Skip to main content

Prosedur Perpanjangan SIM


Ternyata saya salah duga teman-teman. Jadi awalnya, saya pikir mekanisme perpanjangan SIM itu hampir sama seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor; sebelum masa berlaku habis harus segera diurus. Seandainya telat, maka terkena denda yakni harus mengurus dari awal alias ujian lagi. Dugaan saya salah. Ternyata ada masa tenggang 3 bulan untuk keterlambatan pengurusan.

Sebenarnya ada rencana perpanjang SIM sudah ada sekitar 2 minggu kemaren. Pengen pas Sabtu. Tapi ndilalah dua hari Sabtu terakhir kok ya ada halangan terus, ya sudah akhirnya hari Senin di awal Februari setelah nitipin Alya ke Ayahnya sebentar, saya madep mantep datang ke Polres Sleman. Alasannya, secara jarak lebih dekat bila dibandingkan ke JCM atau Amplaz ( perpanjangan sim juga bisa di counter di 2 mall tersebut). Mau nunggu keberadaan SIM keliling, kok masa berlaku SIM tinggal 2 hari.
Bekal wajib perpanjangan SIM ( fc SIM +KTP, surat keterangan sehat sudah saya siapkan) beberapa hari sebelumnya. Jadi mikirnya, Ah...pasti cepet!
Ternyata....antrenya panjanggg....

Prosedur dan alur PERPANJANGAN SIM

  1. Setelah berkas lengkap, langsung beli form perpanjangan SIM di loket bank BRI, seharga 75 ribu untuk SIM C Loket 1 menunggu. Di sini petugas akan menstempel berkas kita. Kita bisa duduk sebentar, nunggu panggilan. Setelah itu form akan dikembalikan ke kita, setelah kita isi lengkap, masukkan ke loket 2. Semua berkas dikumpulkan, dan kita mendapat nomor antrian. Nomor 113 sodara-sodara!
  2. Menunggu tahapan poto. Nah, ini yang kudu sabar, karena partner kita nggak cuma yang perpanjangan saja, tapi juga para pemohon SIM baru. Jadi kesimpulannya adalah; kayaknya dari segi durasi nunggu antrean, mending perpanjang SIM di mall atau SIM keliling aja. Sambil nunggu antrean, saya ngobrol sama bapak-bapak pensiunan asal Bantul yang lagi perpanjang di polres Sleman untuk SIM istrinya yang beralamat di Lampung. Memanfaatkan layanan sim online rupanya. Dari bapak ini pula saya tahu kalau masa tenggang SIM itu 3 bulan. 
  3.  Lumayan lega setelah dapat kesempatan masuk ruang photo. Tapi ternyata didalam tetep banyak juga yang nunggu giliran, karena pemanggilan per sepuluh nomor antrian kalau tidak salah. Selain diambil gambar, diruangan ini semua data di cross cek ulang oleh petugas, dan juga dilakukan pemindaian sidik jari pemohon. Foto beres, satu tahap lagi yang mesti di lewati, duduk manis nunggu panggilan di loket pengambilan SIM baru. Daripada nunggu sesi foto, tahapan ini lebih cepat, nggak nyampe satu jam. Siapkan saja SIM lama yang nantinya akan ditukar dengan SIM baru.

Leganya kalau SIM baru sudah ditangan. Itu artinya 5 tahun ke depan sudah bisa berkendara secara aman dan legal. Hikmah yang bisa diambil hari ini? Karena saya malas kalau disuruh ngantri berkali-kali...sepertinya next perpanjangan SIM nyari jadwal SIM keliling atau ke counter di Mall sajalah. Berikutnya, nggak usah keburu-buru saat masa aktif SIM hampir habis..toh masa tenggangnya lumayan lama. *pemalasnya kumat!

Comments

  1. Iya mbak Sulis kalau dilihat dari panjangnya antrian memang lebih enak perpanjangan di mall aja ya, bisa sekalian belanja dan makan siang terus pulangnya bisa beli oleh-oleh buat anak :)

    ReplyDelete
  2. alhamdulillaah. antri panjang pertanda yang ultahnya februari banyak. eh.

    ReplyDelete
  3. Sy baru tau ngurus SIM bisa online, di mall atau SIM keliling . Taunya hrs datamg ke polres

    ReplyDelete
  4. Antriannya mengular yaa, Mbak...sampek antri di luar sama di dalam juga :D

    ReplyDelete
  5. wah makasih sharenya mb, mana tau besok besok akuh bikin sim...walo ga bisa naek motor apalagi kendaraan roda 4 huhuuu

    ReplyDelete
  6. Kalau saya abisnya taun depan ni & kapok ah ga mau dibikin telat lagi soalnya dulu telat 3 bulan kalau ga salah akhirnya suruh bikin baru & tes dari awal :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin