Pengalaman Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan, Samsat Sleman

2 komentar
C

eritanya,  si Beat bulan ini genap berumur 10 tahun. Makasih yaa, sudah selama itu menjadi kaki ke 3 untuk kemana-mana😊. Tahun ke -10, artinya kudu ke kantor Samsat untuk bayar pajak, dan ganti plat. 

Bayar pajak motor samsat Sleman

Berhubung memilih untuk menjadi kaum mendang mending, untuk urusan bayar pajak motor baik tahunan maupun 5 tahunan saya selalu ngurus sendiri, bukan pasrah ke biro jasa.  Lumayan kan, selisihnya bisa buat tambah-tambah biaya hidup😀

Lima tahun yang lalu saat urus pajak dan perpanjangan TNKB, waktu yang saya butuhkan sekitar 3 jam. Nah, penasaran aja   sekarang, semakin lama, sama saja, atau makin sat set?

Jadi semenjak pagi, saya sudah atur rencana sedemikian rupa. Setelah anter dua bocah sekolah,  joging bentar di komplek pemda. Jam 8 tet, sampai ke Gedung Samsat Sleman yang lokasinya di Jl. Magelang km 14.


Alur Bayar Pajak Motor 5 Tahunan, Samsat Sleman

Namanya mau ngurus hal yang berkaitan dengan administrasi dan birokrasi, yang pasti lengkapi dulu syarat yang diperlukan. Untuk mengurus pajak kendaraan bermotor dan TNKB baru 5 tahunan, syarat yang mesti dipersiapkan meliputi

  • Fotocopy BPKB dan aslinya 
  • Fotocopy KTP dan aslinya
  • Fotocopy STNK dan aslinya

Masing-masing dokumen  cukup digandakan satu lembar. Saya memilih fotocopy di area luar Samsat. Cukup membayar 1000 rupiah, dan sudah disusun sekalian sama Kang Fotocopy. 

Baca juga : Nyobain Drive Thru nya Samsat Sleman

Karena ini pajak motor lima tahunan, jadi saya nggak bisa memakai jalur drive thru. Mau nggak mau memang harus mengikuti alur yang lebih panjang. 


Masuk di area pelayanan cek fisik kendaraan


Begitu masuk area gedung samsat, cari lokasi untuk bagian ini. Berada di lantai paling bawah, tak jauh dari drive thru area.  Tak perlu khawatir, ada papan petunjuk dengan ukuran font cukup besar. 

Tinggal masuk, lantas parkirkan kendaraan, area parkir mobil dan motor terpisah.   Ambil nomor antrian yang tersedia di meja. Saya dapat nomer antrian 37 rupanya.

Setelah itu, kumpulkan berkas persyaratan  di loket pendaftaran pengecekan fisik. (Fyi, ada dua loket, loket pendaftaran dan loket pengesahan cek fisik kendaraan)

Setelah melewati loket pendaftaran cek fisik, berkas akan dikembalikan dilengkapi kertas seperti stiker yang nantinya digunakan oleh petugas lapangan cek fisik. 


 Cek Fisik Kendaraan

Cek fisik kendaraan
Dibandingkan lima tahun lalu lebih cepat sistem antriannya

Disini ada 2 petugas uang bertugas mengecek kesesuaian nomor rangka dan juga kelengkapan fisik kendaraan bermotor. Ambil motor yang tadi terparkir, lalu antri.  Berikan semua dokumen dan petugas akan mengecek fisik dan juga mengecek kesesuaian nomor yang tercantum di STNK dengan nomor pada rangka mesin. 

Setelah tahap ini selesai, kumpulkan berkas yang telah diisi oleh petugas gesek  ke loket pengesahan  yang berada persis si samping kanan loket pendaftaran cek fisik. 

Antri lagi yaa..di loket kedua ini, berkas akan disahkan untuk kemudian kita bawa ke bagian pembayaran pajak kendaraan 


Urusan cek fisik selesai, tahap berikutnya, kita naik satu lantai untuk membayar pajak. 


Mulai dari loket pendaftaran pembayaran pajak.

Di sini, berkas BPKB asli sudah tidak diperlukan lagi. Daripada hilang/ terjatuh, BPKB bisa disimpan. Sementara berkas yang lain masih diperlukan. 

Setelah mendapat nomor antrian (saya dapat nomor 33), tunggu saja sambil duduk. Nanti akan dipanggil sesuai nomor antrian untuk ke loket 1. 

Bayar pajak motor samsat sleman
Urusan pajak 5 tahunan, di loket 1


Ruangan pembayaran pajak ini lapang dan nyaman. Jadi, kalaupun harus menunggu agak lama, bisa disambi ngobrol dengan teman duduk atau scroll-scroll sosmed. 

Lima belas menit an saya nunggu untuk bisa mendapatkan giliran ke loket 1. Ada 3 petugas, petugas yang mengecek berkas, menerima pembayaran pajak, dan petugas pembayaran STNK baru + TNKB (plat motor).

Setelah bagian ini selesai, duduk lagi...nunggu panggilan untuk mendapatkan STNK dan bukti pembayaran pajak yang baru. 

Total sekitar 30 menit yang saya habiskan di ruang pembayaran pajak + pencetakan STNK. Selesai? Belum. Turun lagi ke bawah, ke lantai yang sama seperti saat cek fisik kendaraan bermotor. Tujuan kita ke loket pengambilan TNKB. 

Mengambil TNKB Baru

Simpan KTP dan STNK terbaru. Kumpulkan nota pajak terbaru di keranjang yang disediakan di depan loket pencetakan TNKB. Duduk manis, dan tunggu panggilan. Nggak lama, nomer plat saya sudah dipanggil. Cukup tunjukkan STNK, dan plat nopol baru sudah ditangan, dan urusan 5 tahunan pun kelar. 

Kalau 5 tahun yang lalu saya membutuhkan sekitar 3 jam untuk semua prosesnya, tahun ini cukup 1 jam an. Alhamdulillah, lebih sat set, lebih cepet dan tanpa isi-isi form lagi😀 Berharap juga, pajak motor yang saya bayarkan dikelola negara dengan benar pula. Semoga ya! 

Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Mba lis aku durung biso numpak motor huhu....pingin belajar deh hahaha...kalau ngurus bayaran pajak dan semua mua yang ngopeni Mas Bojo aja mba....tapi bermanfaat sih nih buat yang mau ngurus pajekan montor hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake matic lho nit... enak. Cepet bisa pasti, klopun dr O. Klo bisa motoran, urusan anter2 bocah lebih enak ntar...

      Hapus

Posting Komentar