Cari Blog Ini

6 Juli 2019

# Jalan-jalan

Merencanakan Perjalanan Wisata Menyenangkan di Kota Semarang



Belakangan, travelling menjadi semacam gaya hidup di masyarakat.  Destinasi nya pun kian beragam dan kita tinggal memilih sesuai dengan minat, kemampuan dan preferensi masing-masing.  Begitu juga dalam hal pilihan moda transportasi yang digunakan. 

Diantara semua pilihan, melakukan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi primadona.  Biaya yang lebih terjangkau, fleksibelitas dari segi waktu, dan juga sarana dan prasarana transportasi yang semakin baik di Indonesia, menjadi salah satu faktor pendorong. 

Faktor lainnya adalah jarak antar kota yang semakin dipersingkat dengan dibangunnya ruas-ruas tol termasuk ruas tol Trans Jawa.

Diantara banyak kota yang dilewati jalur tol Trans Jawa,  Semarang menjadi salah satu kota diantaranya. Jarak Jakarta-Semarang  yang biasanya ditempuh dalam jangka waktu 7-9 jam perjalanan, bisa disingkat  menjadi 5-6 jam dengan menyusur ruas tol Jakarta-Semarang yang panjangnya mencapai 424 km.

Dengan tersambungnya jalan tol Trans Jawa pula, perjalanan darat Surabaya-Semarang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 4 jam.


Wisata ke Semarang Jawa Tengah, Kemana Saja? 


Topografi wilayah yang lengkap mulai dari pegunungan hingga pantai, menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi wisata populer di Pulau Jawa. Ditambah lagi dengan posisinya sebagai ibukota propinsi, menjadikan Semarang lebih lengkap dalam hal sarana/fasilitas. Diantara sekian banyak potensi wisata yang dimiliki berikut  5 tempat wisata populer di Semarang yang bisa kamu sambangi:

Top Selfi Cemara Sewu Ungaran
Dari pintu keluar Tol Ungaran, Top Selfi Cemara Sewu bisa dijangkau hanya dalam waktu dua menit.  Lokasi wisata alam ini berada di Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur.  Dikelola oleh PT Perhutani bekerjasama dengan masyarakat,  daya tarik yang ditawarkan adalah hutan cemara dengan beberapa spot foto menawan dengan latar kegagahan Gunung Ungaran,  lapangan sepak bola mini, gasebo dan juga playground, serta beberapa kedai makanan dengan menu-menu lokal seperti soto, pecel, dan gado-gado.

Keteduhan hutan cemara, bisa banget dimanfaatkan untuk melepas penat. Image dari akun IG @tscscemarasewu

Untuk bisa menikmati keindahan alam Top Selfi Cemara Sewu Ungaran, pengunjung dikenai tarif masuk yang sangat terjangkau yaitu 7.500 rupiah perorang (sudah termasuk asuransi).  Biaya tambahan lain yang dikenakan adalah biaya parkir, 5000 rupiah untuk mobil dan 2000 rupiah untuk kendaraan roda 2.

Saloka Theme Park
Dibuka bulan Desember 2018 lalu, bisa dibilang inilah wahana wisata terbesar di Semarang saat ini. Nama Saloka sendiri diambil dari kisah tokoh legenda  Baru Klinthing yang sangat akrab bagi masyarakat Semarang, Ki Hajar Salokantara. Secara lokasi, Saloka Theme park berada di Jalan Fatmawati No 154 Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang.

Saloka-semarang
Image dari akun IG @salokapark

Layaknya sebuah theme park, maka daya tarik yang ditawarkan Saloka adalah aneka wahana permainan dari yang levelnya santai, sampai yang bikin jantung kamu berdebar makin kencang. Secara umum, wahana yang ada di Saloka dibagi menjadi 5 zona, yaitu Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Segara Prada, Zona Kamayayi dan Zona Ararya. 

Saking luasnya tempat wisata ini, dari parkiran pengunjung akan dibawa masuk dengan shutle car.  Sebelum masuk ke area bermain, ada aturan yang wajib ditaati pengunjung yaitu tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi jangan khawatir, karena di area dalam tersedia beberapa resto yang siap sedia, kalau kamu haus atau perut kamu lapar.

Tiket untuk bisa menikmati aneka wahana permainan di Saloka dibandrol  dengan harga 120.000 rupiah /orang (weekday) dan 150.000 rupiah/orang khusus akhir pekan dan libur nasional.  Saloka Theme Park buka pukul  10.00-18.00 WIB (weekday) dan sampai pukul 8 malam di akhir pekan/libur nasional.

Museum Kereta Api Ambarawa
Penasaran dengan kereta api peninggalan Belanda, termasuk kereta api kuno? Jika iya, maka tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Kereta Api Ambarawa. 

Berada di Jalan Stasiun, Desa Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Semarang, museum bisa dijangkau dengan mudah melalui Tol Semarang-Solo, keluar melalui exit tol Bawen, baru kemudian menuju Ambarawa. 

Sesuai namanya, maka daya tarik utama Museum Kereta Api Ambarawa adalah koleksi berbagai kereta api tempo dulu. Selain itu, pengunjung juga bisa menumpang kereta uap jaman dulu dari Stasiun Ambarawa ke Stasiun Tuntang, dengan lama perjalanan sekitar 20 menit.  Harga tiketnya cukup terjangkau, yakni 50.000/penumpang.


Kereta uap yang digunakan pengunjung untuk jalan-jalan dari Stasiun Ambarawa -Stasiun Tuntang. Image dari akun IG @bello_id

Waktu operasional museum ini mulai pukul 08.00 pagi sampai sampai  pukul 05 sore, dengan tiket masuk sebesar  10.000/pengunjung . 

Kawasan Bandungan
Sudah sampai Ambarawa, rugi kalau tidak sekalian naik ke arah kawasan wisata Bandungan. Bandungan merupakan  satu dataran tinggi yang terletak di kaki Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Sesuai dengan topografinya, udara sejuk, view alam pegunungan, dan kecantikan panorama alam menjadi daya tarik utama kawasan ini. 

Hanya di kawasan Bandungan saja, kamu dapat mengeksplore beberapa tempat wisata sekaligus. Sebut saja Candi Gedong Songo, Ayana Spot Photo,  Umbul Sidomukti, Taman Bunga Celosia, dan juga wisata belanja Pasar Bandungan. Di pasar ini, kamu bisa berburu oleh-oleh khas Bandungan dan juga berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar dengan harga yang sangat miring. 

Baca Juga : 5 Alasan yang Membuat Candi Gedong Songo Menarik di Mata Wisatawan



Wisata-semarang
Gedong Songo, wisata alam dan sejarah. Image koleksi pribadi

Wisata-Semarang
Umbul Sidomukti, Image: Koleksi pribadi

Lawang Sewu
Dalam bahasa Jawa,  lawang berarti pintu, dan sewu berarti seribu. Lantas apakah Lawang Sewu  berarti bangunan dengan jumlah pintu mencapai seribu? Tentu tidak,karena nama ini hanya untuk menggambarkan jumlah pintu yang memang berjumlah banyak sekali. Total ada 600 daun pintu yang dimiliki Lawang Sewu.

Image dari akun IG @Mwild18

Lawang Sewu merupakan bangunan  kuno peninggalan Belanda. Mulai dibangun pada tahun 1904 dan selesai 3 tahun kemudian, gedung ini sebenarnya diperuntukkan sebagai kantor Jawatan perkeretaapian swasta (NIS) milik Belanda. Saat Jepang berkuasa, gedung ini berubah fungsi menjadi tempat peristirahatan tentara Jepang. Sementara ruang bawah digunakan sebagai tempat pembantaian pemuda Indonesia yang berani melawan tentara Jepang. Itulah kenapa, banyak yang mengatakan kalau gedung ini terkesan angker dan beraura mistis. Penasaran ingin mencobanya langsung? 

Mencari Penginapan di Semarang

Sama halnya dengan daerah wisata yang lain, Semarangpun melengkapi diri dengan banyak  sarana penginapan. Beragam hotel dengan beragam harga dan fasilitas bisa dengan mudah kamu pilih. Gunakan saja aplikasi seperti misalnya Traveloka, dan kamu bisa dengan mudah mencari informasi mengenai  tarif hotel di Semarang. Tinggal milih dan menyesuaikan saja dengan budget yang kamu miliki.

Enaknya lagi, saat ini banyak fitur-fitur asyik yang sebenarnya bisa dinikmati hanya melalui sentuhan layar ponsel. Saat misalnya kamu  merasa asing di daerah yang belum pernah disambangi sebelumnya; tinggal manfaatkan saja fitur hotel near you. Fitur ini akan membantu kamu untuk bisa mendapatkan rekomendasi pilihan hotel terdekat. 

Dana yang kamu  miliki kok ya tiba-tiba berasa mepet? Kalau ini terjadi, kamu bisa memanfaatkan fitur PayLater. PayLater adalah fasilitas keuangan dari Traveloka yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Jadi melalui fitur PayLater , Traveloka memberikan pinjaman agar kamu bisa memesan hotel saat itu juga, dan kamu bisa membayarnya dalam 30 hari ke depan atau mencicilnya mulai dari 2 bulan hingga 12 bulan.

Sudah sarana dan prasarana transportasinya makin  bagus, tempat wisata tambah  banyak, cari tempat nginep makin mudah..apa ya kamu masih betah untuk terus-terusan di rumah?  Jalan-jalan yuk!

19 komentar:

  1. Pingin ke museum kereta Ambarawa. Katanya bisa naik kereta jadul yang eksklusif ya?

    BalasHapus
  2. Saya paling mupeng ke ambara mb.. Ingat lagunya kla project yang negeri di awan ambil lokasi shooting di sini. .

    BalasHapus
  3. Ya ampun aku abru pernah ke Lawang Sewu doang, wkwk. Agendain ke list Mba Sulis lainnya ah nanti kalau ke Semarang lagi :)

    BalasHapus
  4. Iya, Mbak. Sekarang mau traveling tuh apa-apa sudah serba mudah. Aku pun juga sekarang lebih sering jalan-jalan daripada dulu. Meski jalan-jalannya masih di deket-deket rumah aja sih. Hihihi.
    Btw aku baru sekali ke Semarang. Pengen ke sana lagi kapan-kapan, insya Allah 😊

    BalasHapus
  5. Makasih reviewnya, Mbaak. Kebetulan lagi pengen jalan-jalan ini. Pengennya gantian ke Semarang tapi kok kaya gak ada destinasi seru ya, hihi. Baca ini jadi dapet info deh

    BalasHapus
  6. Saya baru ke Lawang Sewu aja, yang lainnya belum pernah.
    Ke umbul mukti asyik nih kayaknya.
    Iya bener, banyak promo transportasi dan penginapan, jadi acara jalan-jalan makin di permudah dalam urusan biaya

    BalasHapus
  7. Ke semarang aku ingin juga ke tempat yang Mba list ini selain ini menguasai daerah simpang limo. Khususnya wahana bermain anak.

    BalasHapus
  8. Owaaaah, aku mauu main ke Semaraaangg :D
    Pengin jajan lumpia Lombok langsung di TKP-nya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Orang tua saya kemarin dari semarang, seru2 ya... Tapi dari daftar di atas mereka cuma ke museum kereta api ambarawa...

    BalasHapus
  10. Ajib ya bisa dapat pinjaman buat liburan hihi..makin kreatif saja ya Traveloka kan bikin pengen liburan teruuus..huhu...

    BalasHapus
  11. Aku bulan depan pengen melipir ke Semarang nih.
    Mau ke museum kereta api dan goa maria. Udah book hotel pak traveloka pas ada kupon, lumayaan 😆

    BalasHapus
  12. Semarang memang menawan yah destinasi wisatanya, padahal mudik lalu mampir ke Semarang hanya bisa berkunjung ke Lawang Sewu...next kalau ada kesempatan mau menjelajah lagi plus menginap di Kota Semarang.

    BalasHapus
  13. Traveloka makin kreatif aja yaa
    Program kayak gini bikin yg tongpess masih punya harapan saat ada diskon tiket atau hotel

    BalasHapus
  14. Weitss, mayan nih. Bisa tetep jalan-jalan meskipun kantong lagi gak tebal-tebal amat. Kreatif memang Traveloka.
    Untuk Semarang sendiri aku pengin banget ke museum kereta sama Lawang Sewu. Lokasinya pasti sangat instagramable. Cucoklah, biar sekalian belajar fotografi.

    BalasHapus
  15. Dari destinasi wisata di Semarang yang direkomendasikan di post ini, baru ke Lawang Sewu saja ku yang udah pernah :)
    Lainnya masih rencana, dan semoga terealisasi.

    BalasHapus
  16. Asyik.. Aku jadi pengen mampir ke semarang ne mbak.. Makasi ya infonya.. Bisa jadi referensi nanti pas liburan lagi

    BalasHapus
  17. Aku penasaran sama cemoro sewu ungaran, dari beberapa tempat wisata di atas,baru Saloka dan Gedong Songo yang kukunjungi

    BalasHapus
  18. Laa..aku kudet yaa..
    Kalau ke Semarang hanya tau itu lagi, itu lagi..
    Lawang Sewu, Masjid Agung sama kota tua, Simpang Lima.

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates