Jenis-Jenis Atap Spandek yang Cocok untuk Atap Rumah

Posting Komentar

Seperti kita tahu,  rumah memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Kita mengenal fondasi sebagai bagian terdasar, lalu dinding atau tembok sebagai bagian terbesar, dan juga atap sebagai bagian paling atas dalam sebuah konstruksi.

Atap rumah spandek


Atap merupakan bagian penting pada sebuah rumah. Fungsinya cukup krusial, yaitu untuk menutupi bangunan bagian atas serta melindungi penghuni yang ada di dalamnya dari terik sinar matahari, terpaan angin maupun hujan. 

Sama seperti rambut pada manusia, atap seringkali diibaratkan sebagai mahkota. Ia akan sangat berpengaruh terhadap keindahan/ nilai estetika sebuah hunian.

Selain faktor ketersediaan dana/ anggaran biaya, ada banyak pertimbangan dalam menentukan atau memilih jenis-jenis atap

Atap yang baik, selain enak dipandang mata juga harus memenuhi beberapa persyaratan penting seperti: ringan, tidak mudah terbakar, tidak mudah rusak/tahan terhadap perubahan cuaca dan juga mudah dalam perawatan. Pastikan material atap adalah bahan yang tahan lama. 

Saat ini ada banyak pilihan yang bisa digunakan sebagai material penutup atap rumah modern. Jika dahulu pilihan sangat terbatas yaitu dengan menggunakan genteng tanah liat, kini ada banyak jenis genteng lainnya hingga material lain yang disebut dengan atap spandek

Atap jenis ini terbuat dari bahan metal, alumunium hingga galvalum. Penggunaannya kini semakin banyak seiring dengan banyak dan beragamnya  rumah modern yang dibangun di Indonesia.

Bagi Anda yang saat ini sedang membangun rumah dan ingin memiliki pilihan bagi material atap, berikut ini adalah jenis atap dari spandek yang bisa dijadikan referensi:


1. Spandek zincalum

Seperti namanya, spandek jenis ini memiliki komposisi bahan dari alumunium, zinc dan silicon. Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan komersil misalnya gudang, warehouse, garasi hingga peternakan.

 

2. Spandek pasir

Memiliki bobot yang ringan untuk dipakai di perumahan minimalis yang dipadukan dengan rangka baja ringan. Spandek pasir memiliki kelebihan meredam suara sehingga saat hujan Anda tak akan mendengar suara berisik seperti pada atap metal lainnya.

 

3. Spandek lengkung

Ingin membuat kanopi lengkung di halaman rumah? Anda bisa memilih atap lengkung dari spandek ini yang memiliki banyak pilihan kelengkungan.

 

4. Spandek laminasi

Merupakan atap spandek yang sudah dilapisi dengan alumunium foil sehingga memiliki ketahanan terhadap benturan benda tajam dan berat yang lebih baik. Hal ini juga membuat spandek jenis laminasi memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan jenis lain.

 

5. Spandek warna

Untuk teman-teman yang ingin bereksprei dengan warna, dan menghindari atap yang kesannya itu-itu saja, teman-teman bisa memilih untuk menggunakan atap spandek warna.

Bahan utama penyusun atap ini terbuat dari jenis spandek zincalum dengan lapisan warna di permukaannya. 

 

6. Spandek transparan

Jenis atap satu ini paling pas untuk kebutuhan taman, area jemuran dan sebagainya. Warna spandek yang  transparan  memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam.

Banyak pilihan bukan? Untuk membeli spandek sesuai kebutuhan, pastikan teman-teman hanya berbelanja di PT Prima Bajaindo Sukses Tangerang. 

Ada berbagai jenis material bangunan tersedia dengan harga kompetitif. Selain spandek, ada baja U, kanal H, besi I hingga plat bordes. Untuk info lebih lanjut langsung hubungi nomor 0811 981 3838 melalui WA.


Sulis
Hai, saya Sulis! Seorang ibu dari raka-alya, suka travelling, pernah menjadi jurnalis di sebuah tv lokal di Jogja, bisa dihubungi di raka.adhi(at) gmail.com, sulistiyowatitri98(at) yahoo.co.id, atau t.sulistiyowati80(at)gmail.com

Related Posts

Posting Komentar