28 Mei 2020

Aplikasi Umma, Salah Satu Sarana Mendekat ke Illahi di Tengah Pandemi


Review-aplikasi-umma-muslim

Kalau ada bencana yang imbasnya dirasakan hampir semua belahan dunia, maka Coronalah jawabannya. Mewabahnya virus ini, memaksa manusia untuk menghentikan atau paling tidak meminimalkan kesibukan di luar rumah. 

Pada akhirnya, menjalankan  berbagai kegiatan termasuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah menjadi satu-satunya pilihan yang harus dilaksanakan.

Secara ekonomis, pilihan ini jelas menimbulkan dampak yang begitu luar biasa. Angka pemutusan hubungan kerja yang naik tajam, bahkan beberapa sektor yang harus mati suri karena pandemi ini. Sebut saja, industri pariwisata, perhotelan, dan juga industri transportasi.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Ikut mendukung segala usaha agar pandemi ini segera berakhir tentu saja. Melakukan protokol kesehatan secara maksimal, dan juga menata hati bahwa fase ini memang harus kita lewati.

Sebuah petuah yang masih saya ingat adalah bahwa kita akan menjadi manusia bijak jika kita mampu mengambil hikmah di setiap peristiwa yang terjadi. Saat ini, Corona memang meluluhlantakkan dunia, tapi bisa jadi dengan Corona kita menjadi ingat dan menemukan jalan untuk kembali “pulang”

Merebaknya virus, aktivitas dan mobilitas manusia yang nyaris berhenti di satu sisi, disandingkan dengan fakta langit yang semakin biru dan lautan yang semakin jernih di sisi lain, membuat kita merenung dan tersadar bahwa sepertinya kita terlalu massif mengeksploitasi alam. 

Jumlah korban yang masih saja terus berjatuhan, kematian yang tiba-tiba serasa dekat dengan semua orang bisa jadi semacam teguran dari Sang Pencipta, agar kita senantiasa ingat bahwa manusia bukan apa-apa. Sudah waktunya bagi kita untuk mengingat dan mendekat kepada Yang Maha Kuasa. Bagi teman-teman muslim, portal Islami Umma  bisa jadi sangat berguna dan menjadi salah satu sarana untuk mendekat kepada Allah, Sang pemilik Semesta.


Tentang Umma Aplikasi Muslim

Aplikasi-muslim-umma

Aplikasi Umma diluncurkan oleh PT Khazanah Prima Sukses sebagai platform muslim berbasis komunitas. Diluncurkan pertama kali pada akhir 2017 dengan nama “Muslim Ummah”, semenjak April 2019 aplikasi ini terus dikembangkan dan berganti nama menjadi “Umma”

Umma merupakan aplikasi untuk kaum muslim di Indonesia. Keberadaan aplikasi ini bertujuan untuk mendampingi umat islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Selain menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, aplikasi mobile ini juga memberikan kemudahan dalam berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama kaum muslim. 

Tampilan depan aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur diantaranya petunjuk lokasi dan petunjuk arah kiblat, menu eksplore, video, tanya jawab dan artikel. Pada bagian bawah, terdapat menu home, petunjuk waktu sholat, Alqur’an dan terjemahan, laman diskusi,dan kolom profil pengguna. Per Mei 2020 aplikasi ini telah didownload lebih dari  8 juta pengguna muslim.

Menjadi Lebih Baik Bersama Umma

Fitur-fitur yang dimiliki Umma aplikasi  musim cukup beragam, dan secara garis besar bisa dikelompokkan menjadi 3 bagian

Fitur yang menunjang kegiatan beribadah
Meliputi penanda masuk waktu sholat dan juga penunjuk arah kiblat. Tentu fitur ini sangat berguna, ketika di masa pandemi ini peran masjid sebagai pusat kegiatan ibadah sholat/ tempat mengumandangkan adzan  ditutup sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.



Selain itu ada pula fitur Alqu’an  beserta terjamahan yang menawarkan kumpulan rekomendasi ayat-ayat Alqur’an dengan berbagai tema kehidupan.

Fitur Konten
Di bagian ini pengguna bisa menemukan beragam artikel  serta berbagai video kajian dan ceramah ustadz yang telah melalui tahap moderasi. Pengguna bisa memanfaatkan beragam konten di dalamnya sebagai penyiram rohani, atau penyejuk hati selama melakoni masa pandemi.

Fitur Komunitas
Di fitur ini pengguna umma yang berasal dari beragam tempat asal dan latar belakang bisa berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab dengan beberapa ustadz.  Agar diskusi tetap berada pada jalurnya, tentu saja percakapan yang ada dalam fitur ini melewati moderasi.

Saat ini pandemi Corona memang belum usai, bahkan kurva korban yang terjangkit virus inipun belum kunjung melandai. Waktunya bagi kita kita untuk lebih giat berusaha dan semakin gigih melangitkan doa, bersama aplikasi muslim Umma. 

27 komentar:

  1. Aku udah instal aplikasi umma pas ramadan kemarin.

    BalasHapus
  2. kalau sedang tertimpa musibah jangan lupa menyertakan Tuhan
    bener banget mbak
    dan selama di rumah aja bukan berarti tidak bisa mengikuti kajian
    untung ada aplikasi umma ini jadi lebih simpel dan ibadah lebih mudah

    BalasHapus
  3. subhanallah baru dengar ada aplikasi panduan ibadah selengkap ini. langsung download saya mom. makasih infonya

    BalasHapus
  4. Aplikasi UMMA solusi jitu banget ya Mba
    Aku mau ceki ceki ahh.
    Kayaknya cocok nih buat nambah ilmu dan amal.

    BalasHapus
  5. Sekarang main banyak ya aplikasi untuk umat muslim. Mungkin krn makin banyak yang pegang gadget jd lbh mudah kalau dakwahnya lewat aplikasi2 itu :D
    Saya juga install bbrp aplikasi tapi baru tahu soal Umma ini mbak :D
    Wah jd penasaran sama fitur kajian sama komunitasnya. Selama ini aplikasi yg saya miliki yg pasif sih gk ada komunitasnya :D
    TFS infonya

    BalasHapus
  6. Fitur komunitasnya menarik ya. Bisa langsung tanya jawab sama Ustadz. Jadi dapat solusi yang valid dari sumber yang kompeten. Semoga aplikasi Umma makin berkembang dan jadi bagian dari gaya hidup digital muslim di Indonesia

    BalasHapus
  7. Wah makasih reviewnya mba
    Aku biasa pake aplikasi sejuta umat yg satunya.
    Jd tahu ada aplikasi umma..
    Ada fitur komunitasnya jd bs saling diskusi dna sharing dung ya

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu aku mbak aplikasi ini, biasanya hanya instal aplikasi Qur'an dan waktu salat, ini ada kajian dan komunitas ya..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah.. seneng deh bacanya.. saat ini sudah ada aplikasi muslim umma yang memang penting banget buat kita umat muslim untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT di tengah pandemi ya.. penasaran aku mbak, auto download ah

    BalasHapus
  10. bagus ya ada aplikasi ini bikin nggak lupa lg mau mengaji tinggal baca di aplikasinya

    BalasHapus
  11. Eank nih kita bisa mendengarkan ceramah melalui aplikasi muslim umma. Di mana aja dan kapan aja ga ada alasan ya jika memang niat hehehe.

    BalasHapus
  12. Wah ini, satu alagi aplikasi yang recomeded dan penting untuk di unduh. Jadi aktifitas ngaji off line yang terdampak pandemi ini bisa tetap jalan salah satunya melalui aplikasi Umma ini

    BalasHapus
  13. Baru tau nih ada aplikasi umma, lengkap banget ya fitur-fiturnya... Coba ah...

    BalasHapus
  14. Bagus ya aplikasinya, bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. saya baru tahu ada aplikasi muslim Umma ini mbak, thanks for info yaa :-)

    BalasHapus
  15. Mau ga mau di masa pandemi ini pola hidup kita berubah ya mba.. dan beruntungnya untuk urusan ibadah pun kita tetap bisa upgrade lewat online. Baru tahu aplikasi umma ini. Harus dicoba ini.. cuss download

    BalasHapus
  16. Umma ini aku pikir apps khusus untuk perempuan karena namanya Umma.
    Alhamdulillah, ada aplikasi muslim yang membantu perbanyak ibadah sekaligus berkomunitas.

    BalasHapus
  17. Coba donlot ya, semoga bisa nambah dekat aku dan Allah. Karena emang jaman ini harus bener-bener deketin diri pada Allah

    BalasHapus
  18. Nah, kalau ada aplikasi gini, gadgetnya jadi lebih bermanfaat ya krn bisa dipakai memperdalam ilmu agama. daripada main gadget buat ghibah kan mending buat ibadah.

    BalasHapus
  19. waaah aku baru tau ada aplikasi ini. Baguuus ya mba dan banyak sekali menu yang membantu kita menjadi hamba-Nya yang lebih baik

    BalasHapus
  20. Wah sy baru tahu mba ada aplikasi ini ...mau akh coba instal dan lihat2. Mumpung d rmh aja harus upgrade ilmu agama juga

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah bisa baca Al Qur'an dimanapun dan mengikuti kajian melalui aplikasi Umma ini ya. Kebutuhan muslim jaman now nih, meskipun sibuk tapi masih bisa terus mendekatkan diri pada Allah melalui fitur yang tersedia.

    BalasHapus
  22. baru tahu ada aplikasi ini, bisa diskusi juga sama ustadz ya, jadi tahu beragam ilmu agama dengan cukup di rumah saja

    BalasHapus
  23. Wah, aku baru tahu aplikasi Umma ini, tertarik juga lihat fiture dan kontennya.
    Semoga dengan aplikasi Umma ini, ibadah jadi makin serius ya.

    BalasHapus
  24. makasih sudah diingatkan mbk, aplikasinya sangat bermanfaat dan membuat kita makin dekat dengan Allah dan beribadah lainnya.

    BalasHapus
  25. Aku baru tahu ada aplikasi Umma mba. Jadi pengen cari ah besok. Pandemi memang harus selalu dekat padaNya

    BalasHapus
  26. Waah aku belum instal aplikasi umma ini. Sepertinya banyak manfaat menarik. Ntar coba lihat-lihat duluuu aaah

    BalasHapus
  27. Terima kasih sharingnya mbak, sangat bermanfaat sekali di tengah pandemi gini kan kita memang harus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena enggak tahu kapan kita akan menghadapNya terlebih di tengah wabah yang melanda negeri

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Diberdayakan oleh Blogger.