Skip to main content

Beberapa Kelebihan Susu Kambing di Banding Susu Sapi

Tumben-tumbenan, suami pulang bawa satu kotak susu kambing.  "Ada toko baru dekat kantor yang njual susu kambing, kali aja nanti badan Raka bisa agak gemukan, " Katanya.

Ia beli sekotak susu kambing ukuran 200 gram dengan harga 25 ribu rupiah. Dibanding dengan harga susu sapi kelas merk menengah...kayaknya memang mahalan dikit susu kambing ini. Saya yang memang nggak suka susu...kok langsung kebayang bau prengus nya kambing. Jangan- jangan baunya juga kayak kambing yaa...hiiii...!

Begitu anak-anak melihat, langsung deh dibuka karena penasaran. Bau vanilla nya ternyata kuat banget. " Mirip bau permen!" Teriak Raka dan Alya. Tanpa menunggu lama....langsung deh si susu kambing diuji rasa oleh anak-anak. "Enak kok! Doyan! " * syukurlah, duit 25 ribu nggak mubazir. 

Bener, kalau saya trimo mundur teratur kalau suruh minum susu kecuali sedang hamil. Dibalik bau harum vanilanya, ternyata susu ini ada sedikit kelemahan pula...susah dilarutin di air hangat. Jadi butuh waktu cukup lama untuk mengaduk, sampai susu larut sempurna. Eh, tapi, serius susu kambing bisa bantu gemukin body Raka yang cungkring, tinggi langsing meski asupan makannya lumayan banyak? Coba nanya Mr. google ah...! Dan ternyata, informasi yang saya dapatkan adalah... 
  • Kandungan vitamin susu kambing hampir sama dengan susu sapi, kecuali untuk vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. 
  • Flourin dan betakasein dalam susu kambing, dipercaya mampu mengobati penyakit TBC dan Asma. Karena itu pula, susu kambing dianjurkan bagi yang memiliki masalah-masalah yang berkaitan dengan pernafasan 
  • Asam lemak esensial susu kambing etawa 35% lebih tinggi dibanding susu sapi. Di samping itu, penelitian menunjukkan susu kambing lebih kaya kalsium
  • Dibanding susu sapi, susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, susu kambing juga memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran cerna/ menekan rasa lapar. Karena itulah susu ini pas untuk program penurunan berat badan.
Waa...berarti kalau tujuannya biar badan Raka agak gemukan, salah pilih donk! Ha..ha, ya udah lah...tinggi langsing yang penting sehat. Ngikut iklan di Tv...tumbuh tuh ke atas...bukan ke samping!

Setelah ini...susu sapi atau kambing ya buat anak-anak? Selang-seling saja sepertinya. Biar nggak bosan, dan bisa saling melengkapi. Toh...yang paling penting tetap asupan makan mereka. Susu sekedar pelengkap, untuk lebih menyempurnakan nutrisi kan? Btw, sahabat blogger punya pengalaman menarik dengan susu kambing? Kita berbagi yuk!

Comments

  1. Katanya susu kambing lebih langu ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempo hari nyicip dikit...klo langu, mungkin dah tertutup perasa vanila...jd nggak kentara lagi mb. Klo yang rasanya original...entahlah juga mb...blm pernah nyoba...

      Delete
  2. Blom pernah nyoba tapi cukup tertarik juga nih sama susu kambing ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari hasil googling...ktnya nutrisinya lbh bagus ya mb. Boleh dicoba mb klo cocok...

      Delete
  3. kata anak saya sih bau, tapi kalo saya enak2 aja susu kambing. udah lama malah ga minum lagi

    ReplyDelete
  4. boleh juga ya mbak dicoba susu kambingnya, jangan yang sapi terus.hehe
    aku baru tau loh ada susu kambing dikemasan produk.hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok mas. Tp mmng masih jarang kok ya yang njual susu kmbing.... Masyarakat blm familiar mungkin yaaa...

      Delete
  5. belum pernah nyobain susu kambing, iya sih ngebayanginnya aja kayaknya bau2 gimana gituuu.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersugesti dagingnya yang kadang bau....pasti kepikiran...ihh, jangan2 susunya bau juga. Gitu kan mbak? Toss!

      Delete
  6. blum pernah nyoba. mikir harganya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mmng agak mahalan yang kmbing itung2 anny....tp klo dibanding susu sapi merk chilk**, nutril**n, murahan susu kmbingnya. Pertimbngan berikutnya...anaknya suka yang mana...

      Delete
  7. bisa buat variasi mbak Sulis...apalagi gizinya nggak kalah sama susu sapi...
    harganya lebih mahal mungkin karena masih eksklusive ya mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bngt mbak... Gonta- ganti, biar nggak bosen...

      Delete
  8. kalo saya lebih suka susu kambing, rasanya lebih gurih, apalagi kalo tanpa tambah varian rasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...ni, psti penggemar susu njenengan Pak.... Tanpa varian rasa mawon doyan. Tp susu mng bagus buat kesehatan kok ya... Lanjutkan Pak. Saya yang msh sering eneg sama susu...tak perlu ditiru..

      Delete
  9. Yuhuu.. saya ngacung ah. Waktu itu ada temen yang bikin percobaan susu kambing, saya ditanya mau gak nyoba. Saya pribadi bukan penggemar kuliner kambing langsung nanya "bau kambing gak?" Gak mbak, katanya. Oke, saya coba segelas susu kambing hangat. Emang sih sampai tandas pun gak bau kambing, tapi habis itu agak agak kerasa gimana.. gitu. hehehe.. Mungkin sekarang sdh banyak susu kambing yang diformulakan tidak berbau khas kambing yo. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah penasaran " agak gimana gitu".... Ha...ha, lha pie mbak... Iya yang original rasanya...aku blm pernah nyoba mbak. Tp klo dah dikasih perisa vanilla...nggak bau, cuma kok kelemahannnya susah larut. Apa harus panas2 ya airnya?

      Delete
    2. Prengus prengus gimanaa... gitu hahaha

      Delete
  10. saya belum pernah nih cobain susu kambing. Kayaknya harus dicoba, ya. Karena saya penggemar susu sapi. Siapa tau cocok juga smaa susu kambing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, sekali kali nyoba...tp klo ditoko2 itu bnyaknya mmng susu sapi kok ya. Kayaknya susu kmbing mmng masih kategori pendatang baru, kalo di dunia nyata masih jarang. Mungkin bisa via online belinya..

      Delete
  11. hadeuhhh kasian saya ya mbak gak suka susu, saya suka susu kalo sudah jadi yoghurt mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha...aku juga ga suka susu e mb. Biar anaknya aja yang suka. Aku yen dah jadi es krim aja....he..he..he

      Delete
  12. Rasanya beda ga sama susu sapi mba :) soalnya anak sy sensitif sama rasa, pengen nyobain juga si tapi ya itu dia pilih2 kalau masalah susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini perisa vanila nya kuat banget e mas...jdnya rasa aslinya kayaknya mlh ketutup. Tapi saya nyicipnya dikit...nggak valid. Coba ndiri mawon mas...

      Delete
  13. Hlah.. ane malah belum pernah mencobanya mbak :D Hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf, tidak mengurangi rasa hormat, komentar yang berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin