Personal & Lifestyle Blog

18 April 2017

Nge blog Pake Smartphone? Ini dia 6 Aplikasi Penting yang Mungkin Kamu Butuhkan.

Bagi saya, ngeblog itu menyenangkan. Yeah, daripada pengalaman yang sudah kita dapatkan ilang begitu saja, kan asyik kalo ditulis. Nanti kalau mau nostalgia, tinggal buka. Itung-itung mirip kita nulis diary waktu ABG, cuma bedanya kalau diary cenderung diumpetin, tapi kalau blog memang tulisan kita bisa jadi menjadi konsumsi publik. Ya..siapa tahu berguna untuk orang lain. Iya nggak??

Sekarang jamannya koneksi internet gampang, sayang kalo kemudahan itu nggak dimanfaatkan. Dengan modal mau nulis, smartphone yang terisi kuota, bisa kok mulai ngeblog. Tentunya dengan beberapa tambahan aplikasi yang terinstall. Ngeblog pake hape doang? Iya, bisa kok.



image dari www.pixabay.com, dengan tambahan teks



Lama saya ngeblog pake hape. Kadang-kadang aja pake netbook, cuma banyakan pake hape. Kekurangannya emang layarnya lebih kecil, frekuensi typonya juga lebih sering, apalagi kalau jarinya kegendutan.๐Ÿ˜Š Tapi saya ngerasa nulis dengan hape lebih fleksibel. Biasalah emak-emak, ada anak..tau ada netbook nyala..langsung deh saya yang kena gusur.


"Ibu pinjam laptopnya ibu..", biasanya begitu anak-anak.


Dengan hape,  saya bisa nulis...misal sambil nunggu antrian, atau kadang sambil nunggu masakan matang. Kadang juga sambil tiduran..


*tapi kadang masaknya jadi gosong๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Hape saya minim  gamenya. Makanya anak-anak nggak pernah tertarik untuk minjem hape ibunya. Isinya aplikasi standar, beberapa medsos sama aplikasi buat ngeblog doang๐Ÿ˜‰  


Btw, mungkin lho yaa.. ada yang mau ngikutin jejak saya manfaatin hape buat nulis, ini 5 aplikasi ngeblog yang saya punya.


1. Microsoft Word
Enaknya sekarang, Ms word aja dipindahin ke hape. Ya memang fasilitasnya tidak selengkap yang versi di komputer atau laptop, tapi program ini berguna banget klo pas dapat lampiran e-mail dengan format docx, jadi bisa kebaca langsung. Cuma sayangnya ukurannya lumayan gede, sering bikin lemot hape saya yang kapasitasnya lumayan pas-pas an.


2. Evernote
Intinya sih ini program note. Make ini juga karena awalnya bawaan hape. Tapi setelah "akrab" ternyata enak banget, gampang dipake maksudnya. Yang saya  install di hape, nggak harus online bisa. Jadi misal kuota habis, tapi ada ide buat update blog..yo udah tinggal ketik draft  aja. Nanti kalo dah ada kuota, tinggal copy paste aja ke Blog it! atau dashboard blogger.

Aplikasi ini juga berguna banget klo pas dapat kerjasama placement post yang bentuk awalnya dokument MS word, karena berfungsi sebagai "penetral" format tulisan. Pernah dapat placement  post dalam bentuk word, langsung saya copy-paste ke dashboard, begitu publish..tampilannya kacau, font berbeda2 ukuran dan alinea juga nggak rapi.  Setelah nanya-nanya, ternyata kalau dari MS Word memang harus pindah ke note dulu sebelum ke dashboard.

Oh..iya, enaknya lagi..akun evernote kita yang di hape, bisa kok di sinkronkan ke evernote yang ada dilaptop. Jadi bisa banget klo separo draft tulisan di ketik di hape, trus finishingnya pake laptop.

3. Blog it!

Ini aplikasi pengganti dashboard blogger. Make ini, karena dulu pernah ngalami browser hape nggak bisa masuk ke dashboard blogger. 

lembar kerjanya blog it!

Saya suka make Blog it! karena tampilannya lebih simpel. Untuk upload gambar juga cepet. Toolsnya gampang dipahami, cuma sayangnya, kalau kita make smiley-smiley gitu, dia nggak mau nge-save. Satu lagi, untuk editing..blog it! tidak sekomplit dashboard blogger, misal kita nggak bisa kalau kita mau ngubah warna font, jenis huruf, membuat naskah rata kanan-kiri, kecuali harus mengubah draft ke format html dulu...lalu menulis rumus htmlnya.


4. Textgram
lembar kerjanya Textgram


Biar blog tampilannya lebih nyaman dilihat alias nggak membosankan, perlu banget postingan ditambahi gambar-gambar/infografis. Beberapa bulan terakhir saya mengandalkan aplikasi ini, karena pemakaiannya lumayan gampang. Di samping bisa berkreasi sendiri, kita juga bisa memanfaatkan beberapa template yang sudah tersedia.



5. Photo Editor

Nah, kalau ini untuk ngakalin foto-foto  yang kadang pengambilan gambarnya ga pas, gambar kurang tajam, dan sebagainya. Intinya sih biar photo terlihat lebih nyaman dilihat. Saya juga pake aplikasi ini saat butuh menggabungkan beberapa foto dalam satu frame (kolase)

6. WordCount

Sering kan nemu persyaratan kontes blog  atau giveaway yang mensyaratkan jumlah minimal kata dalam sebuah tulisan? Saya terbantu banget oleh aplikasi ini saat ngedraf make hape, karena nggak mungkin banget ngitung junlah kata secara manual. Caranya pun gampang, tinggal mengcopy-pastekan naskah dari sumbernya (evernote misalnya), langsung ketahuan berapa kata yang sudah kita gunakan.


Itu tadi 6 aplikasi yang membantu saya banget dalam proses update blog ini. Pastinya, antar blogger satu dengan blogger lain berbeda alat tempurnya. Mungkin ada yang mau nambahin, boleh banget..soalnya saya juga baru dalam proses belajar, dan butuh banyak masukan.

26 comments:

  1. Aplikasi yang sama cuma pake evernote :D

    ReplyDelete
  2. Wahh tipsnya berguna banget mba.
    Kalo aku juga pernah sharing di blog apps apa aja. Salah satunya adalah maps dan WA.

    ReplyDelete
  3. Berguna banget buat saya yg lebih suka ngeblog pakai hp. saya malah belum punya beberapa aplikasi diatas. makasih ya bun

    ReplyDelete
  4. Saya malah bingung menggunakan aplikasi nomor urut 1 dan 2, belum mencoba juga sih..

    ReplyDelete
  5. Aku mah blm bisa mba ngeblog pake hp.. Palingan hanya utk BW.. Tp kalo ngeblog, aku pasti pake laptop di rmh aja.. G bisa cepet kalo ngetik di hp, banyakan erornya :D

    ReplyDelete
  6. Toss mak. Kl pke laptop pasti kena gusur. Dan aku sendiri gak nyaman kl ngetik diliatin. Hihi..

    ReplyDelete
  7. Toss mbak, Textgram sama Wordcount memang nggak bisa dijauhin yaa sama kebanyakan blogger :D

    Semangat terus untuk berkarya mbk :)

    ReplyDelete
  8. boleh tuh, kebetulan saya ada evernote di handphone dan di laptop tapi di google crome jadi kya plugin gitu,,,, makasih ifonya mba, saya caba dulu..

    ReplyDelete
  9. baru tau semua aplikasinya hehe aku biasa ngeblog di leptop makasi mba infonya

    ReplyDelete
  10. Aku pake hape juga, Mbak. Aplikasinya bagiku baru semua. Na!bah referensi nih.

    ReplyDelete
  11. Aku pake hape, tapi aplikassi yg dipakai cuma wordpress sama snapseed biar all in one :)

    ReplyDelete
  12. makasih infonya, siapa tahu aku bisa pakai

    ReplyDelete
  13. Yg sama cuma ms. Word sama wordcount.. kalo ngetik langsung di chrome, buat edit foto pake picsart, snapseed, sama photogrid :D

    ReplyDelete
  14. Saya pake blogaway mba. Tapi kayaknya mirip dgn blog it yg mba tulis di atas deh. Enak sih makenya, ringan, nggak ribet. Tapi begitu mau diedit, duh, susaaah. Jd harus pake leptop lagi deh...

    Untuk foto, saya edit pakai line camera (dulu namanya ailis) tapi kalau foto yg lebih menekankan kata2 saya lebih suka pakai textgram.

    Belakangan saya agak malas blogging via hp karena ribet (harus ngedit via leptop lagi). Dulu pernah beberapa kali nyoba buka dashboard blog via hp, yg ada hp saya nge heeeng, huhu. Jeraa.

    Tapi klo memang bisa disinkronkan dgn leptop, boleh juga tuh. Saya mau nyoba evernote ah. Makasih infonya yaa mba. Salam kenal ;)

    ReplyDelete
  15. Yang sama cuma blog it! thok. hihihi...

    Memang paling asyik nulis sambil tiduran, eh padahal banyak bahayanya juga untuk jari dan mata. tapi solusi terasyik buat ibu-ibu dengan anak kecil memamng ngeblog pakai hp.

    ReplyDelete
  16. saya gak bisa ngeblog pake hape Mbaa, jadi sampe sekarang ngeblognya pake pc atau laptop

    ReplyDelete
  17. Ngeblog pake HP memang bisa banget, mbak Sulis. Tapi bikin jari-jemari saya jadi keriting, kayak trenggiling berguling-guling *apa sihh??? :)

    Selama ini belum pernah menggunakan berbagai fasilitas diatas, sepertinya asyik juga ya mbak, mungkin saya harus mulai nyoba nih aplikasi-aplikasi di HP saya. Bukan cuma kamera aja yang sering dipakai kan yaa.. :)

    ReplyDelete
  18. Beberapa ada yg baru aku tau, tapi gimana ya, kadang kalau gak pake lappy kurang apdol aja, hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu ada Blog It. di coba ah mba, terkadang saya juga nulis buat blog pake smartphone.

    ReplyDelete
  20. Saya pake picsart, photogrid, dan microsoft word buat ngeblog, mau nyoba textgram kalo gitu. Makasih infonya Mba'.. :)

    ReplyDelete
  21. Br tau aku sama Blog It. Hahaha.. biasanya aku nulis di note bwan hp jg sih. Ms word jg guna bgt u buka file. Klo edit2 foto pake snapseed. Makasi infonya mak. Mau coba Blog It ahh..

    ReplyDelete
  22. Wah saya pernah coba semuanya, emang bantu banget. Tapi sekarang lebih sering buka blog pake chrome aja kalo pake hp juga, soalnya memori udah penuh sesak sama aneka macam socmed dan market place. hehehe

    ReplyDelete
  23. aku nulis doang di hape... uploadnya tetep laptop... dan ini gueh catat banget uuu makasihhhhh

    ReplyDelete
  24. Saya juga lumayan sering bikin draft tulisan di aplikasi blog di hape. Cuma yang nyebelin sekarang hapenya mulai kepenuhan jadi nggak bisa instal aplikasi tambahan.heu

    ReplyDelete
  25. Saya kalo ngeblog pakai smartphone harus pakai keyboard external. habisnya suka typo parah. :D

    ReplyDelete
  26. Wow mantap. So far saya masih malas sih ngeblog pakai hape, karena rasanya ngetik salah2 mulu kalau pakai hape, haha...

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin