Cari Blog Ini

9 Desember 2018

# Hobi # Random Post

Susunan Lagu di Playlist, Cerminkan Usia??


Ada suatu siang di waktu itu saya lagi sendirian di rumah. Anak-anak sekolah, suami kerja, saya lagi beberes rumah ceritanya. Ngepel. Biar nggak sepi, saya setel musik aja, lumayan keras. 

Selera musik saya nasional banget kok. Musik Indonesia, semacam lagunya Ada Band, Kla Project, Padi,  Sheila on7, Rossa, Bunga Citra Lestari, ya...gitu gitu lah. Penyanyi-penyanyi angkatan 90an akhir atau 2000an awal. 

Untuk penyanyi luar negeri, nggak banyak yang saya tau. Klopun nyimpen lagu mereka di playlist, paling yang seangkatan M2M, Westlife, Boyzone, MLTR.

Ya..gitu, biasanya saya dengerin musik klo lagi pengen. Pakenya aplikasi Joox...kadang cuma muter playlist yang offline, kadang streaming juga klo pas lagi banyak kuota data😀

List lagu yang ada di joox offline saya

Pas saya dengerin musik..tiba-tiba rumah tetangga sebelah ngeplay musik juga. Karena cuma berbatasan gang sempit,  jadi kedengeran dari rumah. 

Ha..ha, selera beda. 

Dengan tetangga sebelah, usia saya terpaut sekitar 10-15 tahun. Dan memang bener, musik yang diplaylist dia itu musik-musik generasi saya pas kecil, seperti lagu-lagu Nia Daniati, Ratih Purwasih...lagu-lagu dengan lirik cengeng jaman dulu itu. Mungkin jaman saya TK atau SD.

Ingatan saya langsung ke jaman kuliah. Ada seorang dosen --(alm. Riswandha Imawan) yang waktu itu bilang..."selera musik seseorang itu berhenti di usia 25". Artinya, setelah lewat usia itu, ya dia nggak bakalan concern tentang apa lagu-lagu terbaru, siapa band yang paling terkenal, atau nggak lagi ngapalin lirik lagu yang lagi disuka. Saya renungkan, dan saya rasa itu benar.

Dari jaman saya masih single, menikah, punya anak, selera musik saya belum berpindah. Masih di eranya band-band 90an atau 2000an awal. Sekarang saya ngeblank kalau ditanya..siapa grup musik yang tenar di tahun 2018 an ini.

Pernah ketika waktu itu ada sebuah event internasional di tayangkan di Tv; closing ceremony nya Asian Games. Kok ya artis-artis pengisi acara dan lagu-lagu yang ditayangkan ternyata artis-artis yang usianya "setengah" (nggak tua banget, tapi nggak muda juga). Waktu itu saya ingat, ada yang nyetatus di fb..."kok tumben lagu-lagunya saya kenal, lagu jaman saya muda...penasaran sama orang dibalik layarnya"

Dan ternyata orang-orang dibalik layar closing ceremony nya Asian Games itu juga kru-kru yang usianya "setengah" kan ya? Saya pikir, apa yang dibilang dosen saya tentang selera musik itu bener kok.

Tertarik untuk menjadi pengamat sosial tentang selera musik juga?? Coba deh amati playlist di aplikasi musikmu dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan jejak. Untuk menghindari spam, untuk sementara kolom komentar saya moderasi dulu ya. Komentar berupa link hidup, anonymous, atau berpotensi sebagai broken link akan dihapus oleh admin

Follow Us @soratemplates