8 Agustus 2015

Lesehan Sego Wiwit, Enak di Lidah, Pas di Kantong

Happy week end! 
Mumpung lagi akhir pekan, kayaknya enak kalau saya nulis pengalaman kami kemaren sepulang hunting seragam Tapak Sucinya Raka. Pengalaman makan-makan... :-) 

Jadi ceritanya semua kegiatan ekstra Raka dah mulai aktif minggu depan. Satu yang kelewat kebeli seragam Tapak suci; salah satu ekstra wajib yang mesti diikuti anak-anak kelas 3 sampai 5. Niatan awal mau nyari perlengkapan ini di Kedai Pramuka, tp begitu lewat sana toko pas tutup. 

Ya sudah, pindah haluan ke daerah pertokoan di Jl.Ahmad Dahlan. Setelah 3 kali muterin jalan Ahmad Dahlan-Wachid Hasyim, berkali-kali drama nggak bisa parkir karena badan jalan yang sempit dan pas macet hingga endingnya nitip parkir di parkiran bis Ngabean, akhirnya dapet juga tu seragam; tapi ada efek ikutannya...Lapar karena nyarinya pake perjuangan bolak-balik nyari parkiran! 

Sekalian pulang, si ayah ngajakin mampir di Lesehan Sego Wiwit; tempat ia dan teman-teman kantornya sering ngadain rapat, sekalian makan. Lokasinya gampang banget dicari seandainya memilih jalan Ringroad Baratnya Jogja, karena ada beberapa papan nama di lengkapi penunjuk arah. Rumah makan dan lesehan Sego Wiwit berada di wilayah desa Nambongan,Tlogoadi, Mlati, Sleman. 

Meskipun tak tahu asal-usul pastinya...tapi tebakan saya sebelum rumah makan berdiri, tempat ini merupakan areal persawahan di tepi sungai, dengan kondisi tanah yang kurang menguntungkan ( area tidak rata). Tapi, ditangan kreatif plus jiwa bisnis, lahan yang mungkin kurang maksimal sebagai tanah pertanian, bisa pula dialihfungsikan. Jadinya seperti ini!


Kalau yang menyukai tempat makan bernuansa alam, tempat ini pas banget. Tempat makan berupa gasebo bambu diatas kolam pemancingan, dengan beberapa ukuran. Karena tempatnya luas, jadi tempat makan yang tersedia pun banyak banget, jadi tinggal milih yang kosong atau belum dipesan saja.


Sesi berikutnya, pesan-pesan makan! 

Yang agak nggak nyaman, daftar menu makanan tidak disiapkan standby diatas meja. Jadi kita nunggu disamperi mbak-mbak/mas-masnya yang datang sambil membawa daftar menu dan mereka nungguin kita memilih daftar makanan/minuman yang akan kita pesan. Jadi berasa seperti belanja dan pilihpilih baju, tapi ada pramuniaga yang terus nungguin disamping...

Nggak ganggu, tapi agak nggak nyaman karena berasa ditungguin . Maklumlah, dalam memilih, tidak hanya rasa dan bentuk, harga juga pertimbangan...

Dasar emak-emak😀😀

Sekilas (kalau lama-lama mlototin daftar menu, nggak enak sama mbaknya) menu utama dari rumah makan ini olahan ikan air tawar. Standarlah, goreng, bakar atau asam manis gitu. Tapi bagi yang nggak suka ikan, ada beberapa menu berbahan dasar ayam dan sapi. Untuk menu minuman, lumayan lengkap..tapi saya mah pesennya yang standard-standard aja, hi..hi... :-) 

Sembari menunggu pesanan datang, bisa sambil lihat ikan-ikan yang berenang. Oh, ya...kalau waktu makannya pas ada waktu sholat, ada Musholla nya juga kok. Ukuran lumayan gede, untuk 20 jamaah sholat sepertinya muat. Konsepnya nggak jauh-jauh dari alam pula, berbahan bambu dan semi terbuka. Kalau sholatnya pas senja seperti saya kemaren...bisa sholat sembari dengerin suara jangkrik...krik...krik...krik. Nggak lama setelah maghriban, pesananpun datang. 

Serbuuuuu.......!





Nunggu pesanan disiapin sama waktu maemnya lamaan mana? Masih lama waktu maemnya kok, karena harus nyuapin Alya dulu. Biasa ni anak...kalau menu tanpa kuah, biasa pake acara diemut dulu. Jadi lamaaa banget. Tapi untung tempat makannya nggak mbosenin :-) 

Beberapa saat setelah Isya, baru kami jalan menuju kasir. Perut kenyang, lidah masih kepedasan * sambelnya pedes banget!

Ini dia sedikit bocoran daftar harga yang saya tahu: ( menu dibawa mbak waitress, jadi nggak bisa ngasih info versi lengkapnya)


  • Gurameh bakar ukuran sedang ( 1 ekor, standard untuk ber tiga) @46.000 
  • Nasi 3 porsi ( alya nebeng ibunya) @3.500
  • Terancam. @7000 
  • Aneka sambal @3000 
  • Jus stroberi @7000 
  • Jeruk @3500 
  • Teh @3000 

Murah-meriah kan ?? Jogja gitu loh.... :-D Penasaran untuk mbuktiin sendiri? Berangkattttt......!!! 

RM. SEGO WIWIT Nambongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman 0274-3002154/085643586766

19 komentar:

  1. wah kemarin sempet liat ini mak waktu aku bkunjung k jogja muter muter naik becak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastu nyesel nih...klo nggak mampir... Naik becak mb..? Tp ini lokasinya dipedasaan...mlh jarang liat becak klo diseputar sini

      Hapus
  2. Jogja oh Jogja, murah meriah dan lezat tentunya. Tempatnya asik ya mbak, bisa betah kesitu deh. Hihi... Selamat menikmati!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener-bener, Jogja mmng murah meriah... Uang 2000 masih bisa makan nasi plus lauk ( sego kucing, angkringan)

      Hapus
  3. kapan-kapan kalau mudik mau nyoba, emak yang satu ini suka nyicipi yang model beginian, nuansa pedesaan. kalau di solo juga ada rasanya ndesoooo banget. terima kasih mak, artikelnya menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak, silakan.. Pedesaan dan alam itu menyegarkan mb...ndak mboseni untuk dilihat dan dinikmati...

      Hapus
  4. kapan-kapan kalau mudik mau nyoba, emak yang satu ini suka nyicipi yang model beginian, nuansa pedesaan. kalau di solo juga ada rasanya ndesoooo banget. terima kasih mak, artikelnya menarik.

    BalasHapus
  5. buat suasana dan tempat yang nyaman kayak gitu, murah banget yah mak! Ah... kalo pulkam coba mampir deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh mb... Datang sendiri dan buktikan...:-)

      Hapus
  6. itu murah mbak, secara kalo di jambi...harga-harga ajib banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya nyarinya yang ringan di kntong aja kok mb. He-eh, living cost di Jogja jauh lbh murah....palagi klo pembandingnya luar jawa

      Hapus
  7. Tlogoadi ki sebelah mananya cebongan ya? soale dulu kkn di daerah situ di brengosan.

    wis, nek soal jalan-jalan dan makan-makan aku manut wae deh diajak ke mana. hihihi...

    panorama sorenya kelihatan indah ya. subhanalloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasar cebongan ke barat po ya *aku bingungan arah ki mb... Daerah selokan mataram ni mb...deket2 ketingan

      Hapus
  8. Lokasinya keliatan fresh banget yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lbh fresh klo musim hujan sebenarnya...tp lumayan cantik juga pas kemarau Mbak

      Hapus
  9. asik ya tempatnya, murah2 lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb. Nyari t4 makan yang nggak bikin kntong cepet bolong..hi..hi

      Hapus
  10. Tempat makannya asri ya, Mbak. Boleh tuh... secara harga juga oke. Semoga suatu saat bisa ke Nambongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Lebih mudah dijangkau lwt ringroad Pak. Nemu selokan...ikuti papan nama. Ketemu deh..

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin