Cara Jitu Saat Serdadu Nyamuk Menyerbu

29 komentar


Setelah menjadi ibu, saya baru tahu tentang ilmu ini; betapa kualitas tidur anak begitu penting. Berbekal ilmu titen;(menyimpulkan setelah kejadian berulang), anak-anak akan menjadi cenderung rewel  kalau mereka kurang tidur. Raka akan cenderung ngantukan, ogah-ogahan saat jam belajar tiba. Baru mengerjakan soal beberapa, langsung mengeluh ngantuk. Sementara Alya, akan menjadi gembeng atau cengeng. Sedikit-sedikit salah, ngambek, dan nangis.


Banyak faktor juga, kenapa anak-anak mengalami kurang tidur. Bisa karena kondisi badan mereka yang kurang fit, terserang flu misalnya. Kadang karena terlalu banyak aktivitas atau kecapekan di siang hari, malamnya justru tidur gelisah, atau klisikan. Faktor hewan pengganggu alias nyamuk sering juga. Lupa menutup pintu dan jendela menjelang maghrib, membuat nyamuk-nyamuk leluasa masuk ke dalam rumah.

Foto dari ahsanfile.com


Tahu gambar diatas? Bunga keluwih jantan, di tempat saya disebut onthel. Apa hubungan antara onthel dan kualitas tidur? Saat masih SD, ibu sering meminta saya memunguti onthel yang gugur atau jatuh di kebun, kemudian menjemurnya. Benda inilah yang biasa dipakai keluarga pedesaan jaman dahulu, guna menjaga kualitas tidur anak-anaknya dari serangan nyamuk. 

Caranya, sama seperti penggunaan obat nyamuk bakar, tempatkan onthel kering dalam wadah, bakar ujungnya, dan nyamuk pun akan pergi setelah mencium bau asapnya. Secara ekonomis, tentu lebih hemat. Bau nya pun seingat saya lebih enak daripada aroma obat nyamuk bakar buatan pabrik. Zat bernama saponin yang terkandung di dalam bunga keluwih, dipercaya mampu berperan sebagai pengusir serangga. 

Seiring perkembangan, penggunaan onthel sebagai pengusir nyamuk alamipun semakin ditinggalkan. Faktor pemicunya adalah dampak ikutan penggunaan, seperti membuat kotor, berasap, dan takutnya justru mendatangkan bencana (kebakaran). Ditambah lagi keberadaan pohon keluwih juga semakin jarang. Banyak keluarga akhirnya beralih kepada pengusir nyamuk yang lebih modern dan berteknologi, seperti Baygon Liquid Elektrik ini.


Foto dari mommiesdaily


Kenapa Baygon Liquid Elektrik? 

Ada 3 varian produk Baygon Liquid Elektrik yang dilempar ke pasaran, yakni Baygon Liquid Elektrik Base, Baygon Liquid Dual Power, dan Baygon Liquid Elektrik Advance. Jangan bingung...meski bentuk sedikit berbeda, pada intinya mereka tetap sama; berisi 33 ml cairan anti nyamuk yang bisa dipakai selama 45 hari dengan durasi pemakaian 8 jam/hari. Ketiganya dilengkapi diffuser baru, hingga efektif membunuh nyamuk tersembunyi sekalipun. Yang membedakan antar mereka,  fasilitas yang ada.

Mudah, itu pasti. Obat nyamuk ini menggunakan listrik sebagai media. Hampir semua rumah teraliri listrik bukan? Oleh listrik, anti nyamuk yang berbentuk cairan akan diubah ke dalam bentuk gas beraroma khas wewangian yang tidak disukai nyamuk. Ada 3 aroma Baygon Liguid Elektrik, dan konsumen bisa memilih sesuai dengan kesukaan mereka, yakni wangi reguler (pine scent), lavender, dan Natural eucalyptus scent 

Berikutnya, praktis. Saat serangan nyamuk merajalela...kita tinggal memasang anti nyamuk ini ke dalam stok kontak. Lampu indikator tanda tengah terjadi proses pemanasan pun akan menyala. Praktisnya lagi, si pembuat ruangan tanpa nyamuk ini didesain tanpa kabel, ringan, berukuran kecil, hingga dapat ditenteng dan dipindahkan dengan mudah kapan saja. Tanpa repot kan?

Tanpa asap. Ingat kan jaman kejayaan obat nyamuk bakar berbentuk spiral. Saya kurang suka dengan obat nyamuk jenis bakar. Asap dan aromanya terlalu menyengat untuk hidung dan justru mendatangkan rasa tidak nyaman saat bernafas. Paginya pun, saya harus menyapu abu residu pembakaran. Karena berbagai faktor itulah, Baygon Liquid Elektrik dipercaya banyak kalangan mampu memberikan perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak. Sebagai orang tua... Betapa bahagianya saya saat melihat anak tidur pulas, dan siap memberikan senyum termanis saat bangun tidur tiba :-) 

Semoga ada manfaat yang bisa diambil postingan tentang 'pengusiran' nyamuk ala bundanya Raka dan Alya ini ya.. :-) Temukan banyak cerita dan tips tidur tanpa nyamuk di blog urban mama. 

#TUMBaygonBlogCompetition

Sumber :
http://purnamaningrat.blogspot.com/2009/03/bunga-keluwih-sebagai-anti-nyamuk.html?m=1 
http://baygon.mommiesdaily.com
Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

29 komentar

  1. Oh yaa.. Bunga kluwih itu obat nyamuk alami ya Bunda Raka. Di kampungku jaman dulu jg pake ini. Sayang skrg susah dpt. Pohonnya makin jarang, kluwih juga makin mahal.
    Semoga kontesnya sukses ya Bunda Raka ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman jadul kan mbak Vhoy...sekarang bunga kluwih dah mulai langka....yup, makasih....sukses juga tuk mbak vhoy yaa..:-)

      Hapus
  2. udah pernah nyoba mak ya lumayan sih mengusir nyamuk

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana yang lumayan mak...onthel atau baygon? Btw...makasih lo yaa dah mampir

      Hapus
  4. Ih, baru tahu kalo bunga kluwih bisa bermanfaat buat usir nyamuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mak...cuma skrng masalahnya....tuh pohon makin jarang....yang masih tlaten ngopeni onthel juga makin dikitt..

      Hapus
  5. anak saya paling gak bisa tidur kalo udah digigit nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emaknya juga mesti repot klo dah gitu Mak...plak-plok jadi pemburu nyamuk.Tetapi skrang nggak lagi kok yaa...kan dah ada anti nyamuk:-)

      Hapus
  6. Rasanya pengen gigit nyamuknya Mbak, kalau si bungsu digigit nyamuk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha, balas dendam. Eh, tapi nyamuk ada nutrisinya nggak tho? Klo iya..mau aku..wkk..wkk

      Hapus
  7. waaah, ingat masa kecil, saya dulu juga pernah mbakar ontel kayak gituuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhah...daerah asal saya sm kalasan kan tetanggaan pak ustadz....:-) Jadi tradisi golek onthel juga msh ada. Btw, maturnuwun sampun mampir:-)

      Hapus
  8. oalaah...baru ngerti bab ontel. tak kira gambar apa itu tadi. :-D

    memang alam sudah disediakan bagi manusia untuk diolah sedemikian rupa ya. masya Alloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha, di Blok O ga ada pohon kluwih yo mbak... Yup, jaman dulu ini cukuo efektif mengusir para nyamuk mbak. Yen skrng nggak tahu juga msh ada yang make apa nggak....

      Hapus
  9. wah,,buah kluwih bisa dipakai untuk mengusir nyamuk ya?? he baru tau.Terimakasih infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga jantannya mbak...yang gagal jd buah, trus jatuh itu lho...klo buahnya buat sayur lodeh aja,,:-)

      Hapus
  10. saya paling sebel sama nyamuk mbak, sebel banget coz memang menganggu kuaitas tidur, saya kalo ada nyamuk jadi ga bisa tidur lho, btw saya juga pake baygon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak evrina....paling sebel klo dah pada nguing nguing di telinga....

      Hapus
  11. Nah ini dulu termasuk mainan saya mak hihihi
    tapi sayang sekarang udah agak susah ngedapetinnya.
    dulu kalo mainan di kebun/pekarangan, biar gak banyak nyamukya ya mainan bakar-bakaran ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak jaman dahulu mah gitu ya mbak...menggambil sesuatu dari alam, disulap jadi mainan. Saya ngalami masa2 itu juga soalnya....sekarang mainan semua dah di suply oleh pabrik...

      Hapus
  12. tanaman lavender juga ngusir nyamuk ya mba...aku sih pakenya baygon hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baygon seingatku merk paling senior anti nyamuk ya mbak....dulu muncul pertama warna ijo, bulet....

      Hapus
  13. Saya selalu tinggal di pulau yang nyamuknya banyak. 8 tahun di Papua membuat kami sekeluarga terserang malaria. Skrg pindah ke Bali, ternyata nyamuknya juga banyak, dan baygon elektrik sangat membantu saya mengusir nyamuk, meski kadang ada beberapa nyamuk bandel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai kena Malaria segala mb? Ngeri yaa,,, ah, nyamuk ...mmg nyebelin. Tapi kok tiba2 kepikiran....klo ndak da nyamuk, cicak makan apa ya mb?

      Hapus
  14. Tiap malam nih saya nepokin nyamuk di kaki anak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rondanya emak-emak ya mbak.... Klo dah nggak sanggup ngatasi, saya pasrahkan anti nyamuk klo sy mb...

      Hapus
  15. baygon elektir selain aman tanpa asap juga praktis ya untuk digunakan, apa lagi untuk anak, kasian juga kalo anak udah kena serbuan nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mb. Faktor praktis dan bersih yang biasanya bikin pada kesengsem ama baygon elektrik

      Hapus

Posting Komentar