CoretanBunda

Personal & Lifestyle Blog

2 June 2016

Yeay, Bisa Hard Reset Lenovo Idea Tab A 1000

Ha..ha, judulnya norak ya..tapi biarinlah. Cuek dulu aja. Jadi ceritanya, dirumah ada tablet yang kondisinya sudah agak error di bagian sinyal. Daripada nganggur, tablet keluaran lenovo itu diwariskan ke Raka dengan kesepakatan ; jadwal bergadget ria hanya untuk hari Sabtu/Minggu. Tablet juga gak perlu dibawa kemana-mana, biar ndak melulu rebutan di jalan sama adiknya.

Biar irit, kuota internet dibiarkan kosong...toh sinyal juga sering timbul-tenggelam. Hingga suatu siang, sulung saya dengan agak-agak panik menyodorkan tablet tersebut ke saya
"Ibu...ini gimana?"

Rupanya tabletnya terkunci. Ia lupa dengan pola yang ia buat sendiri. Alhasil, si A-1000 hanya bisa masuk ke menu sambungan darurat. Yess! Saya malah seneng, si Tab terkunci oleh Raka di saat jadwal padatnya ulangan harian dan ujian Kenaikan Kelas yang sudah di depan mata.


"Udah, nggak usah dipikir tabletnya. Fokus ke ulangan harian, TKM (Ujian Kenaikan Kelas)...nanti kalau udah selesai, bawa ke konter biar diservis". 


Alhamdulillah anak saya setuju.



Ujian TKM berakhir, dan tentu saya ingat janji saya. Ke konter terdekat,  minta tolong mas-mas nya...atau coba benerin sendiri. Suami setuju bawa ke konter, tapi pertimbangan saya...coba dulu aja deh, kali aja bisa mbenerin sendiri. Ngirit juga kan.. biaya servis bisa dipake belanja sayuran:-)  Akhirnya meguru lah saya dengan Pak dhe google.

Baca membaca, solusi mudahnya, adalah si tablet harus di kembalikan ke setingan pabrik alias factory reset. Berhubung tidak bisa membuka menu pengaturan, yang harus dilakukan adalah melakukan hard reset. Untuk tablet lenovo idea tab A-1000,  ternyata langkahnya nggak begitu rumit.


  • Matikan android, lepas SIM card maupun memori card nya.
  • Dalam kondisi off...tekan tombol power  dan volume +   secara bersama. Tablet akan bergetar, dan kemudian akan masuk ke menu recovery mode. Yang font nya kecil-kecil gitu pokoknya.
  • Pilih wipe data, gunakan tombol volume - sebagai navigator, dan volume +   untuk konfirmasi pilihan. Kemudian pilih delete all user data.
  • Setelah itu pilih reboot system now. A-100 idea tab akan melakukan restart. Tunggu sampai proses selesai, dan tampilan tablet akan kembali seperti awal pertama beli dulu. Setelah itu matikan Tab, pasang SIM card dan Memori card kembali. Setting tampilan sesuai keinginan. 





Lumayan, mesti ndak ada kuota datanya...masih bisa manfaatin wifi atau ndompleng fasilitas hotspot portabel. Performanya masih lumayan OK saat saya coba ber wifi ria. Oh, satu lagi..tabletnya bisa ke pake belajar juga.  Saat mesti membaca buku sekolah elektronik dari sini,  pastinya mata lebih nyaman, karena layar lebih gede daripada pinjem  hape ayahnya atau hape saya yang layarnya hanya 5 inch.

OK, intinya adalah nggak boleh cepet menyerah. Seandainya bisa ditangani sendiri, coba aja dulu. Banyak sekali yang bisa dipelajari dengan sering main-main ke Pakdhe google atau liat-liat tutorial di youtube.

Kalau udah bener-bener tidak terpecahkan atau malah makin ruwet..atau kepepet...baru serahkan ke ahlinya. Eh, tapi sebenarnya dengan 'waras' nya tablet ini kembali...tugas saya nambah lho; tetap mengingatkan dan mengawasi anak-anak untuk bercengkrama dengan gadget sesuai porsinya :-)

5 comments:

  1. haha...selamat ya. sukses jadi dokter tablet.

    enak ga enak ya lis. apalagi liburan. simbok kudu cerewet ngawasi anak n gadgetnya.

    ReplyDelete
  2. ala bisa karena dicoba ya mba, xixixi.. top lah.. :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah jadi ngirit deh ya, mbak Sulis. Memang sih jaman gini kita ngga mungkin melarang anak pegang gadget ya, yang penting adalah pengawasan orang tua dan mengatur waktu.

    Jadi terinspirasi nih, kalau ada sesuatu yang macet/rusak mending googling dulu ya mbak meskipun harus sabar dan pelan-pelan :)

    ReplyDelete
  4. Gadget dan anak" tidak dapat dipisahkan ya mba, sama aja kayak aku abang ade maunya gadgetan apalagi klo weekend tapi tetep dengan pengawasan kita sebagai orang tua takut kebuka yang aneh" :(

    ReplyDelete
  5. Ahi hi hi kalau masalah gadget saya kalau mbak sama anak mudah karena hp saya kan jadul benget, ahi hi hi tapi saya mah sih mau hp apapun gak papa yang penting bisa dipake untuk sms atau tlp itu saja sudah cukup.

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin