30 January 2018

Mekarsari Recreation Park, Objek Wisata Lama yang Tak Pernah Membosankan


Beberapa kali dalam sebulan liatin kalender, hitung hari libur, dan mbayangin ke suatu tempat yang cantik?  Kalau aktivitas itu termasuk sering kamu lakukan...yuk, kita tos dulu 😁 Kayaknya semuanya bakal sepakat, kalau liburan itu sesuatu yang menyenangkan..hingga kemudian begitu dinantikan.

Masih bingung mau liburan mau kemana? Nggak perlu.

Ajak keluarga ke Mekarsari Recreation Park, tempat wisata di Bekasi yang sudah sangat terkenal ini. Kunjungi situs resmi traveloka untuk informasi lengkap dan booking akomodasi yang kamu butuhkan saat datang ke sana. Sebetulnya, Taman Wisata Mekarsari ini ada di Bogor. Namun, letaknya gak terlalu jauh dari Bekasi. Lokasinya yang strategis membuat wisatawan dari luar kota, khususnya yang dekat dengan kota ini sengaja datang ke sini.
Tapi, sebelum mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan di sini, sebaiknya kita ketahui dulu sejarahnya.

Sejarah Taman Wisata Mekarsari

Ibu Tien Suharto adalah penggagas berdirinya Taman Wisata Mekarsari. Yaitu, pada tahun 1990 dan baru dibuka secara resmi pada tahun 1995. Konsep awal berdirinya taman ini dimaksudkan untuk konservasi tumbuhan. Namun, seiring berjalannya waktu, konsep taman tersebut ditambah sebagai tempat untuk edukasi, reboisasi, dan juga rekreasi.

image: @mekarsari_fruitgarden

Lebih dari 100 ribu pohon dan 1.470 varietas tanaman buah ada di taman seluas 264 ha tersebut. Termasuk, beberapa diantaranya adalah tanaman biofarmatikan, tanaman rempah, tanamang hias, tanaman pangan, tanaman pelindung, tanaman industri, dan tanaman sayur. Untuk kebutuhan budidaya dan penelitian tanaman-tanaman tersebut, di sini juga terdapat laboratorium untuk proses persilangan dari varietas-varietas tanaman yang berbeda.
Agro Wisata
Sebagai tempat konservasi, sudah jelas jika Taman Wisata Mekarsari merupakan tempat wisata pertanian atau Agro Wisata. Proses budidaya di sini gak hanya mengenai pemuliaannya saja, tapi juga dalam pembiakan bibit unggulnya. Bibit unggul tersebut kemudian disebarluaskan kepada para petani dan masyarakat. Sehingga, bibit unggul hasil budidaya ini bisa membantu meningkatkan hasil pertanian di tanah air.

Ngapain Aja di Mekarsari?

Di Mekarsari, tentu kamu harus mengelilingi taman tersebut dan melihat berbagai keindahannya. Tapi, nggak hanya berkeliling taman dengan atau tanpa kereta saja. Di sini juga ada 3 aktivitas lain yang bisa kamu lakukan.
Piknik

image : @mekarsari_fruitgarden

Taman Mekarsari nggak melarang pengunjung atau wisatawan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Di sini, kamu bisa makan bekal yang dibawa dengan menggelar tikar di sana. Nggak sempat bawa bekal? Jangan khawatir. Di sini, terdapat banyak tempat makan yang menjual makanan seperti bakso, nasi goreng, nasi pecel, dan makanan berat serta ringan lainnya yang tetap bisa kamu nikmati dengan suasana piknik.
Petik Buah
Mekarsari memberikan fasilitas petik buah sendiri bagi pengunjung. Namun, kita harus menyiapkan biaya tambahan untuk wisata petik buah tersebut, sekitar Rp. 50 ribuan per orang. Jenis buahnya tergantung yang sedang panen saat itu dan hasilnya nggak bisa kita bawa pulang begitu saja, buah harus dibayar berdasarkan beratnya. Kalau nggak mau bayar dobel, tiket petik buah dan beli buahnya, lebih baik beli buahnya saja. Di sana disediakan toko khusus yang menjual buah-buahan tersebut. Pastinya segar, fresh dari taman buah.

Wisata Air
image: @mekarsari_fruitgarden
Salah satu wahana yang disediakan di Taman Mekarsari adalah wahana air yang bernama Water Kingdom. Luasnya 5,2 ha, bahkan mampu menampung hingga 15 ribu orang. Di wahana air ini kita bisa naik sepeda air, naik banana boat, angsa air, aqua bike, perahu naga, kano, hingga memancing. Tersedia juga kolam arus yang panjangnya mencapai 600 m dan merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan fasilitas Boomerang Slide yang ketinggian menaranya mencapai 16 m dengan panjang papan seluncur 118 m. Wahana ini akan memacu adrenalin kamu.
Ssst… tarif masuk tempat wisata di Bekasi ini baik weekdays maupun weekend sama saja, lho! Kamu bisa datang kapan saja tanpa perlu tunggu promo. Kurang keren gimana coba😊

11 comments:

  1. Wah enak ya kalau ke taman mekarsari bisa bawa bekal sendiri, jadi lebih hemat kalau mau wisata :D

    ReplyDelete
  2. Tempat yang cocok nih kalau mau ajak anak-anak jalan-jalan, apalagi ada banana boat itu pasti seru :D

    ReplyDelete
  3. Yups waterkingdom idola anak anak saya keti berkunjung ke Mekarsari kalau orangtuanya sih lebih memilih memetik buah

    ReplyDelete
  4. Wah cocok buat wisata keluarga ya mbak, tempatnya pasti juga bagus, adem dengan nuansa pedesaan :)

    Saya pengen petik buah nih, sepertinya asyik bisa petik buah sendiri langsung dari pohonnya :).

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah ke Mekarsari. Ini waktu era Pak Harto memang sangat terkenal banget ya. Sampai sekarang pun tetap banyak peminatnya, rombongan sekolah ya biasanya. Iya kalau yang tempat tinggalnya jauh, mending cari penginapan aja di Traveloka.

    ReplyDelete
  6. Wah, tempatnya keliatan enak buat refreshing ya mbak :D

    Saya sering denger Mekarsari tapi belum pernah sempat mampir. Kalau weekend yang bukan musim liburan (masih minggu2 masuk sekolah) kira2 penuh nggak ya di sana mbak?

    ReplyDelete
  7. Kayak pernah denger namanya, tapi belum pernah main kesitu..hehe
    Lumayan juga ya, Teh lokasinya dan tempatnya juga bagus..
    Ini mah asik banget kalau buat ngabisin waktu weekend, yang sebelumnya penat karena kerjaan..he

    ReplyDelete
  8. okeh dech Mbak Tos juga..... :)

    Artikel ini JOb Riviewkah Mbak ?

    tempatnya asik menurut saya, apalagi ada tempat metik buah, klu cuma makan dibawah pohonnya apakah tetap harus ditimbang dulu beratnya, mBak ?

    ReplyDelete
  9. Saya maah belum pernah ke sini. Padahal kayaknya asik dan di sana ada penginapannya juga, ya

    ReplyDelete
  10. aku penasaran sama gambar bangunanya.

    ReplyDelete
  11. Seger-seger kayaknya kalo ke sana.
    Bikin adem.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin