Personal & Lifestyle Blog

10 October 2015

Semoga Berhasil!

Ada apaan sih? Mmm...bukan sesuatu yang serius. Ini tentang usaha saya menyapih Alya. Ada sesuatu yang istimewa buat keluarga kami di pertengahan bulan ini. Pertama, suami yang bertambah usia. Kedua, Alya....gadis mungil kami beberapa hari ke depan akan genap berusia 3 tahun. Kenapa dengan 3 tahun? Targetnya, saya akan menyapihnya...dan 3 hari terakhir proses penyapihan memang sedang berlangsung. Bocah hampir 3 tahun dan masih ASI? Yupp!! Sebenarnya, ini bukan usaha penyapihan yang pertama.  

Beberapa bulan yang lalu, saat usianya 2 tahun lebih sedikit saya pernah mencoba mengalihkan Alya dari ASI ke susu gelas. Pernah saya oleskan lipstik di area puting, saya bilang " Ibu digigit laba-laba", eh..ternyata responnya diluar dugaan. Ia ambilkan saya caladin lotion, " dicaladin aja...biar sembuh", ngakak dalam hati kan saya..... 


Percobaan menyapih berikutnya, saya manfaatkan mahoni. Pahit banget kan itu. Pernah sekali saya gunakan mahoni untuk mengoles area puting sebelum waktu Alya menyusui, dan setelah itu dia memang sempat kapok menyusu...dan sempat muntah. ** kasian yaa.. Penyapihan berjalan satu hari ternyata dia cenderung rewel. Tidak bisa tidur siang, dan "bingung" saat mau tidur malam. Akhirnya saya dan suami ndak tega... ya sudahlah. ASI masih banyak, saya juga nggak kemana-mana, mau buat siapa. Target baru dipasang, nunggu dia 3 tahun. Saya bersihkan area payudara sebersih-bersihnya...dan bilang, "udah ndak pahit lagi kok"....dan Alyapun menyusu kembali. 

Mulai saat itu, saya milih jalur penyapihan dengan cinta. Setiap kali menyusu, saya sering bilang "Alya sudah besar....nggak malu po sama temen-teman. Teman-temannya sudah pada susu gelas semua.... Alya sudah mau sekolah. Nanti gimana kalau hausnya di sekolah. Bu guru kan nggak punya ". Persuasi itu berbulan-bulan saya lakukan, meskipun respon terseringnya adalah " aku kan masih kecil...", begitu Alya bilang di depan saya. Tapi adakalanya dia bisa bercerita sendiri di depan tetangga atau para bonekanya "Aku sudah gede. Sudah ngggak etek-etek" . Yup!! Minimal sudah ada sedikit kemauan dari internal anaknya. 

Meski anak ke-2, ini pengalaman pertama saya harus melewati tahapan menyapih. Dulu, sulung saya 3 bulan dah berhenti dan memilih dot. Bingung puting karena ditinggal kerja dengan jam yang tak beraturan. Makanya, saya sangat-sangat menikmati proses menyusui Alya. Merasakan betapa mudah dan murahnya. Tanpa ribet cuci botol, tanpa bingung saat harga sufor melambung, dan tak perlu ribet penuh bawaan saat bepergian agak jauh. Asal saya kenyang, beres. Malam juga tidak begitu banyak begadang. Daya tahan tubuhnya, bisa sangat saya banggakan. Cuma masalahnya....Alya sudah semakin besar...hampir tiga tahun. Sudah waktunyanya kan ia belajar mandiri dan tidak melulu nempel ke ibunya.... 

Jadi prosesnya dimulai semenjak 3 hari lalu. Waktu itu saya lagi nanggung masak di dapur, dan Alya merengek minta ASI, padahal belum lama ia menyusu. Akhir-akhir ini memang sering begini. Dikit-dikit larinya etek-etek/nenen...padahal kalau sudah ketemu ASI, betahnya minta ampun. Reflek saya ambil bawang putih, saya parut...dan oleskan ke puting. Lupakan sejenak teori menyapih dengan cinta, masakan saya mesti matang. Ada pekerjaan rumah lain yang juga sudah menunggu. Kalau keseringan menyusui, kapan pekerjaan yang lain beres?  

"Ibu..pedes".....begitu reflek alya teriak begitu menyusu. Setelah kejadian itu sampai hari ini...dia masih kapok. Nggak mau nenen, dan kemarin saya dengar ia ngobrol dengan bonekanya " Aku sudah gede...sudah di sapih". Yup!! Semoga yang ini lancar...meski kadang kasian juga lihat Alya...sepertinya ada yang hilang, gitu. Masih sering bingung dan rewel juga menjelang tidur. Saya pasti juga bakalan kangen dengan moment-moment menyusui... Ah, tapi sudah 3 tahun kan? Ibarat orang kuliah...sudah sampai profesor kan ASInya? Cukup lah. Semoga proses penyapihan kali ini lancar jaya :-)

14 comments:

  1. kasihan memang ya mbak kalau kita bohongin cara sapihnya, Alfi dulu juga sempat begitu dikasih merah2an eh dia malah nangis jadi gak tega deh tapi akhirnya tersapih juga karena saya tinggal dinas tiga minggu, jadi gak full 2 tahun deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersapih situasi dan kondisi ya mbak Alfi.... Bener mb, ini juga di tega-tegain...nunggu dia emoh nenen sendiri kok lama..akhirnya bawang pun bicara :-D

      Delete
  2. Sku baru psham apa itu bingung puting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmunya emak- emak mb; situasi dimana anak lebih milih dot daripada puting ibunya.. Eniwei, semoga segera jadi emak beneran...n babynya nggak bingung puting

      Delete
  3. Saya tertarik dengan metode: menyapih dengan cinta itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi saya gagal menetapkannya... Karena pada akhirnya bawang yang berbicara

      Delete
  4. selalu seru yaa klo ngomongin cerita menyapih..macem2 trik2 yang dicoba hahaha
    intinya memang weaning with love ya bund..
    alhamdulillah menyapih 3 anak, masing2 ada ceritanya sendiri2 tp akhirnya bs juga tuh meski anak yg ke 2 dan ke 3 masih suka "mentil" smp sekarang sdh besar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb. Tp saya nggak sepenuhnya berhasil menyapih dengan cinta.... Oh...ya mbak!!! Berarti ngisep kosongan tanpa ASI gitu.....hi..hi, kok bisa?

      Delete
  5. sebenarnya kasihan ya mbak...tapi gimana lagi udah besar kan..
    semoga proses nyapihnya sukses ya mbak dan Alya juga nggak rewel lagi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak... Ini sudah mendingan, nggak begitu rewel. Mungkin beberapa hari ke depan sudah terbiasa...

      Delete
  6. Waaa, samaan, Mbak. Saya juga sedang berusaha nyapih. Anak saya 27 bulan nih.

    ReplyDelete
  7. Saya jadi ikut khawatir menyapih Salfa tahun depan...

    ReplyDelete
  8. selamat ya Alya...sebentar lagi kamu lulus :-D

    kl darojat dulu 2 th lebih dikit. kuberi tau kl udah saatnya sapih. eh kok ya lgsung mau. bertahap tp. malam msh ngempeng, siang nggak. lama2 lepas. tp akunya yg merasa kelangan. "wah kok cepet men gedhene." haha

    ReplyDelete
  9. Hihi.. Saya jg pake lipstik..kalo rewel saya suapi susu pake semdok mau:) dua2 nya 2 taun kurang udah disapih karena asi berkurang

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin