Personal & Lifestyle Blog

14 November 2017

5 Menu Khas Solo Ini Menjadi Hidangan Di Resepsi Pernikahan Puteri Jokowi


Masih ingat dengan perhelatan keluarga tokoh no 1 di Indonesia tempo hari? Yup, pada hari Rabu, 8 November 2017 lalu  Presiden Joko Widodo sukses menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu. Sama seperti pernikahan Gibran Rakabuming  sang putra sulung,  pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga di gelar di Gedung Graha Saba Buana,  Surakarta. 

Dalam acara tersebut terdapat beberapa menu hidangan yang merupakan menu khas solo yang disiapkan oleh catering Chili Pari. Adapun kelima menu khas solo yang menjadi hidangan di resepsi pernikahan puteri Jokowi, Kahiyang Ayu diantaranya sebagai berikut :


Serabi solo
image dari vemale.com

Serabi solo dihidangkan di acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan menjadikannya sebagai makanan paling favorit oleh para tamu undangan. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diberi santan dan ditaburi beberapa toping seperti meses, nangka dan juga pisang. Karena menjadi favorit, Gibran menyuruh Catering Chili Pari untuk menyiapkan 3.000 buah serabi solo untuk acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby yang dilaksanakan pada siang dan malam hari. 

Ledre
Ledre merupakan sejenis kue ringan asal Kota Solo juga turut disajikan dalam acara resepsi pernikahan. Nama ledre tergolong cukup unik dan banyak yang belum mengetahui mengenai makanan ini sehingga keluarga  Jokowi berusah memperkenalkannya ke kalangan luas. 

Bahan dasar Ledre Solo adalah  ketan, kelapa, dan pisang. Cara memasaknya adalah ketan dibentuk bulat pipih, diisi pisang, kemudian dibakar diatas loyang. Perpaduan anatara ketan dan kelapa dan pisang menjadikan ledre terasa gurih-manis. Sementara, cara pengolahan dengan cara dipanggang,  menimbulkan aroma gosong, namun nikmat. Kota yang dikenal dengan jenis makanan satu ini adalah Laweyan, Solo. Tak hanya pisang, kini ledre memiliki banyak variasi rasa atau isian seperti coklat, nangka, ataupun keju.


Sate kere

image dari detik.com

Sate kere yang dulunya terkenal di masa penjajahan Belanda sebagai satenya orang kere (orang miskin) sekarang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sate kere ini merupakan makanan khas solo dan favorit di keluarga Presiden Jokowi. Sate kere terbuat dari tempe, tempe gembus/ampas tahu, jeroan ,yang dibakar dan diberi bumbu saus kacang.

Soto solo
Jenis soto ini, biasa dikenal dengan Soto kwali, karena cara  memasaknya yang menggunakan kwali.  Jenis sayuran yang dipakai pada soto Solo, tidak jauh  berbeda dengan jenis soto dari daerah lain.  Bumbu khas dari jenis soto ini adalah pengunaan tempe semangit, yang akan menjadikan cita rasa soto Solo menjadi khas.  Kuah yang ada pada soto solo adalah lebih bening dibandingkan kuah-kuah soto lainnya. 

Cabuk Rambak

image: detik.com

Cabuk rambak juga merupakan makanan khas Solo yang dikategorikan ke dalam makanan sela. Makanan sela adalah makanan yang dimakan tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu ringan. Cabuk rambak ini terbuat dari ketupat nasi yang diiris dengan tipis-tipis dan ditaburi dengan kerupuk karak (kerupuk dari nasi kering yang diberi bleng) dan terakhir disiram dengan saus wijen yang bercampur dengan kemiri. Cabuk rambak disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang.

Sudah pernah mencoba salah satu dari kelimanya? Belum? Tenang, karena kelima makanan/jajanan khas Solo diatas, nggak hanya ada atau muncul di event nikahah/hajatan keluarga saja. Beragam kuliner khas tadi juga bisa kamu dapatkan dengan cukup mudah dibanyak warung makan/resto. Bahkan karena citarasanya yang mampu diterima semua, jenis makanan ini persebarannya makin luas, tidak hanya di Solo, tetapi juga di kota-kota sekitarnya. 

6 comments:

  1. Serabi solo saya sukaa bangeet :))

    ReplyDelete
  2. Cuma serabi yang pernah merasakannya itupun bukan serabi solo, tampaknya kuliner yg cukup menggoda untuk dicicipi

    ReplyDelete
  3. sungguh sebuah pesta anak Presiden yang patut dicontoh oleh para pembesar negeri, bahwa dengan menggeliatkan makanan daerah yang selama ini semakin terpinggirkan oleh aneka makanan luar negeri menjadikan pesta besar yang merakyat...mirkisip deh si bapak kita Jokowi ini teh

    ReplyDelete
  4. Ini semua makanan khas dari daerah jawa ya mba? yang paling gak asing cuma serabi hehe, bagaimana tidak, saya tinggal diPekanbaru (Sumatra), kurang kenal aja gitu makanan khas daerah jawa sana

    ReplyDelete
  5. Sate kere paling ngehits dan banyak diberitakan ya mbak. Kalau saya sih masih memfavoritkan serabi dan sotonya. Kalau ditempat saya serabi solo ini harganya lumayan mihil mbak,sekitar 2.500 perbijinya. Kalau lagi pengen dan punya uang saya bela-belain beli deh :)

    ReplyDelete
  6. Serabi solo itu favorit akuuuuu jugaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin