kalau nggak gitu.. "Ada PR mbaca aksara Jawa..banyak". Thuing!😯😯

2 Desember 2017


Mengganti baju, mengganti celana, menyusui, menyuapi dan juga menggendong. Kalau boleh bernostalgia, 5 aktivitas itulah yang paling sering dilakukan seorang perempuan, saat memiliki bayi. Bersyukur karena tahap-tahap itu hampir semuanya sudah saya lewati. Tinggal mengganti baju, makein celana, sama nyuapi aja yang kadang-kadang Alya masih minta bantuan ibunya.

1 Desember 2017


Jaket memang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, namun anak-anak serta bayi pun juga harus memiliki sebuah jaket yang dapat digunakan ketika musim hujan tiba, karena otomatis udara akan menjadi lebih dingin. Jaket menjadi piranti yang penting pula untuk dikenakan ketika bepergian, misalnya saat mengendarai motor atau tengah berada di daerah pegunungan yang notabene memiliki udara yang lebih dingin.

30 November 2017


Kemunculan berbagai toko online sekarang ini ternyata benar-benar merubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Salah satunya munculnya Bukalapak yang merupakan market place untuk para pelapak menawarkan berbagai keperluan masyarakat. Sekarang, kamu tidak perlu pusing mencari barang dari tempat satu ke tempat lainnya apalagi masalah pakaian, tas dan lainnya, karena banyak sekali cara belanja fashion wanita di Bukalapak yang lebih mudah, menyenangkan dan tentunya menguntungkan.

Bagaimana tidak menguntungkan karena dengan belanja online, kamu  akan lebih banyak menghemat waktu dan tenaga dari pada saat belanja pada toko konvensional. Lebih jauh lagi, situs belanja online tersebut juga kerap menghadirkan promo-promo serta diskon belanja yang luar biasa. Salah satu yang paling menarik adalah promo harbolnas 2017 hingga akhir tahun yang diselenggarakan oleh Bukalapak.

Walaupun banyak kemudahan tetapi tentunya belanja online juga mempunyai kelemahan, salah satunya yaitu kamu tidak bisa memastikan apakah barang yang akan diterima sesuai dengan barang yang ada di gambar atau tidak. Oleh karenanya, kamu juga harus cerdas dan cermat dalam memilih barang yang akan dibeli. 

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai tambahan informasi untuk kamu  yang akan berbelanja secara  online, terutama untuk produk baju yaitu:

1. Perhatikan detail foto.
Tidak jarang tampilan foto diperbagus untuk menarik banyak konsumen, hal seperti itulah yang perlu kamu waspadai. Perhatikan secara detail dari bahan, foto ataupun jahitan dari setiap produk yang akan kamu beli. Pastikan bahwa memang foto tersebut akan terlihat seperti pada barang pada kenyataannya. Jika memang ada gambar yang janggal kamu bisa menanyakan lebih detail lagi pada penjual.

2. Bahan baju.
Saat membeli baju faktor kenyamanan merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Oleh karena itu kamu harus paham bahan yang digunakan dalam pembuatan baju tersebut. Jangan sampai kamu membeli baju yang tidak sesuai dengan bahan yang diinginkan, karena otomatis akan menjadikan pakaian yang sudah terlanjur terbeli, namun akhirnya tidak nyaman saat dipakai. Percuma kan akhirnya.

3. Ukuran baju.
Umumnya pemilik toko online akan menjelaskan secara detail barang atau produk yang dipaparkan digambar. Jangan sampai akibat belanja fashion wanita di Bukalapak tanpa melihat deskripsi, kamu mendapatkan baju yang tidak sesuai dengan tubuh. Nah, harus pahami sebelum membeli baik dari bahan, ukuran, warna ataupun lainnya. Ukuran sendiri sangat krusial untuk para pembeli, karena satu merk dengan lainnya terkadang berbeda.

4. Perhatikan harga.
Tidak bisa dipungkiri harga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembelian baju. Jangan sampai karena tertarik dengan harga yang murah lalu  kamu melupakan kualitas dari baju tersebut. Jadi pastikan kamu membeli baju yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

5. Kenali penjual.
Bukalapak merupakan salah satu market place yang ada di Indonesia, jadi disana banyak sekali pelapak dari berbagai daerah. Nah, untuk memastikan produk yang kamu beli dapat dipercaya pastikankamu mengetahui history dari pelapak tersebut. Paling tidak kamu mengetahui feedback apa yang diberikan oleh para konsumen sebelumnya dari pelayanan tersebut.

6. Simpan bukti.
Jika ada lebih baiknya kamu  memilih situs jual beli online yang memberikan garansi, tetapi jika tidak ada, kamu bisa menyimpan bukti transaksinya terlebih dahulu sebelum barang diterima dengan baik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya hal yang merugikan kamu selaku konsumen.

Walaupun Bukalapak merupakan salah satu online shop terpercaya dan memberikan jaminan tetapi untuk meyakinkan kamu bisa melakukan beberapa tips diatas. Dengan begitu kamu akan lebih tenang untuk belanja fashion wanita di Bukalapak dengan mudah. Selain itu untuk meningkatkan keuntungan, kamu juga bisa melakukan pembelanjaan saat promo besar berlangsung seperti harbolnas ataupun promo lainnya.

28 November 2017


Semuanya berawal dari Alya yang kena demam batuk-flu beberapa minggu lalu. Karena itu pula Alya yang nggak masuk sekolah beberapa hari, nemplok terus ke saya, ibunya. Belakangan, meski statusnya batuk-flunya sudah sembuh, acara hobi nemploknya belum ilang.

Manjanya kok keterusan, apa-apa maunya di tungguin. Bangun tidur, mesti pake acara berlama-lama di kasur, sambil minta saya tungguin. Bangun tidur siang pun begitu. Harus ada saya disampingnya. Padahal jam dia bangun, seringnya saya lagi nanggung masak di dapur. Nggak enaknya, karena saat posisi saya pengen digantiin ayahnya...Alyanya nggak mau. "Maunya sama Ibu" begitu katanya. Sampe-sampe, demi bonding dengan gadis mungilnya ini, suami  pernah dibela-belain ngilang dari kantor, untuk bisa jemput sekolah Alya. "Biar Alya deket lagi ke Ayahnya, nggak cuma Ibunya thok" kata Pak Suami. Tapi ternyata, belum kelihatan signifikan juga hasilnya.

25 November 2017


Laki-laki, lebih bahagia dari Perempuan? Survai membuktikan, ternyata Iya. Nggak percaya? Baca aja tulisan mba Nurin,  Laki-Laki Hidup Lebih Bahagia, Kok Bisa di postingan trigger KEBlogger Collaboration kelompok Mira Lesmana yang telah tayang beberapa hari lalu. 

Jadi mba Nurin  dan teman-temannya BPS ini, bulan Agustus lalu barusan melakukan pengukuran Indeks Kebahagiaan  terhadap laki-laki dan perempuan. Parameter yang dipakai banyak banget, tapi secara garis besar meliputi 3 dimensi yakni kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup, dan jreng-jreng...kesimpulannya adalah  bahwa indeks kebahagiaan laki-laki sekian poin lebih tinggi dibanding dengan indeks kebahagiaan perempuan. 

22 November 2017



Minggu kemaren, sebenarnya ada dua hari di mana formasi kami lengkap. Sabtu dan Minggu pada di rumah semua. Raka libur karena gurunya pada ada acara. Eh, Alya nggak libur ding, tapi mogok, kekeh nggak mau berangkat gara-gara ngerti kakaknya libur. 

Sabtu, ada rencana keluar, tapi  mesti njagong nikahan tetangga, jadinya kepending. Berdasarkan niatan yang tertunda, minggu pagi kami niatkan dolan ke Breksi. Mosok yang jauh-jauh, luar kota, luar propinsi  bahkan luar negeri berdatangan, penasaran dengan indah dan kokohnya Breksi, kami yang wong Sleman malah belum. Setelah dari Breksi, rencanaya nanti sekalian ke rumah ortu.

18 November 2017


Belakangan ini, 2 bocil saya punya hobi baru, nangkep belalang. 😁😁 Jadi di ujung kampung, masih banyak areal sawah. Beberapa petak belum ditanami, nunggu bibit padi siap mungkin, hingga banyak rerumputan yang merupakan habitat yang nyaman bagi belalang untuk beranak pinak. 

Entah apa menariknya si belalang ini, hingga kemudian anak-anak begitu suka menangkapnya-ditaruh dalam toples-dan kalau sudah bosan, akhirnya masuk kolam, jadi makanan ikan. Biasanya mereka berburu belalang di sawah ditemeni pak suami klo pas libur.

15 November 2017



Waktu beneran berasa berlari. Perasaan, belum lama keluar ujan-ujan, pengen liat suasana Kaliurang pas pergantian tahun bareng suami dan anak-anak, eh, sekarang rupanya dah mau ganti tahun lagi. Kalender juga sudah hampir habis, tinggal bulan November sama Desember doang. Ya ampun, 2017 sudah mau berlalu tergantikan tahun 2018.

14 November 2017


Masih ingat dengan perhelatan keluarga tokoh no 1 di Indonesia tempo hari? Yup, pada hari Rabu, 8 November 2017 lalu  Presiden Joko Widodo sukses menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu. Sama seperti pernikahan Gibran Rakabuming  sang putra sulung,  pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga di gelar di Gedung Graha Saba Buana,  Surakarta. 

Dalam acara tersebut terdapat beberapa menu hidangan yang merupakan menu khas solo yang disiapkan oleh catering Chili Pari. Adapun kelima menu khas solo yang menjadi hidangan di resepsi pernikahan puteri Jokowi, Kahiyang Ayu diantaranya sebagai berikut :

13 November 2017

Muara Kapuas Yogyakarta

Kapuas, sungai di Kalimantan? Hi..hi, jelas bukan. Muara Kapuas yang ini adalah salah satu tempat makan yang ada di Jogja. Klo adanya udah lama. Sampe sekarang, restonya ada 3 yakni di yakni di  Jalan Kapten Haryadi, Sinduharjo, Ngaglik, kemudian jalan Kaliurang Km 15,5 Umbulmartani Ngemplak, dan satu lagi di Jl. Magelang km 11, Beran, Sleman. Dari ketiganya, yang paling deket dari rumah yang Muara Kapuas Beran.

Biar nggak bosen sama masakan saya tiap hari, (ha..ha,  alasan!) padahal klo hari  Sabtu atau Minggu saya pengen libur masak, minimal frekuensinya jadi koki di rumah berkurang. Karena alasan itu, siang tadi saya, pak suami, dan anak-anak mutusin njajan makan siang di Muara Kapuas Beran, Sleman

Muara Kapuas Resto
Lesehan sisi depan yang basah

9 November 2017


Musim penghujan datang. Brrr...biasanya hawa dingin terasa dominan. Kalau sudah gitu, yang paling nyaman  adalah nyari sesuatu yang anget. Paling murah sih gegoleran sambil pake jaket atau selimutan tebal. Sudah gitu,  siapin kopi panas, cemilan hangat, plus nonton Tv. Walah, nikmat to  the max klo yang itu. 

8 November 2017


pantai Gesing Dari Ketinggian

Pantai Gesing, merupakan satu dari rangkaian panjang pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang berlokasi di dusun Panjolo Mulyo, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Posisinya yang berada di sisi Barat, menjadikan pantai ini lebih dekat dijangkau dari jalur Imogiri, melewati  jalur Jalur Imogiri-Panggang.

Bau amis khas pantai tercium begitu saya membuka pintu mobil, meninggalkan parkiran untuk mendekat ke bibir Pantai. Dari jauh, tampak hamparan air laut kebiruan yang diapit dua tebing yang berdiri kokoh.

Pantai Gesing Gunung Kidul
suatu siang (menjelang sore) di Pantai Gesing

4 November 2017


Pantai Bugel, Kulon Progo

Pantai Bugel, Kulon Progo
Selain menahan abrasi pantai, pohon cemara udang juga menjadikan pantai terasa teduh

Pantai Bugel. Familiar dengan namanya? Rata-rata mungkin akan jawab nggak. Kayaknya pantai ini menang jarang jadi bahan perbincangan. Sampai saat ini asset wisata pantai Kulon Progo yang paling terkenal, sepertinya masih pantai Glagah Indah.
Datang ke Pantai Bugel juga benernya spontan, tanpa rencana karena niatan awal adalah njagong bayinya teman di daerah Panjatan. Begitu acara njagong kelar, bingung mau ngapain. Mosok langsung pulang? Lokasi wisata terdekat, pantai Bugel. Lagian, terakhir ke Bugel sudah lama banget, jaman masih kerja, jaman masih jadi anak lapangan yang tiap hari kerjaannya dolan. Jadi sekalian aja liat perkembangan lokasi, pasti udah banyak perubahan.

2 November 2017


Sudah familiar dengan Kefir? Atau malah belum tahu sama sekali? Jujur, saya pertama kali tahu tentang kefir juga baru beberapa bulan yang lalu, melalui cerita seorang teman di Whatsapp grup.

Istilah kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang artinya enak, keadaan (kondisi) yang baik. Sementara asal mula kefir adalah daerah Kaukasus. Pada intinya kefir merupakan minuman dari susu yang telah melalui proses fermentasi. Susu yang digunakan bisa susu sapi, bisa juga susu kambing atau domba. Cara pembuatannya adalah dengan memasukkan butiran kefir ke dalam susu.

Mirip Yoghurt? Bisa jadi, karena keduanya sama-sama susu yang difermentasi. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kefir pun dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Berbicara soal mendapatkan kulit wajah yang cantik dan halus, baru-baru ini banyak sekali orang yang memakai masker kefir. Bahkan, tak sedikit orang yang sudah merasakan akan manfaat masker kefir yang luar biasa. Tentu kamu juga penasaran akan manfaat masker yang terbuat dari fermentasi susu ini. Nah, biar tidak penasaran, yuk kita intip mengenai 4 manfaat yang luar biasa dari masker kefir ini

1. Dapat Melembabkan Kulit wajah
Manfaat yang pertama dari masker kefir adalah dapat melembapkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan masker kefir memiliki 50 jenis bakteri probiotik, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar asam pada kulit wajah. Tak hanya itu, masker yang satu ini juga dapat mengontrol kandungan air pada kulit. Alhasil, kulit kita pun tidak akan kering. Dengan kata lain, kelembaban kulitnya akan tetap terjaga.

2. Menghambat Penuaan dan Meremajakan Kulit
Manfaat yang kedua dari masker kefir adalah untuk menghambat proses penuaan dan meremajakan kulit. Masker kefir sendiri mengandung AHA, yang sangat dibutuhkan oleh kebutuhan nutrisi kulit kita. Dengan menggunakan masker kefir, maka kebutuhan nutrisi pada kulit akan terpenuhi. Nah, bagi kamu yang ingin kulitnya terlihat lebih fresh, disarankan untuk menggunakn masker kefir secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

3. Membuang Sel-sel Kulit Yang Sudah Mati
Manfaat yang berikutnya dari masker kefir, yakni mampu membuang sel-sel kulit yang sudah mati. Perlu kamu ketahui bahwa sel-sel kulit yang sudah mati merupakan penyebab utama wajah menjadi terlihat kusam, lepek, dan kucel. Apabila hal tersebut tidak ingin terjadi pada wajah, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan masker kefir secara rutin dan teratur.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen
Manfaat yang keempat dari masker kefir yakni mampu meningkatkan produksi kolegan pada kulit wajah. Ini juga merupakan imbas dari sel-sel kulit mati yang sudah terbuang. Ketika sel kulit matinya sudah terbuang, maka masker kefir dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga akan tercipta sel-sel kulit yang baru.

Demikian tadi  ulasan mengenai 4 manfaat yang luar biasa dari masker ke kefir. Jika kamu sudah mengenai akan manfaatnya, tunggu apa lagi, mulai sekarang boleh banget  untuk memulai kebiasaan maskeran wajah memakai masker kefir.


31 Oktober 2017

Ibu rumah tangga itu sibuk. Makanya bisa langsung keluar tanduk kalo ada yang nanya " di rumah ngapain aja?" Namanya urusan rumah itu, selesai satu pasti muncul urusan berikutnya. Apalagi kalau sudah menyangkut cucian-jemuran- dan setrikaan. Never ending story klo yang itu.

Itu masih urusan rumah. Anak-anak belum. Ngebujuk anak yang susah makan, memintanya untuk sekedar ngerti waktu; kapan waktunya main, kapan mesti mandi dan sholat kadang itu lebih rumit dari pekerjaan kantor. Paling menguras kesabaran, adalah meminta anak beranjak dari layar gadget untuk berpindah ke buku pelajaran. Jawaban yang paling sering terdengar adalah "nanti...sebentar lagi ..."

30 Oktober 2017

"Hasil kamu fieldtrip di tulis di karangan yaa, nanti ditaruh di blog nya ibu...sekalian, kamu belajar ngarang. Mau diketik pake laptop boleh..ditulis pake tangan boleh.."

"Ya.. tapi besok"

Ketika hari yang dijanjikan tiba...

"Jare mau ngarang, kok nggak mulai-mulai. Malah nonton tv"....

"Nggak jadi"

Dan Ibupun kecewa
***

26 Oktober 2017


Bagi wanita, proses melahirkan adalah peristiwa yang menegangkan. Rasa sakit, gembira, pertaruhan antara hidup dan mati berbaur jadi satu. Meski sekarang ini ilmu kedokteran semakin canggih, namun hampir semua wanita hamil mengidamkan proses lahiran normal sebagai ending dari kehamilan mereka.

Belajar dari para nenek moyang dan para tetua, yang juga telah dibuktikan dengan penelitian medis, ada berbagai tips melahirkan normal yang bisa dilakukan seorang ibu hamil. Apapun yang dilakukan ibu hamil, pasti akan berpengaruh pada proses kelahiran si jabang bayi nanti, misalnya saja melalui aktifitas sederhana. .

Setiap hari, ada berapa banyak orang yang kita temui? Nggak kehitung kan yaa? Banyak banget! Ada yang cuma sekedar bertemu, berpapasan gitu aja, trus pisah. Nggak saling kenal. Tapi ada pula yang karena intensitas ketemunya sering, akhirnya kenal satu sama lain.  Interaksi dalam jangka waktu lama, memungkinkan antar individu untuk mengetahui sifat atau karakter pribadi masing-masing.

Meski begitu, ternyata ada cara lain untuk menebak karakter seseorang, tanpa perlu adanya interaksi intensif, yaitu melalui style pilihan pakaian yang seseorang kenakan. 

23 Oktober 2017

Beberapa waktu lalu, seorang teman, sesama ibu-ibu, entah karena apa tiba-tiba ngomong ini ke saya, "Kok..aku nggak pernah lihat mbak Lis pake rok atau gamis tho...?" Dan saya cuma bisa nyengir manis πŸ˜€

Waktu itu, kami berada di kegiatan arisan ibu-ibu kampung se RT. Acaranya non-formal, tapi beberapa ibu memang terlihat bergamis ria,  ada juga beberapa ibu yang make baju rumahan biasa, sementara saya ber kemeja casual berpadu jeans. Baju kebangsaan saya selama ini.

"Ngerasa nggak pede aja... Takut terlihat aneh, makenya juga ribet kayaknya  mbak " jawab saya dengan polosnya. Tapi...jeli juga ternyata ya teman saya itu.

18 Oktober 2017

Kopi Panggang Gunung Kidul


UNIK! Kata itu yang langsung muncul di kepala saat pertama kali liat Kopi Panggang. Lha, tempat makan, tapi depannya dikasih asesoris mobil.

"Oh..ini ternyata. Ini punya kakake mbak Kari (teman kantor pak suami). Yang punya Kupu-Kupu Malam Auto Custom itu." kata pak suami pelan. "Oo...kalau begitu, ya pantes" Jawab saya.


15 Oktober 2017


"Kapan to Raka libur agak lama? Selesai UTS nggak libur?" Tanya pak suami. Tumben. Kayaknya belio lagi pengen jalan-jalan agak jauhan.

"Yo nggak lah...libur habis terima raport, biasanya Desember. Sekalian libur Natal dan Tahun Baru" Jawab saya sok tahu, padahal belum ada info resmi dari sekolah, kapan anak-anak bakalan libur semesteran.

Dan ketika mata kami mencermati kalender di bulan Desember nanti, wow! Ada 4 hari libur yang jatuhnya berurutan. Pak suami libur di hari Sabtu-Minggu, dan libur hari Raya Natal pas hari Senin dan Selasa. Lumayan banget kan. Jadinya, bisa atur-atur strategi ngisi liburan mulai sekarang.

11 Oktober 2017



Pernah ada suatu hari dimana sulung saya mengajukan syarat yang begitu mudah untuk prosesi sunatannya.

"Bu..aku mau sunat, tapi nanti aku sambil makan permen sunduk (lolipop) yoo.."

Pernah juga ia dan kawan-kawannya tampak sibuk, meminta sabut kelapa ke tetangga, menghiasnya di halaman belakang, lalu menjadikan sabut itu kapal, untuk kemudian asyik mereka mainkan di kolam.

Hingga beberapa hari kemudian saya baru nyadar... oalah, ternyata anak-anak ini dapat inspirasi dari sebuah tayangan film animasi anak produksi negara jiran, yang saban hari diputar di salah satu stasiun tv swasta nasional.

Di lain waktu, sepulang ngantor pak suami membawa cerita,
"Anake koncoku tibo...tangane retak... menek uwit..bar kui sengaja terjun...ditakoni, niru nggon tv jare "

Sedih, tapi konyol kan?!

Sebenarnya, ada benang merah yang bisa kita ambil dari tingkah polah anak-anak yang saya ceritakan di atas. Yes, bener banget, betapa Televisi memiliki pengaruh signifikan bagi prilaku anak dalam kehidupan sehari-hari.

***

9 Oktober 2017



Selain laju informasi dan teknologi yang begitu cepat, salah satu fenomena sosial yang belakangan mengusik perhatian saya adalah pergeseran fungsi lahan. Nggak di kota, nggak di desa semuanya kena. 

Sederhana saja dan nggak perlu jauh-jauh. Dulu, di sekitaran rumah, masih banyak area yang difungsikan sebagai lahan perkebunan atau sawah. Sekarang, pelan tapi pasti pemfungsiannya mulai berganti. Semakin banyak lahan yang dipegang pengembang, diubah menjadi kapling-kapling tanah untuk hunian, atau dengan cepat sudah berubah wujud menjadi bangunan untuk kawasan pertokoan.

4 Oktober 2017

Sarangan di waktu pagi

Sebenarnya postingan ini  lanjutan dari acara maen ke Karanganyar tempo hari. Sayang aja, kalau udah di kawasan Tawangmangu nggak lanjut sekalian ke Telaga Sarangan.

Bisa mampir ke sini dulu: Wisata Bukit Sekipan Night dan Hutan Pinus Sekipan

Meski hitungannya sudah beda propinsi (Tawangmangu masuk Jawa Tengah, sementara Telaga Sarangan  masuk wilayah Jawa Timur, tapi jarak kedua tempat tersebut lumayan deket, sekitar  1 jam perjalanan. Telaga Sarangan sendiri, secara administratif berada Kecamatan Plaosan, Magetan.

1 Oktober 2017



Siapapun juga tahu, kalo Telkomsel merupakan salah satu provider internet terbesar dan terbaik di Indonesia. Terhitung sampai  2016, Telkomsel telah membangun sekitar 25.000 Base Transceiver Station (BTS), dengan   92% di antaranya   merupakan BTS 3G/4G sehingga   jaringan  internetnya terbilang paling luas, cepat, lancar, dan stabil. Ngebut pokoknya!! Selain itu, paket internet  Telkomsel  juga bisa dibilang lengkap banget. Siapa sih yang nggak kenal produk-produk pilihannya, yakni KartuHalo, simPATI, Loop, dan Kartu As.

Sekitar 85 juta pelanggan Telkomsel, aktif menggunakan jaringan 3G dan 4G. Kamu dapat menikmati layanan aktif Telkomsel di 95% wilayah Indonesia karena sekitar 500 kota mendukung sinyal 4G sehingga kebutuhan bandwith dan akses internet yang besar pun dapat dipenuhi. Kebutuhan masyarakat akan internet mendorong Telkomsel merilis 6 pilihan layanan peket internet untuk berbagai tipe smartphone. Berikut detail pilihan paketnya.

1. Paket TAU
Nikmati akses mendapatkan paket 4G khusus dengan Telkomsel dan rekan provider smartphone-nya  dengan   kuota  hingga   71 GB  yang  terdiri  dari   paket  TAU   (kuota hingga 60 GB), Paket device 2G migrasi (6 GB) dan paket USIM migrasi (5GB). Belipaket ini hanya dengan menekan *363*13#.

Paket   ini   hanya   berlaku   untuk  smartphone  tipe   Samsung,   Vivo, Evercoss,  Asus,Xiaomi, LG, Blackberry, Sharp, Lenovo, Oppo, Sony, Advand, Blaupunkt, dan Luna.

Secara terperinci, berikut detail paket TAU.
  • TAU Lite 10 GB (Rp 60.000,00): memberikan kuota 1 GB untuk semua jaringan(2G/3G/4G), 1  GB   khusus 4G, dan 5 GB MDS (Midnight Data Services) 1 bulan.
  • TAU Medium 30 GB (Rp 70.000,00): memberikan kuota 2 GB 2G/3G/4G, 5 GB4G, dan 13 GB MDS 1 bulan.
  • TAU  Heavy  45 GB (Rp 125.000,00): memberikan kuota 4 GB (2G/3G/4G), 10GB 4G, dan 16 GB MDS 1 bulan.
  • TAU Extreme 60 GB (Rp 210.000,00): memberikan kuota 8 GB (2G/3G/4G), 12GB 4G, dan 20 GB MDS 1 bulan.

 2. Paket iPhone Plan Postpaid
Seperti halnya  Galaxy Plan Postpaid, paket ini hanya menawarkan 1 paket khusus pengguna  iPhone  dengan KartuHalo. Sebuah paket bulanan seharga Rp 180.000,00 dengan total kuota 9 GB (3 GB 2G/3G/4G, 5 GB khusus 4G, dan 1 GB untuk video). Pembelian paket dapat dilakukan dengan menekan *363*777#

3. Paket iPhone Plan Prepaid
Ada 4 pilihan yang ditawarkan paket yang diperuntukkan bagi pengguna iPhone ini,
yaitu:
  • iPhone Plan Monthly  Kartu As: seharga Rp 130.000 dengan kuota 4 GB (2 GB regular dan 2 GB 3G) 30 hari, bonus 5 GB 4G 15 hari, ekstra 100 menit telepon dan ekstra 400 SMS ke sesama  Telkomsel, ekstra 1 GB untuk akses HOOQ danVIU serta ekstra berlangganan HOOQ dan VIU 30 hari.
  • iPhone Plan Monthly + 2 GB 4G simPATI: seharga Rp 130.000,00 memberikan 4GB (regular  dan 3G @2 GB)+ 100 menit  Onnet  + 400 SMS  Onnet  30 hari +Ekstra 2 GB 4G dan berlangganan HOOQ 30 hari.
  • iPhone Plan Monthly simPATI: seharga Rp 120.000,00 memberikan paket internet4GB (regular dan 3G @2GB) 30 hari, bonus ekstra 100 menit telepon dan ekstra400 SMS ke sesama Telkomsel, 5 GB 4G 15 hari, ekstra 1 GB untuk akses HOOQdan VIU serta ekstra berlangganan HOOQ dan VIU 30 hari. 
  • iPhone   Plan  (60 MB  + 5 menit + 5 sms) simPATI: seharga Rp 8.000,00 memberikan  kuota   harian 60 MB, 5 menit  telepon  dan 5 SMS  ke sesama Telkomsel.

4. Paket Galaxy Plan Postpaid
Internet super cepat dengan Galaxy Plan Postpaid Telkomsel menawarkan paket yang tepat dengan kuota besar dan harga terjangkau. Paket ini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna KartuHalo yang menggunakan Samsung Galaxy.Paket yang ditawarkan hanya satu, yaitu harga Rp 120.000,00 dengan total kuota 8GB (2 GB 2G/3G/4G, 5 GB 4G, dan 1GB untuk video). Berlaku auto renewal (paket diperpanjang secara otomatis setiap bulan), dan kuota video dapat digunakan untukstreaming  VIU,  HOOQ,  SuperSoccer  TV,   dan  Catchplay. Pembelian   paket   dapat dilakukan dengan menekan *363*777#.


5. Paket Galaxy Plan Prepaid
Menyediakan 5 layanan internet super cepat khusus pengguna smartphone Galaxy, diantaranya yaitu:
  • Paket Galaxy Plan 20 MB simPATI: seharga Rp 4.250,00 memberikan kuota data regular sebesar 60 MB, 5 menit telepon dan 5 SMS ke sesama Telkomsel, sertabonus paket flash 20 MB 1 hari.
  • Paket  Galaxy   Plan   Monthly  +   2GB   4G   simPATI:   seharga   Rp   75.000,00 memberikan  flash  2 GB dan ekstra 4G 2 GB, serta bonus ekstra berlanggan HOOQ 30 hari.
  • Paket  Galaxy Plan Monthly  simPATI: seharga Rp 65.000,00 memberikan kuota regular 2 GB 30 hari, 5 GB 4G 15 hari, ekstra 1 GB untuk akses HOOQ dan VIUserta ekstra berlangganan HOOQ dan VIU 30 hari.
  • Paket  Galaxy Plan  90 Hari simPATI: seharga Rp160.000,00 memberikan kuota data regular 2 GB 90 hari dan bonus ekstra berlangganan HOOQ dan VIU 30 hari.
  • Paket  Galaxy Plan Monthly  Kartu As: seharga Rp 75.000,00 memberikan kuota data flash 2 GB 30 hari, 5 GB 4G 15 hari, dengan bonus ekstra 1 GB untuk akses HOOQ dan VIU serta ekstra berlangganan HOOQ dan VIU 30 hari.

6. Paket Extra Quota Package
Paket   dengan koneksi super cepat ini hanya ada 1 layanan, yaitu seharga Rp50.000,00. Total kuota yang didapat yaitu 10 GB (2 GB 2G/3G/4G dan 8 GB 4G). Smartphone  yang  dapat membeli paket Ekstra Kuota yaitu berbagai tipe  Samsung Galaxy (J1, J1 Mini, J1 Ace, J2, J3, J5, J7, A3, A5, A7, A8, S6, S6 Edge, S7, Edge Note 5, Tab S2 9.7, dan Tab S2 8.0). Selain Samsung, smartphone lainnya yang dapat membeli paket ini yaitu Sony Xperia (M4 Aqua dan M5), LG (K4, Stylus 2, G4, dan G5), Lenovo (A6000, P70, A2010,Vibe Shot, K4 Note, dan A7000), Oppo (F1, F1 Plus, dan F1S), Xiaomi MI4i, AsusZenfone 2 Laser, Blaupunk Sonido J1, Vivo (V5, Y5IL, dan Y55), Evercross (Y3 danWinner T3), Advan (i5A, i7, i45, dan Advan i5S), serta Huawei (Honor dan P8 Lite).

Mulai pengalaman internetan dengan cepatnya jaringan 4G Telkomsel di smartphone kamu.  Koneksi  yang tersendat bukan  lagi  masalah dalam berselancar  dan  mewujudkan eksistensi   diri di  dunia   maya. Saatnya  kamu maksimalkan manfaat dari berbagai pilihan layanan di atas yang disesuaikan dengan tipe smartphone yang kamu miliki. Selamat berselancar dengan senang 😊

29 September 2017

Hutan Pinus Sekipan Tawangmangu

"Mas...ada pulu-pulu!!"

Teriak Alya memanggil kakaknya ketika melihat beberapa patung, dengan bentuk menyerupai tokoh-tokoh kartun yang setiap hari ia lihat;Ipin & Upin. Pulu-pulu adalah sebutan anak-anak untuk para suku yang menculik Upin dkk saat berburu harta karun, tentu saja karena dialog mereka mayoritas menggunakan bahasa "pulu-pulu".  

Dan sessi bersama para "pulu-pulu" ini sepertinya menjadi moment yang paling diingat anak-anak saat menjelajah wana wisata Sekipan, tempo hari.

Hutan Pinus Sekipan
pada ngumpet..niruin adegan di Upin & Ipin

27 September 2017

"Ibu..penemu huruf siapa?"

"Huruf abjad, alphabeth..?"

"Iya"

(Diem, saya berusaha mikir..tapi tetep aja nggak nemu jawaban)

"Cari jawabannya sama-sama aja yuk. Tahunya Ibu cuma orang jaman dulu.. Selebihnya Ibu udah lupa"
**
Kejadiannya sore kemaren pas lagi nemeni raka mbaca buku pelajaran ips kelas 5 pas tema kerajaan-kerajaan tempo dulu, dan tiba-tiba ni anak keceplos nanya itu. Persis, sama kayak pas nanya kenapa timun pahit, tiba-tiba aja nanya. 

Klo pertanyaannya seputaran kerajaan Majapahit bubarnya gara-gara apa, mungkin masih mending. Nyambung sama buku yang lagi dibaca. Lha ini, malah nanya, yang nemuin huruf siapa. Jadinya mau nggak mau ngubek google..nyari jawaban yang paling masuk akal.

Sebenarnya pas saya sekolah, pasti udah dapat materi tentang manusia pra sejarah dan sejarah, yang belum dan sudah mengenal tulisan. Lupa-lupa ingat,  kayaknya pas diajar pak Bambang, guru sejarah SMA. Jaman ngomongin peradaban bangsa-bangsa pendahulu macam Mesir, Roma, Babilonia dan kawan-kawannya. Tapi kalo inti pelajarannya, sudah menguap pastinya..

25 September 2017

handphone

Nyebelin, tapi Ngangenin. Ungkapan itu pas banget untuk menggambarkan perasaan saya ke telepon seluler alias ponsel yang saya pake untuk ngedraft tulisan ini. Kalau pas hang nya kumat, atau tau-tau restart, rasanya pengen banting. Apalagi kalau tiba-tiba mati sendiri, karena saya make terlalu lama hingga ia panas.

Geregetan itu kalau tiba-tiba card reader utama yang dipake untuk internetan nggak mau ndetect sim card. Aduh, ngerasa pengen guling-guling ditempat. Ha..ha, ibarat orang, penyakitnya udah komplet. Meski begitu, mau nukar kok sayang, mau dipertahankan..kok kadang ngrepotin. 

23 September 2017

20 September 2017

Awal tahun 2004, 13 tahun silam. Setelah masa magang dan status karyawan kontrak selesai, saya tercatat sebagai karyawan tetap. Mulai hari itulah, hak baru saya miliki; jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kesehatan. Itulah pertama kalinya,  nama saya tercatat sebagai bagian dari peserta asuransi. 


15 September 2017




"Ibu i..koyo kak Ros.."
Ha..ha, sebenarnya saya ketawa dalam hati klo anak-anak protes tentang gaya parenting saya. Tapi memang bener kok. Saya galak, bawel, seperti kata anak-anak. Mirip Kak Ros dalam Upin & Ipin. Tapi meski galak, tujuan kak Ros baik. Karakternya tegas terhadap adik-adiknya.

Tentang sikap seperti itu, sebenarnya saya juga punya alasan. Biar anak-anak tertib. Kenapa sekarang? Mumpung masih anak-anak. Jadi klo sejak kecil dibiasakan taat aturan, nanti gedenya tertib juga. Harapannya itu. Contoh riilnya kayak gini: sepulang sekolah, sepatu, tas dan sragam taruh di tempat semestinya, main juga mesti ingat waktu, setengah 5 sore pulang, karena belum Ashar an dan nanti mandinya ndak kesorean.

12 September 2017

Dreamland, jawa tengah

Mampir? Iya memang sebenarnya dolan ke dreamland Salatiga tempo hari, awalnya cuma mampir. Tujuan awal kami, ke Boyolali tempat adik ipar. Berhubung kayaknya rugi klo nggak sekalian dolan, pas pulang akhirnya mbelokin kendaraan ke Atlantic Dreamland. Memang lokasinya dimana? Atlantic Dreamland, lumayan gampang dicari. Lokasinya berada di tepi jalan negara yang menghubungkan Semarang dan Surakarta. Posisi pasnya ada di Jl.Soekarno-Hatta No 33, Isep-Isep, Salatiga, Jawa Tengah.