Poem Competition; Perayaan Thanksgiving Day Ala Yogyakarta Independent School

Posting Komentar


I’m thankful for the flowers

I’m thankful for the trees

I’m thankful for the birds

I’m thankful for the bees


I’m thankful for my teachers

I’m thankful for my family

I’m thankful for my friends

I’m thankful that you play with me


T

epuk tangan terdengar riuh usai lagu dinyanyikan. Semua yang hadir terlihat terkesima. Wajah-wajah mungil itu juga terlihat lega. Hari itu mereka sudah tampil dan berhasil mengungkapkan rasa terimakasih dengan baik. Begitulah, pentas pembuka dari anak-anak jenjang IB Primary Years Programme (PYP) yang sederhana namun mengena.

Thanksgiving day YIS
Penampilan pentas pembuka, I'm thankful

YIS Thanksgiving Poem Competition

Bagi beberapa negara,  Thanksgiving Day adalah moment spesial. Di hari tersebut  masyarakat menyempatkan diri untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Diperingati setiap hari Kamis ke empat di Bulan November, Thanksgiving Day juga menjadi saat istimewa untuk  lebih berterimakasih terhadap sejumlah hal dalam hidup. 

Rupanya hari spesial ini tak dilewatkan juga oleh Yogyakarta Independent School (YIS).  Salah satu sekolah internasional di Yogyakarta ini merayakan Hari Pengucapan Syukur ini  melalui event YIS Thanksgiving Poem Competition. 

“Iya, di YIS ini banyak moment istimewa yang kemudian kita peringati dengan kegiatan-kegiatan menarik. Tidak hanya pas hari keagamaan saja. Tahun lalu, bahkan kita rayakan Halloween. Ini sebagai bentuk apresiasi kita sebagai salah satu sekolah yang menghargai keberagaman.  Melalui peringatan Thanksgiving Day kali ini kami ingin anak-anak untuk mengekspresikan rasa terimakasih mereka melalui puisi,” tutur Mrs Benedikta Setiyani selaku perwakilan dari Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY), yayasan yang menaungi YIS. 

Ada beragam manfaat positif yang bisa diperoleh saat anak mengungkapkan perasaan mereka melalui sebuah poem atau puisi.  Yang pasti, puisi menjadikan anak lebih mampu mengekspresikan diri, merangsang imaginasi dan juga kreativitas. Dengan puisi ketrampilan literasi dan ketrampilan bahasa akan meningkat. Puisi bisa membantu anak mengelola emosi dan memperkuat ketrampilan sosial. Dengan menyusun puisi pula, anak dapat mengalami beragam manfaat pengembangan diri secara menyeluruh.

“Perayaan Thanksgiving Day kali ini juga merupakan perwujudan rasa terimakasih kami kepada para orang tua yang telah mempercayakan buah hati ke YIS, terimakasih kepada semua staf kantor dan housekeeping, terimakasih kepada sesama siswa, terimakasih kepada security yang tanpa lelah menjaga, terimakasih juga untuk gardener yang sudah menjaga sekolah ini menjadi lingkungan  pendidikan yang sedemikian hijau,” tambah perempuan yang akrab disapa Mrs Yani ini.  

Tahap awal  Poem Competition sendiri sebenarnya sudah  berlangsung mulai tanggal 14-20 November 2023 lalu. Lomba ini bersifat terbuka untuk semua siswa YIS dari semua jenjang (Preschool s/d grade 12). 

Mengambil tema “Cultivating Gratitude” peserta mensubmit karya mereka dalam format video kepada pantia. Juri akan memilih karya terbaik dari setiap jenjang berdasarkan beberapa unsur penilaian seperti kreatifitas, kesesuaian dengan tema, dan juga cara pembawaan. 

Kamis, 23 November 2023 menjadi puncak kompetisi sekaligus puncak  perayaan Thanksgiving Day. Berlokasi di ruang  perpustakaan Primary Year Program (PYP),  di hari itu semuanya berkumpul merayakan kebersamaan, untuk mengungkap rasa syukur dan terimakasih.

YIS Thanksgiving day
Penyerahan sertifikat ke semua siswa yang sudah ikut berpartisipasi YIS Thanksgiving Poem Competition 

Tidak hanya semua siswa dari setiap jenjang studi yang dimiliki, guru, staf dan juga beberapa perwakilan orang tua pun juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Dalam kesempatan yang sama, para pemenang kompetisi  diumumkan dan sekaligus membawakan karya mereka di depan publik.

Yogyakarta Independent School
Soomin, juara YIS Thanksgiving Poem Competition dari grade 4 
YIS Thanksgiving Poem Competition
Juhi, juara YIS Thanksgiving Poem Competition grade 9
Yis Thanksgiving poem Competition 2023
Berfoto bersama, mengabadikan moment, menyimpan kenangan kemenangan

YIS, Sekolah Internasional Pertama di Yogyakarta

Berdiri pada tahun 1989, Yogyakarta Independent School (YIS) awalnya lebih dikenal masyarakat sebagai Yogyakarta International School. Di tahun 2014, sebuah instruksi menteri  lahir dan  melarang penggunaan kata ‘International’ sebagai nama institusi Pendidikan.  Maka mulai saat itu, kata International diganti dengan Independent dan jadilah YIS sebagai Yogyakarta Independent School  seperti sekarang. 

Berawal dari 30 siswa, 4 orang guru dan ruang belajar dengan cara menyewa rumah warga, YIS memulai langkah dan kiprahnya.  Seiring berjalannya waktu, YIS  tumbuh menjadi lembaga pendidikan yang menawarkan kurikulum internasional dan lingkungan belajar multikultural. 

Kurikulum International Baccalaureate

Pembelajaran YIS

Dikelola oleh Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta, YIS merupakan satu-satunya sekolah di Yogyakarta yang menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB); kurikulum pendidikan internasional yang sudah diakui di lebih dari 140 negara. Awalnya kurikulum International Baccalaureate dikembangkan oleh para guru di International School of Geneva dan kemudian diimplementasikan oleh banyak sekolah di seluruh dunia. Kini lebih dari 3000 sekolah menjadikan kurikulum ini sebagai kurikulum utama. 

Dalam garis besarnya, kurikulum International Baccalaureate merupakan kurikulum holistik yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikiran kritis, kreatif, dan berpengetahuan luas dengan pendekatan internasional dalam pembelajaran. Lantas apa keuntungan menyekolahkan anak pada institusi Pendidikan yang menerapkan kurikulum IB? 

Selain mengoptimasi kemampuan/potensi anak agar bisa berkembang secara maksimal, di dunia yang semakin saling terhubung ini ijazah IB adalah standard emas kualifikasi pendidikan. Dengan kata lain, lulusan dari sekolah dengan kurikulum IB memiliki banyak kemudahan untuk melanjutkan jenjang berikutnya di banyak kampus di luar negeri. 

Sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, sampai saat ini YIS memiliki 3 jenjang Pendidikan meliputi:

IB Primary Years Programme (PYP)

Merupakan jenjang paling dasar dan diperuntukkan bagi anak-anak usia 3-12 tahun. Tujuan utama dari jenjang ini adalah membuat anak aktif, peduli, mempunyai sikap hormat terhadap diri sendiri dan orang lain, serta mudah beradaptasi dengan lingkungannya. 

IB Middle Years Programme (MYP)

Jenjang ini diperuntukkan bagi siswa berusia 11-16 tahun. Sebagai kelanjutan dari jenjang PYP, maka anak diwajibkan untuk mengikuti assessment dalam bentuk ujian dan juga portofolio untuk bisa lanjut di jenjang MYP. 

IB Diploma Programme (DP)

Diperuntukkan untuk siswa berusia 16-19 tahun, IB-Diploma Programme merupakan jenjang persiapan menuju perguruan tinggi. Pada level ini anak didik diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai mata Pelajaran dalam kerangka holistik yang mencakup penelitian independent, kerja lapangan ilmiah, proyek kreatif serta pengabdian masyarakat. 

Sertifikat kelulusan dari IB-DP YIS sudah diakui berbagai universitas di seluruh dunia. Artinya, alumni YIS bisa dengan mudah melanjutkan studi di banyak negara seperti Amerika, Kanada, dan juga Australia. 

Dengan dukungan lingkungan sekolah yang  sangat representatif, YIS memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas di tengah keragaman budaya Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. 


Yogyakarta Independent School

Jl. Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati

Sleman 55284, D.I Yogyakarta

☎️+6202745305147 | 5305148, fax 5305148

📱08112632442/082243614678

https://www.yis-edu.org | email: info@yis-edu.org


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar